Rasa Bosan Saat Bekerja? Eits, Jangan Sampai Donk!

Balik ke kantor berarti mulai lagi beradaptasi dengan aktifitas dan lingkungan kantor yang sangat jauh berbeda dengan lingkungan kuliah. Kalau selama 3,5 tahun ini saya beraktifitas sesuai jadwal, banyak istirahat dan santai-santai, maka balik ke kantor berarti aktifitas saya adalah senin-jumat dan 07-17. Belum ditambah dengan kegiatan tambahan seperti rapat sepulang kantor, yang sampai saat ini sih saya sendiri belum mengalaminya.

Walaupun sebelumnya saya pernah beraktifitas di kantor, di daerah Kalimantan Selatan tepatnya, tapi lingkungan kerja kantor saya sekarang ini berbeda dengan yang dulu. Kalau dulu saya punya job description yang pasti, ada ruang kerja dan dapat dilihat outputnya. Nah sekarang saya enggak punya ruang kerja atau cubicle sendiri (yah namanya anak magang ya), ditambah dengan pekerjaan yang cenderung strategis. Akhirnya saya lebih sering manyun sembari memikirkan si ‘langkah strategis’ itu tadi.

Kondisi ini kadang buat saya menimbulkan rasa bosan saat di kantor. Bukannya mengeluh, mungkin saya saja yang belum beradaptasi dengan baik terhadap pekerjaan baru saya ini. Dan saya yakin, yang punya pekerjaan rutin juga sering merasakan bosan saat berada di tempat kerja. Jadi sebenarnya ini adalah hal yang cukup bisa dimaklumi.

Untuk itu, saya mencoba mencari aktifitas atau tambahan kegiatan yang bisa menghilangkan bosan saat di tempat kerja. Tambahan kegiatan bukan berarti tambahan beban pekerjaan kok. Walaupun kadang untuk yang posisinya seperti saya, tambahan beban kerja juga menjadi variasi yang membuat rasa bosan itu hilang. Nah berikut ini beberapa tips atau cara yang bisa dicoba untuk mengusir rasa bosan saat di kantor atau di tempat kerja.

Tips Menghilangkan Rasa Bosan Di Tempat Kerja

ilustrasi : cararahasia.com

Tips Cara Mengatasi Bosan Di Kantor

#1 Coba Untuk Mendengarkan Musik
Musik selalu berguna untuk merubah mood dan semangat seseorang. Jadi enggak ada salahnya kalau rasa bosan itu mulai datang, maka saatnya kita untuk mendengarkan musik favorit kita. Tapi ingat, karena ini adalah lingkungan kantor, maka jangan terlalu keras dan sampai mengganggu rekan kerja kita yang lain yah. Atau kamu bisa juga menggunakan headphone supaya musik kamu tidak terdengar oleh orang lain. Tapi perlu diperhatikan juga, enggak semua kantor mengizinkan pegawainya mendengarkan musik apalagi pakai headphone di tempat kerja. Jangan sampai saatsedang bosan, kamu malah tambah mendapatkan masalah karena hal ini!

Baca juga : Perbedaan Earphone, Headphone dan Headset

#2 Berkunjung Ke Cubicle / Ruang Kerja Teman
Cara yang cukup ampuh untuk menghilangkan kebosanan saat di kantor adalah dengan berkunjung ke ruang kerja atau cubicle teman kita. Kemudian kita bisa berbincang sejenak, ngobrol santai atau sekedar melihat kesibukannya. Ini cukup ampuh kok untuk menyegarkan tubuh yang penat karena sudah seharian duduk. Eh, tapi jangan kelamaan juga kunjungan kerja kamu. Nanti yang ada kamu malah mengganggu aktifitas rekan kerja yang mungkin juga sedang sibuk.

#3 Bikin Kopi dan Sedikit Ngemil
Karena kebetulan saya suka kopi, maka minuman yang pahit-pahit manis ini bisa menjadi salah satu mood booster buat saya. Secangkir kopi hitam dengan tambahan sedikit gula, diminum ketika masih hangat, begh sedap lah diminum di sela-sela menyelesaikan kerjaan. Atau mencari ilham kerjaan ‘strategis’ itu tadi. Benar-benar cocok deh biar enggak bosen kerja.

Kalau memang suka ngemil, bolehlah ditemani dengan sedikit camilan yang bisa menjaga konsentrasi dan membuat kamu betah di cubicle kantor. Tapi disarankan sih pakai camilan yang menyehatkan, atau setidaknya jangan yang membawa banyak efek negatif. Contohnya yang bisa kamu pilih adalah camilan dari keluarga kacang-kacangan.

#4 Berfikir Kreatif atau Cari Ide Baru
Rutinitas kantor yang kita kerjain dari pagi ke sore, dari senin ke jumat terkadang memang menimbulkan rasa jenuh atau bosan. Seringnya rasa bosan itu datang di tengah-tengah aktifitas kerja. Kalau sudah begini, biasanya saya sedikit mencuri waktu untuk mengalihkan konsentrasi biar enggak penat. Misalnya mencari ide postingan buat blog yang akan ditulis malam harinya, menggambar hal-hal yang saya mau atau sekedar coret-coret enggak jelas.

Tapi sekali lagi perlu diingat, karena ini jelas bukan peruntukannya dilakukan di jam kantor, maka jangan lama-lama juga ‘stealing time’ itu. Kamu enggak mau donk dibilang sebagai pegawai yang enggak disiplin dalam bekerja?

Mungkin masih ada banyak lagi cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi bosan saat di tempat kerja yang bisa kamu lakukan. Kalau saya sendiri mungkin beberapa cara di atas, dan itu cukup efektif. Tapi tentu saja semua memperhatikan kondisi. Jangan sampai kegiatan mood booster kita malah membuat pekerjaan jadi terbengkalai. Apalagi sampai tidak dikerjakan!

Nah, kalau kamu sendiri gimana cara untuk mengusir kebosanan saat sedang di tempat kerja. Tulis di kolom komentar ya, siapa tau bisa saya coba dan berguna buat yang baca juga.


Tulisan Lainnya

Belajar Menabung, Karena Dipaksa Bisa Dan Terbiasa Meski berstatus sebagai mahasiswa berpenghasilan, tapi rupanya cukup sulit untuk saya dapat mengatur keuangan bulanan saya sendiri. Jujur saja, kalau ...
Tips Cara Menyeduh Kopi Tubruk Khas Indonesia Meski berulang kali dilarang untuk sering-sering minum kopi, tapi entah kenapa larangan itu sulit untuk saya turuti. Sudah beberapa kali ke dokter men...
Memilih dan Membeli Parfum Original Sebenarnya saya agak lupa, entah kapan terakhir kali saya membeli parfum untuk saya sendiri. Terakhir saya ingat, saya membeli parfum Aigner Black sek...
Tips Memilih dan Membeli Mobil Bekas Membeli mobil bekas memang bisa jadi pilihan ketika kita butuh kendaraan untuk keluarga, namun dana yang kita miliki masih terbatas. Meski mobil baru ...

One Response

Leave a Reply