Perbedaan Headphone, Headset, Earbud, Earphone dan Keluarganya

Kemarin saya sudah pernah bikin postingan tentang tips memilih headphone terbaik untuk kebutuhan dan selera kuping (dan kantong) kita sendiri. Sekarang kita mau sambung postingan masih dengan tema yang sama, yaitu perbedaan dari jenis-jenis headphone yang ada. Memang kurang populer, apalagi untuk orang yang awam dengan dunia audio. Tapi ternyata, ada perbedaan antara on ear headphones, over ear, earbuds, earphone, in-ear monitor atau juga headset. Semoga postingan kali ini bisa membantu teman-teman untuk membedakan tiap jenisnya.

Headphones
Headphones memiliki ukuran yang cukup besar dan punya penghubung antara bagian kanan dan kiri yang melalui atas kepala. Ya biasanya sih kalau sudah dengar headphones, sudah tau bentuknya yang gimana. Tapi headphones sendiri masih bisa dibedakan jadi dua, over ear headphones dan on ear headphones.

perbedaan headphones dan headset

contoh headphones over-ear, on-ear dan headset

Over ear headphones atau full size headphones adalah headphones berukuran besar yang dapat menutupi seluruh bagian daun telinga secara sempurna. Tapi over ear juga ukurannya beda-beda, tergantung merk dan tipe. Jadi bisa menutup seluruh telinga kamu, belum tentu bisa menutup seluruh telinga teman kamu. Keuntungan headphone full size ini adalah lebih terisolasi dari suara luar, sehingga bisa lebih khusuk dengerin musik atau nonton filmnya. Kekurangannya, cenderung besar dan susah dibawa. Walau sekarang banyak headphones full size yang bisa dilipat dan cukup portable, contohnya ATH M50x.

Sedangkan on-ear headphones memiliki bantalan yang lebih kecil dan dipakai dengan menduduki atau menjepit daun telinga. Saya kurang cocok dengan on-ear headphones karena merasa kurang terisolasi dan kurang nyaman memakainya dalam waktu lama. Namun headphones model ini memiliki fungsi yang lebih mudah dibawa atau portabel. Salah satu model on ear headphones favorit saya adalah Marshall Major, keren!

Headset
Nah kalau ini sih gampangnya headphone yang ada microphone-nya. Jadi headphone yang bisa dipakai untuk melakukan komunikasi seperti menelpon, video call atau juga main game. Makanya headset gaming lebih populer.

Earphones
Earphones memiliki fungsi yang sama dengan headset, namun tanpa memiliki bantalan yang besar. Earphones ini biasanya ada dua jenis, earbuds dan in-ear monitoring.

perbedaan earphones earbud iem

contoh earbud dan in-ear monitor (IEM)

Earbuds memiliki bentuk (yang biasanya) bulat dan dipakai dengan ‘menyelipkan’ dalam telinga. Sedangkan in-ear monitoring atau biasa disebut IEM memiliki ujung karet (tips) yang dimasukkan dengan memasukkan tips tersebut ke dalam lubang telinga sehingga membuat musik yang kita dengar lebih terisolasi dari gangguan suara luar.

Handsfree
Kalau handsfree agak mirip dengan earphone, tapi memiliki fungsi microphone seperti headset. Biasanya sih ini sudah include kalau kita beli handphone baru. Dari namanya udah jelas fungsi ini handsfree, yaitu biar hands kita free saat nelpon!

Nah, itu sedikit penjelasan yang mungkin bisa membantu untuk membedakan antara headphones, headset, earbuds, IEM dan lainnya. Semoga cukup membantu dan bermanfaat.

Tulisan Lainnya

Tips Memilih Headphone Yang Bagus Sekarang ini, hampir setiap kegiatan kita dilakukan dengan menyambi menikmati hiburan yang ada di komputer, laptop ataupun gadget yang kita bawa. Enta...
Catat 5 Tips Ini Sebelum Memilih Speaker Portable Speaker portable kini semakin dilirik sebagai aksesoris pelengkap gadget. Bagaimana tidak? Kini semua orang tidak bisa jauh dari musik di segala acara...

One Response

Leave a Reply

badge