Kamera Yang Sering Dipakai Youtubers Itu Apa Sih?

Perkembangan video bloggers,vloggers atau Youtubers sepertinya makin populer di media sosial. Sebenarnya sih para Youtubers ini sudah ada sejak dulu kok. Contohnya Raditya Dika yang memang super-senior, atau mas Bayu Skak yang semakin populer belakangan. Padahal beliau kalau enggak salah sudah aktif di Youtube lebih dari 4 tahunan loh. Dan sekarang makin banyak Youtubers dengan alirannya masing-masing. Mulai dari bikin video keren, daily vlog, review, tema tertentu sampai gaming juga ada.

Baca Juga: Memilih Kamera Digital Yang Tepat

Makin menjamurnya Youtubers ini rupanya menarik minat calon-calon Youtubers baru. Dan para calon Youtubers ini, entah kenapa, sering melontarkan pertanyaan yang sama kepada para idolanya. “Mas, pakai kamera apa ya bikin vlog atau videonya?“. Yah kurang lebih begitu. Karena itulah saya mau mencoba menulis beberapa kamera yang populer digunakan para Youtubers!

Kamera Terbaik Untuk Youtubers

ilustrasi: www.imagemavenvideo.com

#1 Kamera Saku Canon Powershot G7x
Dari yang sering saya lihat, kamera ini sepertinya menduduki posisi top-of-the-list deh. Salah satu Bloggers sekaligus Youtubers yang memakai kamera ini kalau enggak salah sih Mas Alit ‘Shitlicious’. Masih banyak lagi sebenernya, tapi saya enggak tahu nama-namanya. Kalau enggak salah sih Bang Raditya Dika juga pakai kamera ini.

Alasan kamera ini cocok untuk Youtubers adalah LCD display yang ternyata sangat flexibel dan bisa diputar sampai menghadap ke depan. Jadi saat kamu merekam video, khususnya video diri kamu sendiri, kamu bisa melihat gambar yang terekam itu seperti apa. Soal kualitas gambar dan suara juga sudah sangat bagus. Cuma beberapa orang sepertinya mengeluhkan posisi microphone yang kurang pas, sehingga sering sekali ketutupan jari saat membuat video.

Anyway, kalau melihat fiturnya sih sepertinya kamera poket yang punya LCD fleksibel lainnya bisa dipilih juga kok. Jadi enggak harus kamera Canon Powershot G7x ini pula. Asalkan kamu bisa lihat display selfie, lebih enak saja untuk monitoring saat merekam video. Tapi memang diakui, merk dan tipe yang satu ini cukup populer di kalangan Youtubers. Dan dalam waktu dekat rasanya Canon akan merilis tipe Powershot G7x Mark II loh!

Anyway, kalau kamu mau tahu harga kamera Canon Powershot G7x terbaru, bisa cek disini!

#2 GoPro Hero Action Camera
Kamera ini lebih sering digunakan oleh Youtubers yang doyan aktifitas outdoors. Kebanyakan sih yang pakai ini punya channel Youtube motoVlog (video blog tentang berkendara), olahraga (balap, bersepeda) dan aktifitas lain yang membutuhkan kamera kecil, kompak dan tahan banting.

Tapi enggak cuma untuk aktifitas outdoor seperti di atas kok yang bisa pakai kamera aksi untuk membuat video Youtube. Kadang mereka juga menggunakannya untuk daily vlog, dengan alasan lebih ringkas dan tidak menarik perhatian. Kalau tidak salah saya pernah lihat BenaKribo pakai GoPro saat bikin vlog tentang perjalanan menonton konser Taylor Swift.

Anyway, sebenernya ada sih kamera action murah yang bisa dipakai dengan fungsi yang sama seperti GoPro Hero ini. Contohnya Xiaomi Yi Action Camera. Lebih murah dan bisa dipakai untuk aktifitas outdoor juga. Sayangnya kamera ini punya masalah dengan microphone dan perekaman suara. Tapi ada motoVlogger yang mengatasinya dengan memakai kamera Yi untuk merekam video, dan ponsel+headset untuk merekam suaranya. Lebih murah dan kualitas suara juga lebih baik!

#3 Kamera DSLR
Untuk yang sudah level serius, atau memang kebetulan punya DSLR, maka kamera inilah yang dipakai untuk membuat video Youtube. Yang saya tahu pakai kamera ini sih kalau ndak salah Mas Bayu Skak (dia pakai Sony) dan Mas Tira Tangan Belang (sepertinya Canon yah?). Video yang dihasilkan jelas lebih baik. Untuk suara, bisa ditambahkan dengan microphone tambahan pula!

Baca Juga: Pilih Kamera DSLR Atau Pocket?


Untuk Jadi Youtubers Harus Punya Kamera-Kamera Itu?

Eits…nanti dulu. Youtubers itu kan kalau buat saya artinya orang yang bisa membuat konten video, dan mengunggahnya ke Youtube untuk dapat ditonton banyak orang. Jadi, enggak harus punya kamera seperti di atas dulu untuk jadi seorang Youtubers. Yang penting itu ide, kreatifitas, percaya diri dan kemauan yang kuat. Kalau memang belum punya kamera keren, jangan maksa deh. Pakai saja dulu kamera hape untuk membuat video-video yang bagus. Kalau dirasa sudah punya tabungan, enggak salah kok kalau kamu mau beli kamera khusus untuk merekam video-video kamu berikutnya. Apalagi kalau kamu mau jadi Youtubers serius!

Tapi sedikit pesan aja sih meski saya bukan Youtubers, kalau nanti kamu bikin konten video, coba deh bikin yang berkualitas. Setidaknya menghibur tanpa harus melecehkan, berbagi tips tanpa harus menjelekkan, dan berbagi informasi tanpa harus menyesatkan. Sebelum upload, tonton ulang video kamu sambil berfikir di sudut pandang penonton. Dan semoga kamu bisa jadi Youtubers sukses dan bermanfaat untuk masyarakat pengguna internet!

So, sekarang punya kamera apa dan sudah bikin video apa saja di YouTube?


Tulisan Lainnya

Memilih Aksesoris Untuk Kamera Xiaomi Yi Kamera Xiaomi Yi merupakan sebuah kamera yang didesain untuk beragam aktifitas dan olahraga outdoor. Namun dalam paket penjualannya, Xiaomi tidak meny...
MITO Click M100, Action Cam Dengan Harga Bersaing Eksistensi action camera yang lagi nge-hype banget di pasar Indonesia rupanya menggoda salah satu pabrikan ponsel untuk ikut serta bermain di dalamnya...
Mau Beli Kamera, Pilih DSLR, Mirrorless atau Pocke... Saya ingat waktu di era tahun 90-an dulu, kamera bisa dibilang sebagai barang yang cukup mewah. Enggak semua orang punya dan enggak mudah pula untuk b...
Polaroid Cube Action Camera, Kamera Keren dan Unik Beberapa waktu lalu, ketika sosial media berbagi foto Instagram baru-baru saja booming, sempat tersiar kabar kalau Instagram akan memproduksi kamera p...

One Response

Leave a Reply