Tips dan Cara Untuk Merawat Kemeja Flanel

Tau tentang kemeja flanel?
Saya sendiri kurang paham pengertian dari kemeja flanel itu sendiri. Namun dari sejarahanya, kemeja flanel (flannel shirt) adalah kemeja yang dibuat sekitar abad ke-17 dengan bahan wol yang dikasarkan pada tahap finishing. Awalnya, kemeja flanel ini digunakan di daerah dingin. Namun seiring perkembangan jaman pula, kemeja flanel mulai dibuat dari campuran serat kapas, serta sutera ataupuns serat sintetis. Untuk yang awam seperti saya, kemeja flanel sangat identik dengan motifnya yang kotak-kotak. Padahal, ada pula kemeja flanel yang motifnya polos.

Seperti pakaian lainnya, kemeja flanel membutuhkan sedikit tips perawatan khusus agar dapat awet dan terjaga. Perawatan yang kurang tepat, dapat membuat kemeja flanel anda menjadi kusam, atau bahkan berbulu-bulu. Maka dari itu, ada cara merawat kemeja flanel untuk mencegah rusaknya kemeja flanel kesayangan anda.

cara merawat kemeja flanel

Cara Mencuci Kemeja Flanel

  • Rendam kemeja flanel dengan menggunakan air dingin (cold water), dan jangan terlalu lama
  • Seperti pakaian lainnya, rendam dan cuci kemeja flanel anda dengan pakaian lain yang warnanya sejenis
  • Jika mungkin, cuci dengan menggunakan tangan saja. Namun jika menggunakan mesin, maka set mesin cuci anda ke putaran yang lambat (soft)
  • Gunakan deterjen yang sifatnya lembut, dan jangan pernah menggunakan deterjen yang mengandung pemutih (bleach)
  • Jika dibutuhkan, maka anda dapat menggunakan pelembut pakaian

Cara Menjemur / Mengeringkan Kemeja Flanel

  • Kemeja flanel dapat dijemur langsung dibawah sinar matahari, namun untuk berjaga-jaga, jangan lupa balik kemeja flanel anda. Jadi, bagian dalam yang berada di luar.
  • Jika anda menggunakan mesin pengering, gunakan settingan low heat

Menyetrika dan Menyimpan Kemeja Flanel

  • Menyetrika kemeja flanel yang sudah kering dapat anda lakukan dengan cara seperti menjemur, yaitu dengan membalik bagian dalam berada di luar. Setrika bagian dalam anda dengan mengikuti alur dari kain kemeja.
  • Jika sudah disetrika, anda dapat menyimpan kemeja flanel pada lemari pakaian dengan cara dilipat atau digantung.

Itulah beberapa tips dan cara merawat kemeja flanel agar kemeja kesayangan anda dapat awet serta warna tetap cerah dan tidak pudar. Selain tips diatas, tak ada salahnya memperhatikan care instruction yang biasa terdapat pada label pakaian. Hal ini dikarenakan beberapa jenis bahan membutuhkan perhatian khusus dalam perawatannya.

Semoga bermanfaat.

Related Articles

1 thought on “Tips dan Cara Untuk Merawat Kemeja Flanel”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *