4 Aplikasi Untuk Merekam Aktifitas Layar Komputer

Belakangan makin banyak orang yang senang untuk mengunggah / upload video mereka di YouTube. Entah itu berupa vlog, review, tutorial sampai dengan video ‘spam / junk’ yang isinya cuma slide show dan enggak berkaitan sama judulnya.

Saya sendiri sudah mengunggah beberapa video tutorial dan review di YouTube. Kebanyakan sih untuk mendukung postingan di blog ini juga. Tapi ada juga yang memang sengaja mengisi waktu senggang saja.

Kali ini, saya mau membahas aplikasi-aplikasi yang pernah saya pakai untuk membuat video dari aktifitas layar komputer. Biasanya aplikasi ini digunakan untuk merekam tutorial berkaitan dengan blog, internet, gaming dan komputer. Misalnya video Cara Belanja Online Pakai Shopback ini.

Aplikasi Perekam Layar Komputer

#1 nVidia Shadow Play
Ini adalah aplikasi yang paling sering saya gunakan. Sejauh ini, saya selalu memakai nVidia Shadow Play untuk merekam aktifitas main game saja. Karena memang nVidia memperuntukkan tools ini untuk hal tersebut.

Yang saya suka dari nVidia Shadow Play adalah setting yang sangat mudah dipahami, sangat ringan digunakan, format video bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan bisa merekam dalam waktu lama plus format HD sesuai resolusi layar.

Kekurangan dari nVidia Shadow Play menurut saya sangat fatal. Aplikasi ini hanya mendukung komputer atau laptop yang punya VGA keluaran nVidia. Itupun harus level mid-end ke atas.

#2 Camtasia
Ini aplikasi perekam layar plus edit video sekaligus. Saya pakai aplikasi ini dari tahun 2012-an untuk mengerjakan tugas kuliah membuat video.

Yang saya suka dari video ini adalah kita bisa melakukan seting resolusi dan bagian layar yang ingin direkam dengan sangat mudah. Tinggal geser-geser frame yang akan direkam saja.

Dan asiknya, selesai merekam kita bisa mengedit video dengan aplikasi yang sama. Jadi enggak butuh banyak aplikasi.

Kekurangan dari aplikasi Camtasia adalah….dia berbayar. Untuk kekurangan fungsi edit videonya, kita enggak akan bahas di sini.

#3 Bandicam
Sepertinya ini adalah aplikasi perekam layar komputer favorit banyak orang. Katanya sih, bisa menghasilkan video rekaman dalam format HD dengan ukuran file yang tidak terlalu besar.

Sayangnya lagi, itu kalau kamu pakai aplikasi Bandicam Full Version. Alias bukan yang gratisan. Karena kalau yang gratisan, resolusi maksimalnya kalau tidak salah hanya 480p. Itupun masih ditambah watermark tulisan Bandicam pada video yang kamu buat.

Baca juga : kamera yang dipakai vlog Youtuber

#4 Fraps
Ini cuma saya coba sebentar dan langsung saya hapus. Karena saya coba versi gratisan, maka durasi perekaman dan kualitas video yang dihasilkan juga kurang maksimal. Tapi kalau kamu siap untuk versi berbayar, aplikasi Fraps ini punya beberapa keunggulan.

Salah satu fitur yang paling diunggulkan adalah kamu bisa memunculkan fps (frame per second) dari layar komputer kamu. Jadi untuk kamu reviewer alat komputer atau gaming, kalau kamu mau merekam video yang membutuhkan ukuran fps yang dihasilkan, kamu bisa coba aplikasi ini.

Selain keempat aplikasi tersebut, masih ada banyak lagi aplikasi perekam layar komputer yang bisa kamu coba. Memang sih kebanyakan berbayar.

Tapi kalau kamu rajin cari sana-sini, ada juga kok beberapa aplikasi perekam layar komputer gratisan yang bisa kamu temukan.

Selamat mencoba ya!

Related Articles

1 thought on “4 Aplikasi Untuk Merekam Aktifitas Layar Komputer”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *