Tampilan Baru di Ulang Tahun Blog Yang Kedua

Untuk yang sering mondar-mandir ke blog saya ini, pasti menyadari kalau beberapa hari belakangan blog ini sering berubah-rubah tampilan. Enggak cuma itu, kadang-kadang justru blog ini menjadi acak-acakan. Itu semua memang hal yang tidak disengaja karena saya sedang mencari settingan dan tampilan yang pas untuk blog iKurniawan ini. Iya, sudah dua tahun dengan tampilan yang itu-itu saja, saya jadi mau sedikit merubah biar keliatan agak lebih rapih.

Theme WordPress Blog iKurniawan

Sebenarnya perubahan blog ini enggak cuma dari tampilan saja, tapi juga merubah lokasi server dan penyedia hostingnya. Setelah hampir dua tahun dipercayakan ke salah satu penyedia hosting lokal, memasuki tahun ketiga blog ini saya merasa membutuhkan server yang lebih kuat. Baik secara kapasitas penyimpanan, maupun bandwith yang disediakan. Karena alasan tersebut, saya memutuskan untuk pindah ke hostingan luar yang saya percayakan ke HawkHost.

Memindahkan database serta seluruh isi blog ini sendiri memakan waktu lumayan lama, hampir 2 hari. Bukan karena bermasalah, tapi koneksi internet sekelas siput kelaparan membuat proses download – restore backup menjadi berjalan lambat. Walaupun sudah menemukan beberapa tutorial cara memindahkan file antar cPanel tanpa download, ternyata script tersebut tidak berjalan mulus pada saya. Akhirnya pakai cara tradisional yang memakan waktu dan juga bandwith. Untungnya, selama proses pemindahan server tersebut tidak ada gangguan berarti. Blog tidak down sedikitpun. Jadi saya sangat berterimakasih untuk kedua penyedia jasa hosting yang saya pakai.

Tahapan kedua adalah merubah tampilan blog. Kurang paham dengan edit script php dan theme wordpress membuat saya agak bermasalah di bagian ini. Sejujurnya, saya enggak bisa edit script jenis bahasa apapun. Hingga akhirnya saya berulang kali mencari themes yang cocok sesuai dengan selera saya. Proses ini yang kemudian membuat blog ini berulang kali acak-acakan. Bahkan dari statistik yang saya pasang, pengunjung blog sampai saat ini masih drop sekitar 20 sampai 30%.

Sebenarnya saya sangat tertarik dengan theme Miranti Matriphe.com, dan sempat kepikiran untuk mengirim email ke mas Zamroni si pemilik blog. Tapi niat itu saya urungkan. Beliau sudah membuat theme tersebut sendiri, kok rasanya enggak enak mau minta begitu saja. Iya, enggak enak kalau ditolak. Hehehe. Sampai akhirnya saya ketemu theme premium eceran ini. Please jangan tanya kenapa saya sebut eceran ya. Ini sementara, kalau sudah banyak uang jajan nanti beli premium murni. *suer*

Beberapa penyesuaian juga dilakukan, mulai dari bagian tampilan sampai hal lain terkait kinerja blog. Meski enggak menunjukkan hasil yang signifikan, tapi rasanya blog ini sudah lumayan cepat. Beberapa diantaranya adalah menggunakan W3 Total Cache untuk mengecilkan javascript yang memberatkan serta kompresi gambar yang saya rasa masih belum maksimal. Mungkin kedepannya kepikiran mau pakai fitur CloudFlare. Entahlah.

Tapi sementara saya rasa ini sudah cukup. Terima kasih untuk teman-teman yang sedia berkunjung ke blog sederhana saya ini. Selamat ulang tahun yang kedua blog iKurniawan. Semoga kedepannya blog ini masih bisa terus memberikan manfaat untuk yang datang kesini. Sedikit kepikiran untuk bikin giveaway, tapi kok keuangan lagi mepet yaa. Atau ada yang mau sponsori?


Related Articles

4 thoughts on “Tampilan Baru di Ulang Tahun Blog Yang Kedua”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Close