WIKO Highway Pure 4G, Android Penantang Dari Perancis

Sekitar awal tahun 2015, pabrikan teknologi asal Perancis yang bernama Wiko ini memang pernah menyebutkan jika mereka akan mulai serius bermain di pasar asia. Dan tidak main-main, sekitar bulan April-Mei kemarin terbukti mereka mulai memasarkan beberapa produk mereka ke pasar smartphone Android di Indonesia. Dengan banyak pilihan, nama Wiko akhirnya mulai dipertimbangkan.

Belakangan, Wiko mulai menunjukkan taringnya. Sebagai iPhone killer di negeri mereka sendiri, Wiko akhirnya mulai merilis beberapa ponsel Android flagship mereka di pasaran. Salah satunya adalah WIKO Highway Pure 4G yang diklaim sebagai ponsel paling tipis di dunia. Padahal, baru beberapa bulan lalu tag ‘paling tipis’ ini diklaim oleh OPPO R5 dengan ketebalan hanya 5,2 mm. Lalu, bagaimana spesifikasi hape Android Wiko Highway Pure 4G ini?

Hape Android Wiko Highway Pure 4G Review

Spesifikasi Hape Wiko Highway Pure 4G

Dengan tagline ponsel paling tipis, selayaknya kita mengintip sedikit dimensi ponsel ini. Hape flagship terbaru Wiko ini memiliki dimensi 141.9 x 68.1 x 5.1 mm dengan bobot sekitar 98 gram. Yups, dengan selisih hanya 0.1mm, ponsel ini berhasil menggeser OPPO R5 sebagai ponsel Android tertipis di dunia. Pada sektor display, hape Android ini mengusung layar AMOLED berukuran 4.8 inci dengan resolusi 720 x 1280 piksel dan ketajaman 306 ppi. Untuk keamanan, layar ini juga sudah diproteksi dengan Corning Gorilla Glass 3. Dengan ukuran dan dimensi tersebut, sepertinya ponsel ini memiliki dimensi yang pas digenggam, nyaman diletakkan dikantong dan bisa dioperasikan dengan satu tangan.

Melongok ke jeroan, spesifikasi hardware yang diusung oleh hape Android Wiko Highway Pure 4G ini juga sepertinya tidak sembarangan. Prosesor yang digunakan adalah quad-core 1.2GHz Cortex-A53 dengan chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 dan diperkuat dengan sokongan RAM 2 GB. Sementara untuk grafis, chipset yang digunakan adalah GPU Adreno 306. Sistem operasi yang menjadi bawaan masih Android Kitkat 4.4.4. Namun Wiko sudah menyiapkan update resmi ke versi Lollipop 5.0.2. Sayangnya untuk media penyimpanan internal hanya disediakan sebesar 16 GB tanpa adanya slot untuk penambahan kapasitas.

Dengan embel-embel 4G pada namanya, ponsel Wiko ini jelas sudah mampu berlari di jaringan 4G LTE yang sedang meriah di Indonesia. Untuk slot sim-card sendiri, ponsel ini menggunakan single-SIM berukuran nano (nano Sim-card). Selain itu, tentu sudah tersedia pula koneksi standar lain macam bluetooth atau juga WiFi. Namun ponsel ini belum memiliki fitur NFC. Yah, menurut saya juga fitur ini masih belum terlalu terpakai di sekitar kita. Fitur lain mungkin yang perlu dipertimbangkan adalah ketersediaan kamera berukuran 8MP pada bagian belakang serta kamera selfie berkekuatan 5MP.

Harga Wiko Highway Pure 4G

Sejauh ini hape Android Wiko Highway Pure 4G terbaru ini dipasarkan dengan dua pilihan warna yaitu putih-silver dan hitam-gold. Harganya sendiri sama saja, berada di angka 3.9 jutaan (update harga terbaru). Dengan spesifikasi dan harga jual tersebut, tentu ponsel terbaru Wiko ini akan menghadapi beberapa pesaing berat. Sebut saja contohnya Oneplus One yang mulai menurunkan harga pasar untuk menyambut kedatangan adiknya, atau bahkan hape terbaru Xiaomi Mi 4c yang kabarnya sebentar lagi akan dirilis di kisaran harga yang lebih murah. Jadi, pilih mana?


Tulisan Lainnya

Melirik Ponsel Premium SAMSUNG S6 Dan S6 Edge Beberapa waktu lalu, tepatnya tanggal 8 Mei 2015, SAMSUNG akhirnya secara resmi merilis ponsel kelas premium mereka yang sangat menghebohkan itu untuk...
Pengalaman Pesan Taksi Dengan GrabTaxi, Surabaya Kemarin saya baru saja mencoba aplikasi baru, yaitu GrabTaxi. Sesuai namanya, aplikasi ini memang bertujuan untuk memesan taxi untuk kebutuhan kita. M...
Memburu Xiaomi Redmi Note Atau Cari Yang Lain? Beberapa minggu lalu kabarnya Om Hugo Barra kembali berkunjung ke Indonesia. Dan seperti kedatangannya yang lalu, kali ini Hugo kembali memperkenalkan...
OPPO R7, Flagship Premium Yang Siap Dipesan Sejak awal kemunculan merk OPPO di Indonesia, jujur saja saya memang cukup tertarik dengan ponsel-ponsel android yang mereka tawarkan. Promosi dan pem...

Leave a Reply