Serunya Berburu Mainan Hot Wheels

Untuk yang demen mengoleksi die cast, pasti sudah enggak asing dengan yang namanya Hot Wheels. Nah, kalau kamu belum tau apa itu Hot Wheels, sederhananya sih Hot Wheels itu populer dengan miniatur kendaraan yang beragam. Biasanya, skala yang populer di Hot Wheels itu 1/64. Dan untuk di bidang ini yang namanya Hot Wheels bisa dibilang sebagai pemain lama. Jadi jangan heran kalau peminat mainan yang satu ini ada dimana-mana!

Saya sendiri bukan pengoleksi Hot Wheels garis keras. Cuma kalau lagi kebetulan ketemu yang bagus dan disuka, maka saya beli deh untuk dimainkan. Sedangkan kalau kolektor kan biasanya dibeli untuk disimpan dan dipajang. Karena katanya, beberapa tipe Hot Wheels akan ‘melonjak’ harganya di masa depan. Jadi selain untuk koleksi, enggak sedikit yang menjadikan mainan ini sebagai bahan investasi. Pertanyaannya, Hot Wheels macam apa yang bisa dikoleksi dan jadi investasTips Berburu Mainan Hot WHeels Langka

sumber gambar : speedhunters.com

Jenis Hot Wheels Langka Sering Dicari

Treasure Hunt dan Super Treasure Hunt (TH dan $TH)
Setiap tahun, Hot Wheels ngeluarin lini mobil-mobil yang langka yang umumnya dijadikan bahan perburuan para kolektor. Jenisnya dikategorikan sebagai Treasure Hunt (TH) dan Super Treasure Hunt ($TH). Dan jenis-jenis mobil TH dan $TH ini biasanya dipublikasikan. Tapi enggak semua mobil tersebut adalah TH atau juga $TH, karena Hot Wheels juga merilis produk reguler dari jenis-jenis mobil tersebut.

Saya sih enggak terlalu paham untuk membedakan antara produk reguler, TH dan $TH. Cuma katanya sih, untuk membedakan bisa dilihat dari lambang api dalam lingkaran di body mobilnya untuk mobil kategori TH dan juga logo huruf TH untuk kategori mobil $TH. Kalau sudah expert, bisa juga diliat dari warna cat, aksesoris mobilnya dan velg mobil yang berbeda dari model regulernya.

Hot Wheels Seri Film
Hot Wheels juga sering merilis mobil-mobil yang ada di film-film. Entah itu film animasi atau film lain macam James Bond atau seri Fast Furious. Seri yang ini memang banyak diburu dan akan meningkat harganya kalau banyak peminat dan jadi langka di pasaran. Biasanya, kalau kamu punya seri lengkap sesuai yang diumumkan, harganya bisa lebih mahal. Misal 1 biji harga pasaran naiknya jadi 50 ribu. Kalau satu seri ada 5 biji dan kamu punya semuanya, bisa jadi harganya adalah 350 ribu hingga 400 ribuan.

Mobil Jepang???
Dari dulu, Hot Wheels populer di negeri barat sana. Jadi jangan heran kalau lini die cast mereka didominasi dengan mobil-mobil Amerika dan Eropa. Tapi belakangan, Hot Wheels mulai rajin merilis jejeran mobil produksi Jepang meski kuantitasnya sedikit. Efeknya, tentu saja mobil Jepang ini banyak diburu sama kolektor dan penggemar (termasuk saya). Apalagi kalau mobilnya terbilang lebih langka dan seperti masuk kategori retro. Contohnya saja Datsun (yang semua modelnya banyak dicari) dan Honda Civic.

Koleksi Hot Wheels Ferrari Susah Dicari

Supercar
Karena selera orang berbeda-beda, maka para kolektor Hot Wheels supercar akan rela membayar lebih untuk mendapatkan buruan mereka. Biasanya, yang diburu tentu merk-merk mobil ternama seperti Ferrari, Lamborghini, Porshce dan sejenisnya.

Cacat Produk
Nah, ini kedengerannya aneh. Tapi mobil yang cacat produk atau cacat dalam pengemasan ternyata punya harga di mata kolektor. Contohnya saja mobil yang menghadap kiri, isi mobil yang berbeda dengan gambar dan tulisan di kemasan hingga kurang ornamen seperti tidak ada body mobilnya atau justru tidak ada sasisnya.

Selain itu, mungkin masih banyak lagi jenis-jenis Hot Wheels yang punya ‘harga’ dan dikoleksi oleh orang. Itu kebetulan yang saya tahu saja. Toh yang namanya koleksi itu adalah selera. Meski harganya mahal, kalau enggak doyan, bisa saja dilewatkan orang untuk dibeli. Saya juga begitu, meski banyak yang cari tapi saya enggak butuh, rasanya malas mau ambil.

Untuk sebagian orang, mereka rela mengeluarkan banyak uang dan berbagai cara untuk bisa memperoleh Hot Wheels incaran mereka. Cara cepat yang bisa ditempuh untuk melengkapi adalah dengan mengikuti lelang, atau belanja di sosial media yang biasanya sudah di tangan penjual yang mengerti produk mahal.

Nah kalau saya sendiri, lebih senang untuk melirik-lirik Hot Wheels yang tergantung di rak supermarket atau toko mainan. Menurut saya, rasanya lebih menyenangkan kalau dapat dengan cara tersebut. Dan disitu serunya berburu versi saya. Kalau kamu, dapat Hot Wheels incaran dengan cara yang gimana?

Tulisan Lainnya

Mengenal Beberapa Jenis Plastic Model Kits (Plamo) Everyone needs a hobby, itu alasan Tony Stark waktu temennya si Rhodes takjub lihat pasukan Iron Man koleksi doi. Yups, kita juga sering denger istila...
WIP Aoshima Model Kit Toyota Corolla KE70 Early Ve... Beberapa waktu lalu saya pernah membuat postingan tentang peralatan merakit model kit untuk pemula. Alasannya sederhana, karena saya memang sedang ing...
5 Model Kit Gundam Favorit Yang Jadi Incaran Sejatinya, saya bukan modeler atau perakit model kit Gundam. Bahkan, saya bukan perakit model kit apa-apa. Cuma suka aja lihat hasil model kit yang di...
Asiknya Belajar Bermain Rubik! Rubik, mungkin adalah salah satu mainan yang keren, menarik tapi juga sekaligus cukup membuat pusing. Dalam 5 tahun terakhir, mungkin sedikitnya saya ...

Leave a Reply

badge