Semangka, Buah Segar Nan Kaya Manfaat

Semangka bisa jadi adalah salah satu buah paling populer di daerah dengan iklim tropis seperti Indonesia. Dengan kandungan air yang tinggi, rasanya sangat segar jika dikonsumsi saat kondisi cuaca sedang panas dan gerah. Ditambah dengan rasa manis yang juga menyegarkan, hmm….benar – benar nikmat!

Tapi siapa sangka jika buah yang populernya berwarna merah, semangka menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Banyak penelitian yang sudah menyebutkan manfaat buah semangka, dan berikut ini adalah beberapa diantaranya.

manfaat makan buah semangka

Manfaat Buah Semangka

Semangka Membuat Jantung Lebih Sehat
Buah semangka adalah sumber likopen yang sangat bermanfaat untuk menjaga jantung agar tetap sehat. Selain itu, penelitian terbaru dalam American Journal of Hypertension menyebutkan bahwa selain membuat jantun lebih sehat, semangka juga mampu menurunkan tekanan darah tinggi, serta mengurangi stres pada jantung, bahkan dalam kondisi cuaca dingin.

Semangka Sebagai Antioksidan Tubuh
Kandungan likopen yang ada dalam buah semangka bisa dibilang cukup tinggi. Likopen merupakan salah satu antioksidan yang sangat bermanfaat untuk mencegah efek buruk yang muncul dari radikal bebas kepada tubuh kita.

Semangka Bermanfaat Untuk Kesehatan Ginjal
Selain likopen, buah semangka juga mengandung kalium yang dapat membantu membersihkan sisa-sisa racun pada ginjal. Buah semangka juga mampu untuk menurunkan kadar asam urat berlebihan dalam darah, sehingga dapat mengurangi resiko akan kerusakan ginjal dan pembentukan batu ginjal.

Manfaat Semangka Untuk Ibu Hamil

Beberapa sumber menyebutkan, buah semangka memberikan banyak manfaat untuk ibu hamil. Beberapa diantaranya adalah mengatasi mual – mual dan morning sickness yang sering dialami pada tri semester awal kehamilan. Selain itu, untuk ibu hamil semangka juga dapat menjadi tambahan sumber cairan dan mencegah dehidrasi. Hal ini juga membantu untuk meredakan dan mengurangi resiko pembengkakan.

Namun yang perlu diperhatikan untuk ibu hamil adalah bahwa semangka memiliki kandungan glukosa yang cukup tinggi. Maka dari itu, ada baiknya untuk tidak konsumsi secara berlebihan dan konsultasikan hal ini terlebih dahulu kepada dokter kandungan.

Nah, itu tadi beberapa manfaat buah semangka untuk tubuh kita. Selain yang tertulis diatas, masih banyak manfaat buah semangka untuk kesehatan, termasuk manfaat buah semangka untuk pria. Mungkin lain kali akan saya tambahkan disini. Semoga bermanfaat.

Tulisan Lainnya

Makanan Sehat Untuk Teman Begadang Di musim piala dunia begini, begadang rasanya sudah jadi santapan orang sehari - hari. Apalagi buat anda yang penggemar berat olahraga sepakbola, dita...
Manfaat Coklat Hitam Untuk Kesehatan Coklat adalah salah satu makanan favorit saya, dan saya juga yakin sebagian besar orang menyukai makanan yang biasanya disajikan dengan rasa yang mani...
Menghilangkan Selulit Secara Alami Kalau melihat judulnya, mungkin akan terdengar aneh karena penulis blog ini seorang pria, cowok, tulen. Tapi masalah selulit pada tubuh itu bukan cuma...
Badan Sering Lemas? Mungkin Ini Penyebabnya!!! Untuk kategori cowok di usia matang (baca : sudah tua), mungkin bisa dibilang kalau aktifitas sehari-hari yang saya jalani sangat tidak memakan energi...

Leave a Reply

badge