Tips Memilih dan Membeli Mobil Bekas

Membeli mobil bekas memang bisa jadi pilihan ketika kita butuh kendaraan untuk keluarga, namun dana yang kita miliki masih terbatas. Meski mobil baru yang juga murah sekarang ini semakin banyak pilihan, namun masih banyak pula yang berpendapat bahwa kualitas mobil bekas dengan harga yang tidak terlalu jauh memiliki kualitas lebih baik. Sebenarnya ini tergantung persepsi masing-masing, tapi saya agak setuju dengan pendapat tersebut.

Berbeda dengan ketika kita akan membeli mobil baru yang kebanyakan kendalanya adalah memilih model di rentan harga yang kita inginkan, memilih mobil bekas lebih banyak yang harus dipertimbangkan. Wajar saja rasanya, karena membeli mobil bekas berarti juga membeli riwayat yang dimiliki mobil tersebut sejak dibeli orang dari dealer hingga sekarang.

tips memilih membeli mobil bekas

sumber gambar : google images

Tips Membeli Mobil Bekas

Mungkin sudah banyak blog dan artikel yang membahas mengenai cara memilih dan membeli mobil second, tapi saya mencoba membuat tulisan ini dari cerita pengalaman yang saya miliki saja. Berikut adalah tips memilih dan membeli mobil bekas versi iKurniawan.

Tentukan Range Budget yang Dimiliki
Salah satu alasan orang memilih untuk membeli mobil bekas adalah karena anggaran yang terbatas. Maka dari itu, tentukan batas anggaran yang anda inginkan untuk membeli kendaraan anda. Jangan lupa juga perhitungan side-budget untuk sedikit reparasi, mengingat yang namanya mobil bekas pasti perlu sedikit perbaikan.

Pilih Model Sesuai Kebutuhan Anda
Orang membeli mobil pasti karena ada kebutuhan, dan biasanya kebutuhan ini dapat menentukan jenis mobil apa yang ingin kita beli. Apakah itu MPV, sedan atau city car. Ketika memilih model, jangan lupa sesuaikan dengan budget yang anda miliki.

Lakukan Banyak Survey Dan Perbandingan
Membeli mobil second dengan kondisi yang sangat baik dan harga murah itu bukan tidak mungkin. Hanya saja kita harus bersabar dan rajin-rajin hunting. Pencarian mobil bekas idaman itu bisa kita lakukan di website jual beli online yang semakin menjamur, penjual mobil bekas, atau bisa juga dari iklan-iklan di surat kabar. Kemudian, lakukan perbandingan antara mobil yang satu dengan yang lainnya. Terus lakukan hal ini hingga mendapatkan beberapa target yang dapat kita survey lebih dalam lagi.

Periksa Fisik dan Sejarah Mobil Tersebut
Setelah anda menentukan beberapa target mobil yang ingin anda beli, jangan ragu untuk mengunjungi lokasi penjualan mobil tersebut. Tujuannya adalah untuk memeriksa secara fisik mobil tersebut, mulai dari kondisi body mobil, kondisi mesin dan lainnya. Biasanya foto dan kondisi asli tidak selalu sesuai.

Selain itu, periksa juga sejarah mobil tersebut. Bisa berupa history dari pencatatan service, ganti oli, atau jika memang baru di restorasi maka lihat juga nota perbaikan dan sebagainya. Saran saya ketika di tahap ini, ajak rekan anda yang benar-benar mengerti mobil dan mesin. Contohnya adalah anda bisa saja membawa montir kepercayaan anda untuk melihat kondisi mobil yang anda incar.

Ambil Keputusan Dengan Kepala Dingin
Salah satu saran yang bisa saya tuliskan adalah “apapun alasannya, penjual tetaplah penjual“. Maksudnya disini bukan menyuruh anda su’udzon, tapi biar bagaimanapun si penjual ingin melepas mobilnya karena suatu alasan, dan tidak ada penjual yang ingin rugi. Jadi apapun yang anda lihat dan dengar, ambil keputusan dengan kepala dingin. Pikirkan dan diskusikan dengan keluarga, jangan terburu-buru apalagi sampai termakan omongan penjual.

Itu beberapa tips membeli mobil bekas dari saya. Semoga bermanfaat.

Tulisan Lainnya

Memilih Kamera Digital Yang Tepat Sesuai Kebutuhan Saya suka fotografi. Memang saya tidak jago di dunia fotografi, pakai kamera juga enggak pinter-pinter amat. Cuma saya sempat main kamera DSLR beberap...
Tips Agar Aki Mobil Awet dan Tahan Lama Aki adalah salah satu komponen penting yang menjaga pasokan listrik untuk mobil, jadi penting sekali untuk menjaga kondisi aki. Selain itu, aki memang...
Tips Cara Packing Untuk Mendaki Gunung Saya sudah lama pakai tas keril (carrier) untuk perjalanan. Mulai dari pindah - pindah tugas, pergi dinas pelatihan atau juga liburan. Dan terbaru, ya...
5 Hal Penting yang Harus Anda Perhatikan Sebelum M... Apakah Anda pernah berada di situasi di mana Anda mengetahui bahwa AC Anda sedang mengalami kerusakan tetapi Anda terlalu takut untuk mencari tahu apa...

Leave a Reply

badge