Tips & TrickTulisan

Tips Cara Hemat Minum Kopi di Starbucks

Starbucks bisa dibilang adalah salah satu coffee shop / kedai kopi terpopuler di dunia, termasuk di Indonesia tentunya. Meski berbagai merk coffee shop menjamur, mulai kedai papan atas hingga kedai lokal berkualitas, Starbucks tetap memiliki tempat tersendiri.

Saya sendiri mengakui kalau memang menyukai beberapa menu kopi di Starbucks. Selain itu, gerai mereka selalu menawarkan kenyamanan untuk bersantai nongkrong bareng kawan sambil minum kopi, atau juga untuk bekerja dan meeting semi-formil bareng klien. Jadi tak heran kalau banyak orang merasa nyaman berlama-lama menikmati kopi di gerai mereka.

Harga Minuman Kopi Di Starbucks
Foto : pexels.com

Masalahnya, harga kopi di Starbucks itu agak-agak ‘tajam’ untuk kantong anak kos seperti saya. Jadi untuk bisa menikmati menu-menu favorit di Starbucks saya harus pandai-pandai mengatur keuangan terlebih dahulu.

Menu Favorit di Starbucks

Setiap orang jelas punya menu favorit dan andalannya masing-masing. Karena saya tidak setiap hari, bahkan tidak setiap minggu beli minuman di Starbucks, maka saya hanya punya sedikit menu andalan.

Asian Dolce Latte

Minuman favorit di Starbucks Asian Dolce LatteMinuman ini merupakan perpaduan double-shot dark roasted espresso dengan steamed milk dan saus asian dolce khas Starbucks. Kabarnya, minuman ini cuma ada untuk gerai di daerah Asia Pasifik saja.

Asian Dolce Latte punya pilihan untuk disajikan panas atau dingin. Tapi favorit saya adalah panas. Saya kurang suka minum kopi pakai es. Kecuali cold brew. Dan kalau saya sedang butuh untuk melek atau tambahan caffeine, maka saya meminta ekstra espresso untuk minuman favorit saya.

Hazelnut Signature Chocolate

Kalau sedang tidak ingin minum kopi, atau lagi gak enak perut tapi kepingin nongkrong di Starbucks, maka ini adalah menu andalan yang saya pesan. Untuk menu yang satu ini, jelas saya pesan yang ice atau frappe. Kombinasi dingin, manis dan coklat pekatnya itu yummy banget.

Caramel Macchiato

Kalau lagi kepingin kopi tapi agak manis-manis dikit, maka menu caramel macchiato ini yang paling pas. Rasa kopi yang agak samar dengan manis karamel dan foam yang lembut rasanya pas menemani saya bersantai. Dan tentu saja, saya pesan hot caramel macchiato. Kalau mau yang dingin, saya prefer frappucino daripada yang ice.

Harga Kopi Cold Brew Starbucks
Vanilla Sweet Cream Cold Brew

Vanilla Sweet Cream Cold Brew

Nah, kalau kebetulan kepingin minum iced coffee, mending deh sekalian pesan menu cold brew Starbucks yang satu ini. Meski saya baru mencicipinya sekitar akhir September 2018 lalu, saya langsung suka dengan rasa kopi cold brew yang tidak terlalu pahit dan dicampur dengan vanilla sweet cream.

Mau Minum Kopi Starbucks Tapi Tetap Hemat? BISA!

Karena harganya yang cukup kurang bersahabat untuk saya, maka saya harus pintar-pintar mensiasati agar tetap bisa menikmati minum kopi tanpa bikin dompet tipis. Tentunya selain mengurangi frekuensinya ya. Dan inilah beberapa cara minum kopi hemat di Starbucks ala saya!

Bawa Tumbler Sendiri

Setiap kali datang ke gerainya, kita pasti melihat cukup banyak pernak-pernik berlogo gerai kopi asal amerika ini ikut dijual. Salah satunya tumbler dan mini-termos untuk kopi dengan berbagai bentuk dan model.

Memiliki salah satu (atau beberapa) dari tumbler itu ternyata ada untungnya. Kalau kita membawa tumbler sendiri saat membeli kopi di Starbucks, maka kita akan mendapatkan potongan harga. Memang tidak banyak sih, tapi kalau sudah berkali-kali kan rasanya lumayan juga!

Harga Tumbler Starbucks

It’s a Tumbler Day!

Untuk yang rajin ke Starbucks, maka ini adalah salah satu alasan mereka membeli tumblernya. Tanggal 22 di setiap bulan adalah tumbler day atau half price day. Jadi kalau kita datang dan beli kopi dengan membawa tumbler Starbucks di tanggal 22, kita bisa membeli minuman favorit di Starbucks hanya dengan setengah harga. Gimana, asik gak tuh?

Sssttt….sedikit tambahan. Kalau kamu ngerasa tumblernya ternyata cukup mahal, coba deh berburu tumbler Starbucks murah di toko online. Lumayan loh!

Pesan Kopi / Minuman Dengan Ukuran Terkecil

Umumnya, setiap menu minuman di Starbucks memiliki pilihan ukuran tall, grande dan venti. Tapi kalau kamu iseng, coba deh tanya ke barista saat memesan apakah menu yang akan kamu pesan juga tersedia dalam ukuran short.

Ukuran Gelas Kopi di Starbucks

Ukuran cangkir short memang agak kurang umum dan cukup jarang ditemui, tapi bukan berarti tidak ada loh ya. Kalau kebetulan memang tidak ada, maka pesan saja ukuran tall atau yang paling kecil. Jangan tergoda dengan ‘nambah sedikit bisa up ke grande atau venti nih’. Karena buat saya, kopi itu dinikmati. Kalau banyak-banyak, itu namanya haus. Minum air putih saja. Hihihii..

Minum Americano / Kopi Hitam Ala-ala

Untuk yang suka kopi hitam atau americano, ada cara agar kamu bisa menikmati minum americano Starbucks dengan harga yang lebih terjangkau. Caranya adalah kamu memesan secangkir espresso saja. Lalu mintalah air panas pada pelayan, dan ini ternyata GRATIS!

Setelah air panas datang, campurkan espresso kamu ke dalam gelas air panas itu. Dan jadilah americano Starbucks murah ala-ala kamu sendiri.

Tips Minum Kopi Murah di Starbucks
Beli Minuman di Starbucks Dapat Gratis 1, Mau??

Follow Akun Media Sosial Starbucks Indonesia

Ini adalah tips terakhir, tapi juga paling ampuh dan paling sering saya pakai. Follow akun-akun media sosial Starbucks Indonesia untuk mendapatkan promo-promo terbaru mereka. Khususnya akun LINE Starbucks Indonesia.

Akun LINE Starbucks Indonesia ini termasuk sering memberikan kupon promo untuk minuman-minuman favorit dan best-sellers mereka. Tapi yang paling sering adalah kupon untuk Buy 1 Get 1 Free!

Jadi dengan modal kupon di LINE Starbucks Indonesia itu, kamu bisa patungan separuh-separuh harga dengan teman kamu untuk dapat dua minuman di Starbucks. Kalau saya sih biasanya digunakan sendiri. Satu untuk diminum langsung, satu lagi take away dan disimpan di kulkas untuk keesokan hari.

Nah, itulah beberapa tips ngopi hemat di Starbucks yang seringkali saya gunakan. Tentu setiap orang punya caranya sendiri untuk mendapatkan yang hemat-hemat di Starbucks ini. Kalau kamu punya tips atau trik yang berbeda, yuk share di kolom komentar!

iKurniawan

Menulis pengalaman tentang jalan-jalan, makan-makan dan bersantai mereview gadget sambil menikmati secangkir kopi. Senang bercerita santai dalam tulisan di iKurniawan.com

6 thoughts on “Tips Cara Hemat Minum Kopi di Starbucks”

  1. aku sih jarang beli di Starbucks. biasanya kalo dijajanin diajak meeting saja. jauh lebih hemat, kan? 😆

    aku selalu pesen hazelnut latte sih kalo ke Starbucks.. 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker