Tips Pemakaian AC Rumah Agar Hemat Listrik

Ketika di awal si kecil dibawa pulang ke rumah, ternyata dia sangat tidak tahan dengan suhu kamar yang gerah dan panas. Dia jadi mudah mengeluarkan keringat, tidurnya juga kurang nyaman. Seringkali saya dan istri harus bergantian mengipasi si kecil saat tidur. Hingga akhirnya saya memutuskan untuk membeli pendingin ruangan, atau AC untuk digunakan di kamar tidur kami.

Penggunaan AC di kamar memang mengurangi masalah si kecil yang tidak tahan gerah. Namun ini rupanya menambah sedikit pengeluaran lagi, yaitu biaya listrik yang membengkak. Memang, untuk rumah yang menggunakan AC, konsumsi listrik sebagian besar digunakan untuk AC. Untungnya kami memilih AC yang memiliki beberapa fitur untuk hemat energi. Sehingga lonjakan biaya listrik juga tidak terlalu signifikan meski pemakaian AC bisa mencapai 12 jam sehari, bahkan lebih.

Dari pengalaman saya tersebut, serta dari berbagai sumber artikel yang saya baca, maka saya ingin membagi beberapa tips pemakaian AC agar hemat listrik.

tips AC hemat listrik

Pilih AC Sesuai Kebutuhan
Ketika kita akan memilih dan membeli AC, maka kita akan diberikan pilihan ‘berapa besaran PK dari AC yang ingin kita beli’. Ketika saya dulu memilih AC, saya mengonsultasikan hal ini dengan pemilik AC. Ukuran AC tergantung dengan ukuran kamar atau ruangan yang akan dipasang AC, dan juga kondisi pencahayaan atau paparan sinar matahari yang mengenai tembok kamar. AC dengan PK terlalu kecil, akan membuat AC tersebut harus bekerja lebih keras sehingga memakan lebih banyak daya. Sementara PK yang terlalu besar akan membuat AC seperti berlebihan dan terbuang sia – sia.

Pilih AC Dengan Fitur Hemat Energi
Saat ini sudah banyak fitur pada AC yang mengarah pada penggunaan energi yang lebih hemat. Sebut saja inverter, mode hemat, hingga sensor manusia dan sensor gerak. Dengan demikian, AC dapat bekerja lebih optimal dan sesuai kebutuhan saja.

Jangan Set Suhu Terlalu Dingin
Dari yang saya tahu, semakin dingin AC di set, maka semakin keras pula AC bekerja. Dengan demikian, maka AC akan membutuhkan daya secara terus menerus. Saya sendiri menyetel suhu AC hanya pada kisaran 26 atau 27 derajat, dan itu sudah cukup nyaman untuk membuat si kecil tidur nyenyak.

Bersihkan Perangkat AC Secara Teratur
Sistem AC yang bersih akan membuat aliran udara dan kerja AC lebih ringan, sehingga daya yang dibutuhkan juga semakin sedikit. Menurut beberapa sumber, sistem AC yang terjaga kebersihannya dapat menghemat listrik hingga 20%.

Selain tips – tips diatas, ada beberapa tips lagi yang dapat anda praktekkan untuk meminimalisir kerja AC dan menghemat listrik anda.

  • Selalu gunakan AC dengan kondisi ruangan tertutup
  • Untuk ruangan AC, gunakan lampu yang memiliki suhu rendah
  • Gunakan freon ramah lingkungan
  • Jangan gunakan AC yang sudah terlalu tua

Itu beberapa tips yang mungkin dapat dipraktekkan untuk membuat kerja AC lebih ringan, sehingga konsumsi listrik juga menjadi semakin sedikit. Selamat mempraktekkan dan semoga bermanfaat.

Tulisan Lainnya

Memilih Kamar Kos? Perhatikan Beberapa Hal Berikut... Buat orang yang sedang akan merantau, mencari kamar kost adalah sesuatu yang harus dilakukan. Saya sendiri paling malas kalau untuk urusan yang satu i...
Tips Membeli Laptop Baru Yang Sesuai Dengan Kebutu... Untuk mahasiswa, blogger, pegawai dan juga banyak profesi lainnya, komputer jinjing atau laptop adalah benda yang bisa disebut sebagai sebuah kebutuha...
Mencegah Dan Mengatasi Aki Mobil Tekor Di Jalan Punya mobil tua itu memang punya sensasi tersendiri. Jadi pusat perhatian di jalan atau parkiran, tampil beda dari pengguna jalan lainnya dan tentu sa...
Mengenal Kemeja Flanel, Ikon Fashion Yang Berkarak... Mungkin dimulai tahun 2010 atau 2011, dunia fashion kalangan anak muda di Indonesia mulai dimeriahkan dengan style kemeja flanel yang identik dengan m...

One Response

Leave a Reply

badge