Smartphone Wiko Masuk Indonesia, Another iPhone Killer?

Belakangan ini, entah kenapa, mulai muncul brand-brand smartphone yang dilabeli pasar dengan nama iPhone killer. Entah itu karena spesifikasinya yang mengagumkan, fitur yang lebih meggiurkan, atau bahkan pemasaran yang sukses. Secara mengejutkan, beberapa brand tersebut justru dari negeri China. Sebut saja contohnya Meizu, Oneplus yang segera memulai debut di Indonesia, atau yang sudah terlebih dahulu ramai di Indonesia, Xiaomi.

Belakangan santer terdengar berita kalau salah satu pabrikan dengan label iPhone killer juga akan hadir di Indonesia dalam waktu dekat ini. Adalah Wiko, smartphone yang bermarkas di Marseille, Prancis. Secara mengejutkan, Wiko berhasil mengalahkan penjualan iPhone. Pada tahun 2014 lalu, Wiko berhasil mengalahkan penjualan iPhone yang menguasai 14.7% pasar smartphone di Prancis. Bahkan menurut salah satu lembaga survey, Wiko yang baru berusia 4 tahun tersebut sudah mendekati angka pemasaran Samsung sebagai penguasa pasar. Lalu, apa yang sebenarnya ditawarkan Wiko sehingga begitu menarik pasar?

spesifikasi harga android WIKO

Salah satu pentolan yang menjadi andalah Wiko untuk merajai pasar adalah Wiko Highway 4G. Smartphone yang dari namanya saja dapat diketahui bahwa sudah mengusung teknologi 4G LTE ini memiliki layar 5 inchi IPS LCD touchscreen 16 M colors dengan resolusi 1080×1920 pixels. Layar ini juga sudah dilapisi dengan dual corning gorilla glass 2. Sementara untuk kinerja, procesor Quad Core 2 Ghz serta chipset nVidia SL460N rasanya cukup menggiurkan untuk saat ini. Fitur lain adalah kamera yang disematkan berkekuatan 16MP, sementara kamera depan 8MP.

Menurut beritanya, Wiko tidak hanya akan mengusung Wiko Highway untuk memasuki pasar Asia, termasuk Indonesia. Wiko akan langsung mengusung 6 seri ponsel terbaik mereka yang memiliki rentang harga mulai 1 jutaan. Keenam ponsel tersebut juga memiliki spesifikasi yang bermacam-macam, baik yang berjalan di jaringan 3G, atau juga yang sudah mampu mengakomodir jaringan 4G LTE.

Sayangnya, Wiko sendiri belum dapat memastikan kapan akan mulai memasuki pasar Indonesia. Namun dapat dipastikan kalau Wiko akan menggaet partner lokal. Tapi lagi-lagi, belum ada kepastian siapa partner lokal yang dimaksud tersebut. Apakah distributor, atau memang toko online seperti yang telah dilakukan Xiaomi dan Oneplus.

Untuk harga sendiri, Wiko belum juga dapat memastikan kisaran harga untuk masing-masing produk mereka. Namun di eropa sendiri, Wiko Highway dengan spesifikasi di atas dibanderol dengan harga kisaran 3.5 juta rupiah. Semoga ketika masuk Indonesia nanti Wiko Highway 4G akan dibanderol lebih murah, mengingat pesaing mereka yang sudah lebih dulu masuk sudah mengincar pasar di kelas yang sama. (untuk harga terbaru android Wiko Highway 4G, cek disini)

Lalu, apakah Wiko juga akan menjadi iPhone Killer di Indonesia seperti yang mereka sukses lakukan di rumah mereka, Prancis? Kita tunggu saja!

Related Articles

3 thoughts on “Smartphone Wiko Masuk Indonesia, Another iPhone Killer?”

  1. keren deh bodi bagian belakangnya yang warna warni itu, itu bahannya dari apa ya? plastik atau kaca kayak xperia Z3?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *