Yuk Mengenal Komponen-Komponen Merakit Komputer / PC

Menyambung tulisan sebelumnya tentang pilih PC atau konsol untuk game, kali ini saya mau ngajak kawan-kawan sama-sama belajar tentang komponen yang perlu kita tahu saat akan merakit PC. Ini cukup penting juga sih, khususnya untuk yang baru akan merakit PC pertama kali. Tujuannya jelas supaya kita enggak salah beli, bottleneck, overkill, kemahalan atau sejenisnya yang ngebuat kita ngalamin kerugian.

Oh iya, di sini saya juga cuma ngasih sedikit penjelasan secara general aja. Nanti masing-masing bagian kita bikin postingan terpisah aja kalau dirasa perlu pembahasan lebih detail. So, inilah beberapa komponen dalam merakit PC atau komputer!

Pilih AMD atau Intel Yang Terbaik

#1 Prosesor / Processor
Dari namanya udah kita tau, ini adalah komponen yang memroses semua instruksi dan kerjaan di komputer. Kalau kata banyak orang, ini adalah otak dari komputer. Dan dalam memilih otak ini, kita juga harus bisa menyesuaikan dengan kebutuhan kita. Apakah komputer cuma untuk kerja, atau untuk multi-tasking, hardcore gaming dan banyak tujuan lainnya.

Jenis prosesor ini ada banyak, banget. Dari core-nya dia dibedakan dari dual-core, quad-core sampe octa-core. Dari speednya juga ada banyak, sampai seri penamaan juga. Untuk Intel contohnya, ada dual-core, i3, i5, i7, konstruksi sandy bridge, ivy bridge, haswell sampai Skylake. Belum lagi dari AMD yang enggak kalah banyaknya dengan socket AM2, AM3, AM3+, Fm dan lainnya. Dan kemampuannya juga jelas beda-beda. Jadi sebelum memilih prosesor, maka penting untuk tahu dulu apa kebutuhan kamu, perlu prosesor yang bagaimana, dan jelas : berapa budget kamu?

#2 Motherboard
Komponen kedua adalah motherboard. Komponen ini adalah tempat ‘menempelnya’ semua komponen komputer. Istilahnya, ini adalah badan si komputer. Doi yang bakal nyalurin semua perintah-perintah dan proses yang berjalan ke masing-masing komponen lainnya untuk dieksekusi. Jadi penting untuk memilih motherboard yang baik, supaya enggak terlalu ringkih dan kurang mampu ngimbangin otak komputer kamu yang bergerak cepat.

Jenis motherboard juga jelas ada banyak, dan biasanya menyesuaikan dengan jenis prosesor yang dipakai. Jenis socket prosesor lebih tepatnya. Dan selain memperhatikan socket yang sesuai, saat memilih motherboard juga wajib memperhatikan fitur-fitur dari motherboard tersebut. Misalnya ketersediaan slot Sata, USB3, LAN dan fitur-fitur lainnya yang dirasa perlu aja.

#3 Memori / RAM
RAM ini singkatan dari Random Access Memory. Tugasnya adalah sebagai tempat penyimpanan sementara dari proses-proses yang berjalan saat komputer dinyalakan. Jadi kalau komputer dimatikan, maka penyimpanan di RAM ini juga akan hilang. Intinya sih, fungsi RAM ini menyimpan file/data dari aplikasi atau proses yang sedang berjalan agar lebih mudah dan cepat diakses.

RAM ini lumayan banyak juga variannya, mulai dari kapasitasnya, tipenya, jenis memorinya dan lain-lain. Untuk pemakaian standar sih mungkin hanya sebatas membaca kapasitas dan speed, tapi untuk yang sudah pro bakal ngebaca latency blablabla. Saya enggak sampai sana pemahamannya. Hehehe..

#4 Harddisk
Kalau hardisk sih rasanya hampir semua orang sudah tahu. Merupakan media tempat menyimpan file dan data-data dalam waktu yang lama. Istilahnya kalau RAM itu shor-term memory, maka harddisk adalah long-term memory. Jenis hardisk sih tergantung dari merk, biasanya dikenal dengan istilah black series, blue series, baracuda dan lain-lain. Tapi umumnya, orang memilih hardisk dari kapasitas dan speednya. Kalau andalan saya, 1TB dengan speed 7200rpm. Itu jaman dulu sih, udah lama gak beli harddisk -__-“

Pilihan VGA card Murah Terbaik 2016

#5 Graphic Cards/Kartu Grafis/VGA
Sesuai namanya, graphic cards atau lebih dikenal dengan nama VGA adalah komponen yang punya tugas untuk menampilkan gambar ke layar. Ya bahasa teknisnya mungkin mengubah sinyal digital ke analog……ya gitulah. Agak lupa juga teorinya (maaf ya, hehehe). Intinya, ini adalah komponen penting untuk mendapatkan bentuk visual dari apa yang berjalan di komputer kamu.

Untuk yang beli komputer buat main game, maka VGA adalah komponen raja. Istilahnya sih, ini adalah komponen yang paling penting kalau kamu mau dapat grafis terbaik saat main game. Tapi bukan berarti komponen lain seperti prosesor dan RAM jadi enggak penting. Semuanya harus selaras supaya enggak saling menghalangi kemampuan terbaik masing-masing, atau istilahnya bottleneck!

Jenis VGA juga sangat banyak dan umumnya dikuasai oleh dua pabrikan besar. nVidia dan Radeon. Biasanya VGA dibedakan oleh kelas-kelas, dari entry level, low-end, mid-end, high-end dan unbelieveble-end (ini bahasa saya doank sih). Nah kalau dulu ketika saya masih demen PC gaming, klasifikasinya adalah : 3 juta kebawah itu low-to-mid, 3-5 juta itu mid-to-high. Di atas itu udah high-end dan only-dream-end. Hehehehe…

#6 Power Supply Unit / PSU
Nah ini adalah komponen yang kelihatan remeh tapi punya peranan penting dalam menjaga kebugaran komponen lain di dalam PC kamu. Buktinya adalah masih banyaknya temen kita yang merakit PC dengan spek memukau, tapi pakai PSU bawaan casing dengan alasan lebih murah. Padahal PSU yang ‘murah’ itu tadi biasanya punya kinerja yang meragukan, mulai dari tegangan yang enggak stabil sampai daya yang enggak sesuai dengan labelnya.

Jenis PSU juga ada banyak. Dari daya yang ditawarkan mulai dari 350watt, 400 watt, 600watt dan seterusnya. Pemilihan di bagian ini tergantung dari spesifikasi komputer yang kamu rakit. Terus adalagi label 80 plus, bronze, silver, gold yang melambangkan dari efisiensi (kalau ndak salah) dari daya yang dibawa mereka. Semakin tinggi, maka makin bagus efisiensinya. Adapula yang modular dan non-modular. Buat beberapa orang ini penting, tapi buat saya soal estetika dan kerapihan aja. Ada dana, pilih modular. Kalau mepet, non-modular saja. yang penting : daya cukup dan efisiensi baik. Minimal bronze/silver gitu.

#7 Casing
Err..ini sebenernya bukan komponen bagian dalam komputer sih. Tapi bagian luar. Meski kelihatannya dia cuma tempat nempel dan melindungi semua komponen, tapi cukup penting juga untuk memperhatikan beberapa aspek penting lainnya. Seperti ukuran casing, peletakan PSU, airflow, ruang untuk manajemen kabel, fitur front panel dan sebagainya. Opsional sih, tapi baiknya ya diperhatikan itu semua.

Nah, itu tadi beberapa komponen penting dalam merakit PC. Mungkin penjelasan saya ada yang kurang atau malah ada yang salah, jangan ragu tulis komentar di bawah. Nanti saya perbaiki. Kalau ada pertanyaan, komen juga enggak apa. Nanti saya coba jawab semampu saya. Biar sama-sama belajar.

So, sudah tahu mau pakai komponen apa saja untuk merakit PC idaman kamu? ~ www.ikurniawan.com

Tulisan Lainnya

Memilih Flash Disk OTG Saya butuh flashdisk baru. Benda kecil yang fungsinya untuk menyimpan dan membawa file penting ini rasanya makin dibutuhkan saja. Apalagi flashdisk sa...
Steelseries Rival 100 PC Bang Edition: Unboxing da... Untuk para gamers, pasti sudah enggak asing lagi dengan merk Steelseries. Brand yang satu ini memang cukup tenar dengan peripheral gaming yang berkual...
Memilih Anti Virus Untuk Laptop dan Komputer Priba... Untuk orang yang sering menggunakan laptop atau komputer, mungkin keamanan data adalah sesuatu yang harus diperhatikan. Gangguan yang mungkin datang u...
Mencari Mouse Wireless Terbaik Dengan Harga Terjan... Rasanya kalau sedang jauh dari keluarga, hampir setiap hari (bahkan tiap jam) saya berkutat di depan laptop. Entah itu sekedar browsing, nonton film a...

Leave a Reply