PartnershipTips & Trick

5 Cara Tepat Memilih Alat Memancing, Catat Ya!

Bagi mereka yang suka memancing, teknik memancing tentu menjadi hal utama yang harus dipelajari. Namun, bukan itu saja, pemilihan alat pancing yang tepat juga harus diperhatikan. Memang, kalau bicara soal fungsi, semua alat pancing memiliki fungsi yang sama. Namun, kalau bicara soal kualitas, tentu tidak semua alat pancing punya kualitas sama. Ada alat pancing dengan kualitas unggulan, ada pula yang sebaliknya.

Nah, Bagi kamu yang sedang bingung memilih alat memancing, coba deh perhatikan 5 cara berikut ini. Simak, yuk!

Tips memilih alat pancing untuk pemula
  • Perhatikan daya dari alat pancing

Daya adalah hal pertama yang harus kamu perhatikan saat akan memilih alat pancing. Bagaimanapun, daya alat pancing akan menentukan kemampuan alat tersebut dalam mengangkat beban atau ikan yang didapat. Alat pancing dengan daya terlalu ringan mungkin tidak akan bisa digunakan untuk memancing pada air yang dalam. Sebaliknya, daya yang terlalu berat akan menyebabkan reaksi balik dan penurunan efisiensi.

Perhatikan juga berat dari alat pancing yang akan kamu pilih, ya. Jangan sampai memilih yang terlalu berat. Bayangkan saja, jika alat pancingmu sudah berat, akan seberat apa nantinya jika kamu berhasil mendapatkan ikan dan harus mengangkatnya bersama alat pancingmu?

  • Perhatikan panjang alat pancing

Panjang alat pancing yang dimaksud dalam hal ini adalah jarak pancingan dari satu ujung ke ujung yang lainnya. Panjang alat pancing akan memengaruhi jarak lempar, hook set leverage, serta akurasi. Oleh karena itu, pastikan memilih alat pancing dengan panjang yang tepat. Usahakan pilih alat pancing dengan panjang lebih dari 7 kaki supaya kamu bisa mendapatkan lemparan lebih jauh meski dengan kekuatan lemparan yang sama.

  • Pilih peralatan berdasarkan ikan target

Beda jenis ikan target, beda perlakuan. Kamu harus menyesuaikan pilihan alat pancingmu dengan ikan yang kamu targetkan. Jika kamu menargetkan ikan air tawar, kamu bisa menggunakan peralatan batcasting atau spinning. Selain itu, lakukan teknik casting atau melempar umpan berulang-ulang. Sebaliknya, jika kamu menargetkan ikan air asin yang biasanya lebih agresif, usahakan untuk menggunakan joran yang disertai dengan reel spinning atau overhead (OH). Pilih reel mulai dari ukuran 4000 hingga 20000, ya.

  • Sesuaikan pilihan dengan tempat tujuan memancing

Jika kamu akan memancing di laut, kamu perlu menyesuaikan alat pancing dengan kedalaman laut. Gunakan reel yang besar dan kuat, kail yang bagus, senar yang besar, serta joran yang kuat. Sementara itu, jika kamu akan memancing di air tawar, reel berukuran 500 hingga 4000 serta joran berkekuatan 5 hingga 20 lb sudah cukup untuk digunakan. Pokoknya, selalu sesuaikan pilihanmu dengan tempat serta target pancingan, ya!

  • Jangan lupakan kondisi dompetmu

Sesuka apa pun kamu terhadap sesuatu, logis dan realistis harus tetap jadi yang utama. Kamu tentu tidak mungkin merelakan seluruh isi dompetmu demi membeli satu set peralatan pancing lengkap, bukan? Ingat, berbagai kebutuhan lain masih akan menunggumu di belakang. So, jangan sampai menghancurkan rencana keuanganmu demi kesenangan yang akan lenyap pada waktunya. Lagi pula, saat ini sudah tersedia berbagai jenis alat pancing dengan berbagai merek yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan, kok.

Yup! Itu dia 5 cara tepat untuk memilih alat pancing. Bagaimana? Sudah tahu akan menjatuhkan pilihanmu pada jenis alat pancing seperti apa? Well, semoga bermanfaat dan semoga sukses dengan hobi memancingmu!

iKurniawan

Menulis pengalaman tentang jalan-jalan, makan-makan dan bersantai mereview gadget sambil menikmati secangkir kopi. Senang bercerita santai dalam tulisan di iKurniawan.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker