Memilih Jenis Hewan Peliharaan dan Kebutuhannya

Memiliki hewan peliharaan adalah hal yang menyenangkan. Kita dapat mengajak mereka bermain, bercanda, bahkan memiliki kebahagiaan tersendiri saat hewan peliharaan kita itu tumbuh dan berkembang. Contohnya adalah Ibunda saya yang awalnya memiliki 3 ekor kucing, dan saat ini sudah besar dan berkembang biak menjadi 12 ekor kucing. Meski beliau tidak pernah mengatakan, namun sangat terlihat kalau beliau bangga dengan kucing – kucingnya tersebut.

Mona dan Lisa, keluarga kucing Ibunda yang paling kecil

Mona dan Lisa, keluarga kucing Ibunda yang paling kecil

Namun jika anda ingin membeli dan memiliki hewan peliharaan, ada baiknya untuk mempertimbangkan jenis hewan peliharaan yang akan dimiliki. Memilih jenis hewan atau binatang peliharaan bukanlah hal yang dapat dilakukan secara asal – asalan. Ada banyak pertimbangan yang harus dipikirkan, agar tidak merugikan untuk anda, ataupun untuk peliharaan anda kelak. Berikut adalah beberapa jenis hewan peliharaan yang dapat anda miliki, beserta pertimbangannya masing – masing.

Anjing
Jika anda adalah tipe orang yang memiliki banyak waktu luang untuk bermain dengan hewan peliharaan, maka anjing adalah pilihan yang cocok. Hewan yang identik dengan sahabat manusia ini membutuhkan kasih sayang yang tinggi, banyak waktu dengan tuannya untuk bermain atau berolahraga keliling kompleks. Jangan lupakan juga kebutuhannya untuk ke dokter hewan minimal 1x dalam sebulan, serta sesekali ke salon hewan untuk merawat kulit dan bulunya. Jangan sekali – sekali memikirkan untuk mengadopsi anjing jika anda hanya ingin merantainya di depan rumah tanpa mengajaknya bermain.

Sedikit tambahan jika anda ingin menjadikan anjing sebagai teman anda, maka pilihlah jenis anjing sesuai dengan kemampuan anda. Beberapa jenis anjing membutuhkan perlakuan khusus dalam perawatannya. Contohnya sepupu saya yang pernah memelihara Siberian Hushky. Ia mengaku cukup kerepotan hingga akhirnya menyerahkan ke temannya, dan mengadopsi anjing yang pemeliharaannya cukup ringan.

Kucing
Cocok untuk anda yang ingin memelihara hewan namun hanya di dalam rumah yang area bermainnya tidak terlalu luas. Namun pastikan anda harus rajin membersihkan tempat tidur serta kotoran kucing ini nantinya. Seperti anjing, kucing juga harus memiliki jadwal untuk ke dokter hewan. Salon hewan adalah hal yang wajib, khususnya jika anda memelihara kucing berbulu panjang. Perawatan yang salah akan membuat bulu kucing mudah rontok dan kurang sehat untuk anda sendiri.

Kelinci
Sangat cocok untuk anda yang memiliki taman cukup luas, serta tidak terlalu terbuka. Alasannya adalah agar kelinci anda tidak menjadi incaran kucing atau anjing liar. Memelihara kelinci cukup mudah, pastikan saja anda selalu menyediakan sayuran segar untuk makanan mereka, serta jerami sebagai alas tidur.

Ikan
Meski terlihat mudah, memelihara ikan dalam akuarium ternyata membutuhkan ketelatenan pemiliknya. Saat memberi makan, pastikan tidak terlalu berlebihan. Sisa makanan akan membuat air menjadi kotor dan menjadi racun bagi ikan itu sendiri. Namun jika terlalu sedikit, ikan akan sulit berkembang. Jangan lupakan juga anda harus memiliki jadwal mengganti air akuarium, serta meneteskan vitamin tiap beberapa waktu.

Burung
Jika ingin memelihara burung, maka pastikan anda memiliki waktu untuk membersihkan kandang burung. Beberapa teman yang memelihara burung saya lihat sering memindahkan sangkar burung mereka ke luar dan ke dalam rumah. Pastikan juga sangkar yang anda berikan cukup besar untuk burung tersebut berpindah – pindah serta merentangkan sayap.

Itulah beberapa jenis hewan peliharaan yang dapat anda pilih beserta beberapa ‘kerepotannya’. Jangan hanya ingin memiliki hewan peliharaan namun tidak ingin mengurusnya. Semoga anda dapat memilih hewan peliharaan dengan tepat!

Tulisan Lainnya

Kenali Ciri-Ciri Sepatu Adidas Asli Original Beberapa hari yang lalu, saya melihat ada seorang teman yang memajang gambar sepasang sepatu ADIDAS Dragon berwarna merah di profil pic BBM. Iya, dia ...
Cara Membedakan Sepatu Converse Asli dan Palsu / K... Saya mungkin bisa dibilang penyuka sepatu kets yang casual, khususnya untuk model-model low cuts atau low top. Kalau dulu jaman SMA saya sering pakai ...
Tips Memilih Headphone Yang Bagus Sekarang ini, hampir setiap kegiatan kita dilakukan dengan menyambi menikmati hiburan yang ada di komputer, laptop ataupun gadget yang kita bawa. Enta...
Memilih Kamera Digital Yang Tepat Sesuai Kebutuhan Saya suka fotografi. Memang saya tidak jago di dunia fotografi, pakai kamera juga enggak pinter-pinter amat. Cuma saya sempat main kamera DSLR beberap...

One Response

Leave a Reply

badge