Mobil Murah Yang Akan Dipasarkan Di Indonesia

Beberapa waktu lalu pemerintah secara resmi telah menetapan proyek mobil murah di Indonesia. Proyek ini kerennya sih diberi nama Low Cost Green Car atau LCGC. Hanya saja karena memang (rencananya) akan dipasarkan mulai harga 70 juta-an, maka proyek mobil murah lebih dikenal orang daripada LCGC tadi.

Proyek ini tentu memunculkan banyak pro dan kontra. Pro jelas karena harga mobil agak terjangkau (tidak buat saya), sedangkan kontranya jelas peluang untuk memacetkan jalan menjadi semakin besar dan beberapa hal lain. Namun bukan apa saja kontroversi yang muncul yang akan saya tulis, tapi saya akan menuliskan beberapa produk mobil murah yang akan segera dipasarkan di Indonesia.

Toyota Agya - Daihatsu Ayla

Toyota Agya dan Daihatsu Ayla
Masih ingat kan dengan duet kembar Avanza Xenia? Ya, mungkin bisa dibilang duet Agya – Ayla kali ini meneruskan sukses pendahulunya itu. Dua kendaraan ini memang diterjunkan Toyota dan Daihatsu untuk diikutsertakan dalam proyek LCGC pemerintah. Kedua mobil kembar ini mengusung mesin 1.000cc dan akan dipasarkan dengan harga mulai 75 jutaan (Ayla) dan 80 jutaan (Agya).

Mobil-Murah-Datsun-Go

Datsun GO
Kalau sekarang, mungkin nama Datsun kurang begitu dikenal. Tapi jika melihat ke beberapa dekade lalu, nama Datsun tidak bisa dilupakan dari sejarah otomotif (sotoy). Nissan Motor memastikan akan membangkitkan kembali Datsun dan ikut meramaikan proyek LGCG / Mobil Murah dengan menerjunkan Datsun Go.

Datsun Go akan dipasarkan mengusung mesin 1.2Liter 3 silinder, mungkin agak sama dengan yang digunakan pada Nissan March. Sementara untuk harga, kemungkinan mobil yang akan dipasarkan mulai pertengahan 2014 ini akan dibanderol sekitar 75 juta-an.

Mobil Murah Tata Nano

Tata Nano (Tata Motors)
Salah satu pemain baru di industri otomotif Indonesia ini belum secara resmi memastikan akan bersaing di pasar mobil murah. Tapi produk mereka yaitu Tata Nano dipastikan akan memenuhi setiap persyaratan LCGC. Dengan mesin 624cc 2 silinder, kabarnya Tata Nano akan segera siap dipasarkan dengan harga 60 jutaan.

Sementara untuk salah satu raksasa motor, Honda, sampai saat ini masih belum pasti apakah akan terjun ke pasar LCGC. Hal ini dikarenakan ada beberapa syarat yang mereka rasa sulit untuk dipenuhi. Antara lain adalah kapasitas mesin yang maksimal 1000cc. Namun gosipnya, Honda akan menyiapkan varian Honda Brio yang disesuaikan dengan konsep LCGC.

Selain merk mobil diatas, beberapa pabrikan lain yang digosipkan akan meramaikan mobil murah adalah Mitsubishi dengan Mirrage nya, serta Suzuki yang sudah terlebih dulu berkibar di India dengan mobil murah mereka Wagon-R, Alto 800, dan A Star.

Nah, tertarik kah anda untuk memiliki salah satu dari mobil – mobil diatas? Kalau saya, mungkin lebih baik saya membeli mobil jadul, dan merestorasi biar keliatan baru lagi
😀

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *