Review Gundam Converge Limited Edition

Kalau enggak salah saya pernah bilang kalau saya sejatinya bukan penggemar Gundam. Nonton anime-nya saja cuma 2 serial, yang mungkin nanti saya bikin review terpisah. Memang sih saya menggemari beberapa tipe model kit Gundam (baca : Model Kit Gundam Favorit), tapi kayaknya tetap belum cocok kalau dikategorikan sebagai penggemar atau modeler. Cuma suka saja.

Dan dari beberapa jenis robot Gundam yang ada, saya menggemari model SD dan tipe RX-78. Secara kebetulan, ketika berlibur kemarin saya melihat ada sebuah toko mainan anak yang sedang memberikan potongan khusus untuk produk-produk terkait Gundam. Salah satunya yang mendapat potongan harga menggiurkan adalah Gundam Converge.

Box Art Gundam Converge Limited RX-78-2 dan Char Zaku II

Saya sebenarnya enggak tahu Gundam Converge itu apa. Bahkan google-ing saja enggak, karena saya memang enggak pernah menaruh minat khusus. Tapi karena tawaran diskon yang menggoda dan untuk menjawab rasa penasaran tentang apa itu Gundam Converge, plus ada RX-78 di situ, ya sudahlah saya menyisihkan sedikit uang jajan saya untuk meminang 1 model saja dahulu.

Enggak perlu sampai di rumah, di food court mall tersebut saya langsung membongkar kotak Gundam Converge yang sudah saya beli. Isinya ternyata enggak Gundam mini yang bisa langsung dipajang seperti action figure, tapi masih harus sedikit dirakit. Walau memang cuma nempel-nempelin sedikit bagian saja. Dan sesuai dengan box-art, dalam satu kotak Gundam Converge limited ini terdapat 2 unit Gundam, yaitu RX-78 dan Zaku II. Selain itu, ada juga stand base transparant untuk membantu kedua Gundam ini berdiri.

Berbeda dengan Gundam dalam kategori model kit, rasanya Gundam ini terbuat dari bahan karet atau sejenis. Soalnya lentur-lentur gimana gitu. Bagian tangan ternyata dapat dilepas dan digerakkan untuk diatur pose sesuai keinginan. Sayangnya, beberapa part bagian seperti tangan dan shield agak mudah copot. Akhirnya saya lem saja menggunakan lem super walau harus mengorbankan jadi tidak bisa dirubah-rubah posenya. Anyway, lem super atau cement Tamiya yang saya gunakan untuk merekatkan part ini dan juga tanduk si Zaku barusan ternyata melarutkan lapisan cat yang ada. Jadi hati-hati kalau mau mengikuti jejak saya. Aplikasikan tipis dan sedikit saja.

Untuk kolektor, mungkin Gundam Converge ini sesuatu yang menarik. Lucu juga sih melihatnya, imut-imut garang gimana gitu. Apalagi harganya sebelum diskon cukup mengejutkan, 350 ribu rupiah. Salah satu penjual online ternama malah menjual versi ini seharga 390 ribu rupiah. Tapi untuk saya, meski saya lebih tertarik dengan versi RG atau MG, Gundam Converge ini lumayan lucu untuk dijadikan objek foto atau mungkin kalau sudah bosan bakal saya jadikan gantungan kunci. Enggak menyesal juga karena saya membelinya seharga 100 ribu rupiah saja. Tapi kalau mau beli lagi, mungkin langsung model kit saja deh.

Tulisan Lainnya

Mengenal Jenis Cat Untuk Model Kit Plastik Beberapa waktu lalu saya pernah membuat post tentang perlengkapan hobi model kit untuk pemula. Dan saya juga sudah sampai di tahap 95% untuk menyelesa...
5 Model Kit Gundam Favorit Yang Jadi Incaran Sejatinya, saya bukan modeler atau perakit model kit Gundam. Bahkan, saya bukan perakit model kit apa-apa. Cuma suka aja lihat hasil model kit yang di...
WIP Aoshima Model Kit Toyota Corolla KE70 Early Ve... Beberapa waktu lalu saya pernah membuat postingan tentang peralatan merakit model kit untuk pemula. Alasannya sederhana, karena saya memang sedang ing...
Model Kit Gundam, Pilih Asli BANDAI Atau Palsu / B... Meski bukan builder atau modeler, saya senang melihat orang merakit dan memodifikasi model kit Gundam mereka. Hal itu bisa saya dapatkan dengan cara m...

Leave a Reply