Akhir Pekan di Jogja dan Solo dengan Itenerari Wisata Menarik

Liburan akhir pekan di dua kota? Kenapa tidak? Apalagi daerah yang dituju itu Solo dan Yogyakarta. Tentu akan menjadi jalan-jalan akhir pekan yang menyenangkan. Sebab banyak destinasi wisata yang bisa didatangi, belum lagi wisata kulinernya yang terkenal murah dan enak. Ditambah lagi moda transportasi ke tempat tersebut mudah didapat. Dapat menggunakan bus, mobil, pesawat, dan juga kereta.

Terlebih naik kereta arah Yogyakarta dan Solo terbilang cepat, aman, nyaman dan murah. Bila seperti ini sudah tepat rasanya berlibur di akhir pekan ke sana. Agar lebih terarah destinasi wisata mana saja yang akan Anda kunjungi. Apalagi waktu liburannya singkat, Anda dapat mengawali liburan ke Kota Solo. Di sana terdapat tempat wisata sejarah, namun ada juga destinasi yang menarik untuk Anda datangi, di antaranya:

Tempat Wisata di Yogyakarta

Menelusuri jejak barang antik di Pasar Triwindu

Destinasi yang tak boleh Anda lewatkan di Solo ialah Pasar Triwindu. Tempat tersebut menawarkan beragam barang antik kuno berupa lampu lawas, cangkir dan piring kuno, uang kertas dan koin tahun 1800-an, dan juga ada perkakas rumah tangga. Pasar ini di buka dari jam 9 pagi sampai 5 sore. Tempat ini menjadi destinasi favorit turis asing dan kolektor yang mencari benda antik.

Pasar ini diketahui sebagai peninggalan dari Raja Pura Mangkunegaran yang dahulunya bernama Pasar Windujenar. Seiring waktu, nama tempat jual beli ini berubah jadi Triwindu dan berada di Jalan Diponegoro, Keprabon, Banjarsari, Solo. Harga barang antik yang dijual rata-rata berkisar ratusan sampai puluhan juta,

Soto Triwindu

Setelah menyusuri Pasar Triwindu, Anda dapat istirahat sejenak sambil menikmati makanan favorit Presiden Jokowi berupa Soto Triwindu. Lokasi warung soto favorit RI satu ini berada di Jalan Teuku Umar. Tempat makan ini mudah dijangkau dari pasar. Satu porsi soto dibandrol sebesar Rp. 16.000,-. Anda pun akan menemukan berbagai lauk pauk misalnya tempe mendoan, lentho, dan lainnya. Uniknya proses masak atau perebusan dengan kuali tradisional.

Kampung Batik Laweyan

Ke Solo tak lengkap rasanya bila belum kunjungi Kampung Batik Laweyan. Selain berbelanja kain batik Anda juga berkesempatan belajar seluk-beluk batik Laweyan dari motif, sejarah, sampai cara membuat batik di sana. Bahkan wisatawan diberi pengetahuan untuk mengenali batik asli dan yang bukan. Harga satuan jasa belajar membatik ini terdiri beberapa paket sesuai kondisi.

Tempat street fotografi di yogyakarta

Malioboro

Setelah membatik di Solo sudah saatnya Anda lanjutkan perjalanan ke Yogyakarta, karena pada awalnya Anda niatkan untuk bervakansi di Jogja Solo. Maka perjalanan harus dilanjutkan ke kota berikutnya. Moda transportasi yang dipakai baiknya menggunakan kereta, karena kereta api sekarang terbilang canggih dan fasilitasnya memadai.

Jalan-jalan ke Yogyakarta maka destinasi yang wajib Anda kunjungi ialah Malioboro. Kawasan wisata ini menjadi tempat berburu barang murah untuk dijadikan oleh-oleh. Terdapat banyak ragam pakaian, aksesori, kerajinan, dan bahkan banyak jenis makanan dan minuman yang bisa Anda jadikan buah tangan.

Bale Raos Restaurant

Lelah berbelanja Anda dapat lanjutkan ke Bale Raos Restaurant sambil rehatkan badan dan santap sore di situ. Restoran tersebut menawarkan kuliner raja-raja terdahulu sampai sekarang, yaitu Sri Sultan Hamengku Buwono X. Terlebih suasana tempat makan ini kuat akan budaya Jawa. Restoran ini memiliki tiga pendopo yang digunakan wisatawan sebagai tempat makan.

Menu hidangan yang tersedia ada 70 hidangan, dari menu tersebut hampir semua olahan berdasarkan resep Keraton Jogja secara turun temurun diwariskan. Makanan favorit di sini ialah bebek suwar-suwir dengan saus kedondong dan hidangan tersebut juga kesukaan dari Sultan Hamengku Buwono VIII.

Menonton Pertunjukan di Raminten Cabaret

Untuk memeriahkan liburan Anda selain menikmati kuliner dan berbelanja di Jogja Anda dapat menonton pertunjukan Raminten Cabaret. Pertunjukan ini berlangsung dua kali seminggu di hari Kamis dan Jumat. Tempat ini berada di salah satu sudut Malioboro yakni di Batik Hamzah lantai 3. Pertunjukan mulai pukul 09.00-21.00 WIB. Sangat menyenangkan berlibur ke dua kota ini, banyak destinasi yang bisa Anda eksplorasi. Namun sebagai permulaan Anda dapat ikuti tempat-tempat yang diurai di atas.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here