Xiaomi Yi Action Camera, Apakah Layak Untuk Ditunggu?

Belakangan, saya sering kepikiran untuk membuat channel video di YouTube terkait dengan blog iKurniawan.com ini. Kepinginnya sih, channel itu nanti diisi dengan video-video tentang tips, how to, tutorial, review, atau sekedar rekaman perjalanan misalnya menuju tempat kuliner atau wisata tertentu. Dan tentu saja, itu masih rencana. Karena sejauh ini, isi channel tersebut baru satu video ajah.

Karena alasan itu tadi, maka saya kepikiran untuk membeli beberapa alat pendukung. Yang pertama muncul di pikiran saya adalah mini tripod dan handphone holder. Iya, sekarang ini handphone sudah bisa untuk merekam video. Walau kualitas dari hasil rekamannya sendiri tergantung hape yang digunakan. Sayangnya, saya kepikiran kalau nanti saya mau merekam perjalanan, masa saya kudu nenteng itu hape di stang motor. Kalau keujanan gimana? Makanya, saya membuat opsi kedua. Membeli sebuah action camera!

Memilih action cam xiaomi vs gopro

Sedikit pemahaman yang saya tahu, action camera adalah kamera yang memang didesain untuk merekam aktifitas-aktifitas outdoor, malah cenderung ekstreem. Maka dari itu, GoPro, salah satu pabrikan action cam membuat promo besar-besaran kalau action cam mereka bisa diajak menyelam, naik gunung, skateboard, bmx dan beragam aktifitas outdoor dan extreem lainnya. Bentuknya yang kecil, ringan dan gak makan tempat, serta kemampuannya merekam video dengan kualitas bagus menjadi andalan utama action cam ini.

Kendalanya adalah di harga. Untuk versi yang paling murah sekalipun, harga kamera GoPro seri HD HERO 3 dibanderol 2 jutaan, hampir 3 juta deh (cek harga disini). Dan sebagai blogger-mahasiswa-kere tanpa sponsor atau ada yang mau endorse, harga segitu cukup mahal buat saya pribadi. Meski fitur yang sangat menjanjikan, ditambah dengan ragam aksesoris untuk bermacam aktifitas benar-benar bikin saya ngebet kepingin punya. Tapi sekali lagi, saya harus berfikir dua kali!

harga jual kamera Xiaomi Yi
Tampilan Xiaomi Yi Action Camera

Beberapa hari belakangan ternyata kabar menggembirakan datang dari rumah Xiaomi. Kabarnya, Xiaomi baru saja merilis action camera baru dengan fitur yang, yah bisa dibilang unggul jika dibandingkan dengan keluarga kamera GoPro Hero. Kamera bernama Xiaomi Yi Action Camera ini memiliki resolusi 16 megapiksel dengan sensor Sony CMOS Exmor R BSI. Yang lebih menggoda lagi, Xiaomi Yi ini bisa merekam gambar resolusi 1080p dengan kecepatan 60 fps. Kalau resolusinya diturunkan jadi 720p, maka kecepatan gambarnya bisa sampai 120fps. Bisa bikin video slow motion!!!

Masih menurut beberapa situs terkait kamera dan teknologi, kamera Xiaomi Yi ini ternyata memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan GoPro sebagai raja pasar action camera sekarang. Sebut saja dari segi dimensi, bobot sampai kapasitas penyimpanan. Bahkan, dengan keunggulan-keunggulan tersebut, harga kamera Xiaomi Yi ini pun dibanderol separuh dari harga kamera GoPro!

Sayangnya, belum ada berita resmi apakah ini kamera bakal dijual ke target pasar yang sama dengan yang telah Xiaomi lakukan untuk divisi smartphone mereka. Kalau iya, maka enggak butuh waktu lama untuk menunggu Xiaomi Yi datang ke Indonesia. Harapannya sih, seperti smartphone mereka, di Indonesia kamera Xiaomi Yi ini bisa lebih murah dibanding negara asalnya sendiri. Jadi, menabung untuk GoPro, atau menunggu kedatangan Xiaomi Yi?

Related Articles

4 thoughts on “Xiaomi Yi Action Camera, Apakah Layak Untuk Ditunggu?”

  1. salam kenal..
    wahh, kemaren baru ajja pre order disini . Berarti ga percuma ya, harga murah tapi kualitasnya okeh banged.. jadi pengen cepet2 nungguin Xiaomi Yi nya dateng, biar bisa Eksis pas Lebaran..
    hehheehhheeeeeee..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *