Mandala Tutup – Refund Mudah Dengan Traveloka

Mandala Tigerair, maskapai penerbangan yang beroperasi di Indonesia dengan kode penerbangan RI, telah resmi mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan segala bentuk operasinya pada tanggal 1 Juli 2014. Lantas bagaimana dengan kita yang telah membeli tiket pesawat Mandala?

Saya adalah salah satu dari sekian banyak pelanggan setia Mandala, biasanya merekalah yang menawarkan tiket pesawat ke Singapura dengan harga termurah. Selain itu mereka juga menawarkan tiket pesawat murah ke berbagai tujuan lain.

Sebelum ditutupnya Mandala, saya sempat membeli tiket dengan rute Jakarta – Singapura untuk keberangkatan pada bulan September nanti. Saya membeli tiket tersebut melalui sebuah online travel agent bernama traveloka. Secara otomatis, segera setelah saya mengetahui berita penutupan Mandala, saya langsung menghubungi pihak traveloka untuk menanyakan perihal tiket pesawat saya.

Saya kemudian mendapat informasi bahwa Mandala terkena dampak dari krisis pasar karena nilai tukar Rupiah yang melemah, sehingga sangat berpengaruh pada kondisi finansial dan operasional perusahaan. Kemudian untuk tiket pesawatnya sendiri bagaimana?

tiket traveloka bukan penipu

Saya mendapat informasi dari pihak traveloka bahwa saya mempunyai 2 pilihan, yaitu pengalihan tiket pesawat ke penerbangan Tigerair yang berkode penerbangan TR atau mendapatkan refund. Saya kemudian memilih untuk mengalihkan penerbangan saya, untungnya masih tersedia kursi untuk penerbangan ke Singapura sehingga saya bisa mengalihkan penerbangan saya dari RI ke TR.

Saya kemudian ingat teman saya yang juga sempat membeli tiket pesawat Mandala untuk keberangkatan akhir tahun. Saya menanyakan perihal tiket pesawat yang telah dia beli. Anehnya, dia tidak mengetahui bagaimana nasib tiket pesawat tersebut dan bagaimana cara mendapatkan refund atau pengalihan penerbangan. Sepertinya travel agent yang mengkomunikasikan dengan jelas tentang cara refund dan pengalihan penerbangan ini hanya traveloka saja.

Teman saya lalu menghubungi pihak mandala, namun sayangnya walau sudah dicoba berkali-kali, Mandala selalu sibuk, sehingga pada akhirnya tidak berhasil menanyakan tentang tiket pesawat yang telah dibeli.

Saya kemudian berusaha membantu teman saya dengan cara menanyakan tentang tiket pesawat teman saya. Ternyata pihak traveloka dapat membantu prosedur refund untuk yang penerbangannya tidak dialihkan, namun hanya khusus untuk penumpang yang membeli tiket di traveloka saja. Karena teman saya membeli dari travel agent lain, maka dia harus mengurus sendiri proses refund.

Bagi teman-teman yang telah membeli tiket pesawat Mandala di traveloka, saya menyarankan untuk mengisi formulir refund saja karena sulit sekali menghubungi pihak Mandala. Bila proses refund membutuhkan waktu lama, sebaiknya teman-teman tidak langsung berpikir bahwa traveloka penipu, melainkan bersabar saja karena yang mengajukan refund ada banyak sekali jumlahnya.

No Responses

Leave a Reply