Soto Betawi H. Ma’ruf – Cikini, Jakarta Pusat

Setelah lama punya rencana untuk eksplor kuliner dan wisata di DKI Jakarta, akhirnya minggu kemarin saya memulainya. Daerah Cikini jadi tujuan pertama. Selain karena dekat dengan lokasi kos-kosan, kabarnya di Cikini Jakarta Pusat ini banyak terdapat wisata kuliner legendaris. Salah satunya adalah Soto Betawi H Ma’ruf.

Rumah Makan Soto Betawi H Ma’ruf ini beralamat di kompleks Taman Ismail Marzuki, Jalan Cikini Raya No. 73, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat. Untuk orang yang enggak mengenal Jakarta, termasuk daerah Cikini ini, nekat plus aplikasi ojek online adalah paduan modal yang sempurna.

Kalau kamu bawa kendaraan sendiri, begitu ketemu kompleks Taman Ismail Marzuki, langsung saja belokkan kendaraan menuju pintu gerbang untuk memasuki kompleks. Terus menuju ke bagian dalam sampai melihat area parkiran motor. Nah, Rumah Makan Soto Betawi H Ma’ruf ini terletak tepat di sebelah kiri, di depan area parkir motor itu tadi.

Tempat Makan Soto Betawi Khas Cikini

Menu Harga Soto Betawi H Maruf Cikini

Siang itu hanya ada 3 meja yang terisi pengunjung. Dua keluarga dan satu lagi pasangan remaja. Agak kaget juga, karena saya kira tempat ini bakal ramai seperti kuliner legendaris lainnya. Mungkin saya datang bukan di waktunya makan. Saya memilih kursi paling dekat pintu, duduk, sendirian, lagi. Hiks…

Menu di RM Soto Betawi H Ma’ruf ini enggak cuma soto betawi saja. Ada menu-menu lain seperti sate kambing, sate sapi, laksa betawi dan lainnya. Untuk minuman, juga terdapat banyak pilihan. Cuma saya kurang tahu, apakah semua yang terpampang di papan menu ini semuanya tersedia.

Karena rumah makan ini mengusung nama Soto Betawi, maka jadilah saya memesan satu porsi soto betawi daging. Untuk yang suka jeroan, bisa juga memesan agar isiannya dicampur jeroan.

Buat saya, satu porsi soto betawi di H Ma’ruf ini terbilang banyak. Seingat saya, ini adalah Soto Betawi pertama saya. Dan ternyata, soto betawi itu adalah soto dengan kuah bercampur santan, yang isinya hanya daging saja. Tidak seperti soto lain yang berisi mie bihun.

Review Soto betawi Cikini

Soto betawi Haji Maruf Cikini

Harga Soto betawi Haji Ma'ruf

Soal rasa, gurih. Mungkin itu kesan yang saya dapat. Setelah ditambah sedikit sambal, jeruk nipis dan dimakan bersama nasi hangat, barulah terasa kenikmatannya. Nilai plus juga ada pada daging dengan irisan yang tebal dan terasa empuk. Buat penggemar makanan bersantan, atau penikmat soto-sotoan, kayaknya wajib deh cobain makan di sini.

Tapi kalau kamu kurang suka soto bersantan, di Soto Betawi H Ma’ruf ini juga menyediakan soto bening tanpa santan. Mungkin kapan-kapan saya akan cobain termasuk Laksa Betawi dan Sate Kambing yang katanya juga enggak kalah enak.

Rumah Makan Soto Betawi H. Ma’ruf, Cikini
Komplek Taman Ismail Marzuki, Jalan Cikini Raya No. 73, Cikini, Menteng
Jakarta Pusat 10330

Related Articles

6 thoughts on “Soto Betawi H. Ma’ruf – Cikini, Jakarta Pusat”

  1. Aku tau nih tempatnya, tapi blm pernah coba makan di sana. Sebenernya aku suka soto betawi.. Dulu favoritku itu soto betawi dan sop kaki kambing tiga saudara di pulomas, enak banget. Tp kemudian coba makan soto betawi di dudung roxy, trs ada cabang jg di cempaka putih, dan aku ama suami jd tergila2 ama yg itu :). Krn yg di dudung ini kuahbya bukan santan, tapi susu. Dan rasanya jd jauuuh lbh gurih kal pake susu mas :D. Sejk itu kalo soto betawi aku sukanya yg kuah susu..

    1. ehhh yang saya makan pakai santan apa susu ya. jadi ragu deh. kapan2 cobain lagi buat memastikan deh…

      sama yang rekomendasi mbak Fanny nih kayaknya deket kos semua. kapan2 kucario
      😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *