Tips Cara Packing Untuk Mendaki Gunung

Saya sudah lama pakai tas keril (carrier) untuk perjalanan. Mulai dari pindah – pindah tugas, pergi dinas pelatihan atau juga liburan. Dan terbaru, ya itu carrier saya dipakai ke tujuan awal diciptakannya tas tersebut, naik gunung (baca juga : Pendakian Gunung Semeru).

Dari pengalaman mendaki gunung tersebut, mendapat beberapa tips penting saat kita menyusun barang ke dalam tas carrier atau packing. Cara packing yang kita lakukan ternyata dapat mempengaruhi banyaknya barang yang kita bawa serta kenyamanan kita menggendong tas tersebut. Nah, sekarang saya akan coba menuliskan beberapa tips cara packing untuk mendaki gunung yang saya peroleh.

Lapisi Bagian Dalam Carrier Dengan Plastik
Sebelum mulai memasukkan barang, ada baiknya terlebih dahulu bagian dalam keril dilapisi dengan plastik. Jika untuk mendaki gunung, tujuannya adalah agar tidak basah kalau kehujanan. Nah kalau untuk perjalanan biasa, saya kira bermanfaat saat dimasukkan ke bagasi pesawat atau bis. Jadi barang tidak basah kalau ketumpahan cairan atau banjir. Plastik yang bisa digunakan adalah plastik untuk sampah atau trash bag, biasanya berwarna hitam dengan berbagai macam ukuran.

Susun Barang Sesuai Kebutuhan
Saat kita menyusun barang di dalam tas carrier, perhatikan juga kapan kita akan membutuhkan barang – barang tersebut. Misalkan sleeping bag hanya akan diambil saat di lokasi kemah, maka taruh di bagian paling bawah. Jas hujan dan obat – obatan bisa dibutuhkan sewaktu – waktu, maka masukkan ke tempat yang gampang diakses seperti kantong di bagian luar tas.

Manfaatkan Ruang Yang ada
Kadang ada waktunya kita akan membawa barang yang kelihatannya sangat banyak, sementara tas kita terlihat kecil atau kurang besar. Maka dari itu, susunlah barang dengan baik dan manfaatkan semua ruang yang ada. Misalkan saja, gulung semua pakaian sebelum dimasukkan, taruh beras ke dalam nesting beserta telur atau bahan makanan lain di dalamnya. Pastikan tidak ada barang yang menjuntai atau keluar dari tas, kecuali memang disengaja. Tujuannya adalah agar tidak mengganggu saat diperjalanan.

Masukkan Barang Dengan Memperhatikan Berat
Kalau kata teman yang sering naik gunung, yang terpenting adalah pastikan isi carrier tersusun dengan padat dan seimbang. Tujuannya adalah agar beban dapat ditopang dengan baik saat kita gendong. Sebagai pertimbangan, ada baiknya melihat gambar berikut sebagai referensi.

Tips Cara Teknik Packing Naik GUnung

Itu beberapa tips cara menyusun barang atau packing saat akan mendaki gunung ataupun melakukan perjalanan. Namun tentu saja setiap orang punya cara, kebiasaan bahkan teknik masing – masing untuk packing saat akan mendaki gunung. Yang penting, pastikan anda nyaman saat membawa barang bawaan tersebut. Semoga bermanfaat!

Tulisan Lainnya

Bersantai Di Taman Kupu-Kupu Gita Persada, Bandar ... Wisata Bandar Lampung - Setelah cukup lama banyak membaca artikel dan berita tentang Taman Kupu-kupu Gita Persada yang ada di daerah Bandar Lampung, a...
Tips dan Cara Untuk Merawat Kemeja Flanel Tau tentang kemeja flanel? Saya sendiri kurang paham pengertian dari kemeja flanel itu sendiri. Namun dari sejarahanya, kemeja flanel (flannel shirt)...
Tips Merawat Dan Menggunakan Laptop Agar Lebih Awe... Untuk seorang mahasiswa, blogger, internet marketer dan berbagai profesi lainnya, laptop adalah sebuah alat yang sangat penting. Apalagi kalau seperti...
Mendaki Semeru, Pagi Di Ranukumbolo Mahameru, mungkin nama puncak tertinggi di Pulau Jawa itu belakangan sering kita dengar. Bisa dibilang, film 5 cm menunjukkan sebuah efek yang cukup d...

One Response

  1. mayo

Leave a Reply

badge