The Walk (2015)

Review Film – Jujur saja, mungkin kemarin-kemarin tak banyak orang yang mengenal nama Philippe Petit. Termasuk juga saya. Namun belakangan foto Philippe Petit dan kisah hidupnya mulai banyak bermunculan di akun-akun sosial media populer. Dan bisa dipastikan, hal ini dikarenakan sebuah film berjudul The Walk yang diangkat dari kisah nyata seorang Philippe Petit pada tahun 1974 yang lalu.

Review Film Terbaru The Walk 2015

Review Film The Walk – Untuk yang tidak mengenal sosok Philippe Petit tidak perlu khawatir. Meski masuk kategori sebagai film biography tentang bagaimana Petit menaklukkan WTC, Robert Zemeckis yang mengarahkan film The Walk seperti berusaha untuk menampilkan pengenalan awal yang cukup tentang siapa Petit, bagaimana kisah masa kecilnya dan bagaimana ia mengenal atraksi berjalan di tali. Di awal film, loncatan-loncatan momen yang disusun si sutradara terangkai dengan jelas untuk membentuk karakter Petit. Terkadang, ada lompatan-lompatan yang seperti membuat cerita film seperti terputus. Tapi tidak terlalu sulit untuk dipahami karena alur cerita flashback ini rasanya konstan dan tidak dibuat maju mundur.

Bagian setelah pertemuan Petit dengan Annie dan Papa Rudy barulah saya bisa merasakan pace yang konstan dengan alur yang menarik. Tidak terlalu cepat dan lompat-lompat, tapi juga tidak berjalan pelan hingga membuat saya bosan. Tahapan latihan yang dilakukan Petit, perkenalan dengan teman-teman dan kru yang akan membantu rencananya sampai proses eksekusi berjalan dengan mulus dan menarik. Tak cuma itu, penonton juga ikut diajak merasakan luapan emosi yang dirasakan Petit sebelum atraksi yang paling ia rencanakan tersebut.

Film The Walk berdurasi 120 menit yang penuh dengan rasa penasaran, perselisihan, romantisme hingga komedi. Kemudian pada klimaksnya, film ini menghadirkan rasa tegang atas sebuah tindakan ilegal yang mungkin akan kita rasakan jika kita menonton film dengan cerita-cerita macam Italian Job atau bahkan Tower Heist. Dan semua rasa was-was itu akhirnya ditutup dengan rasa terkagum-kagum akan keberhasilan Petit dalam meraih impiannya melakukan sesuatu yang mungkin tidak pernah bisa kita bayangkan untuk dapat dilakukan!

Pemain film The Walk – Pemeran utama film ini adalah Joseph Gordon-Levitt yang memerankan Philippe Petit, yang secara ajaib mungkin sedikit menipu penonton dengan akses prancis yang sangat kental. Sampai-sampai saya sempat berfikir jika Levitt ini sebenarnya orang Prancis atau mungkin menggunakan dubber. Selain Levitt, masih ada beberapa nama besar seperti Ben Kingsley dan Charlotte Le Bon.

Cuplikan Trailer Film The Walk 2015

Anyway, film The Walk juga jadi pengalaman pertama saya menonton di theater IMAX 3D. Saya yang dasarnya memang cukup kagetan dan agak takut dengan ketinggian, jadi lumayan merasakan sensasi wah dari IMAX di film ini. Khususnya ketika adegan dimana Levitt melihat ke bawah dari puncak WTC yang membuat saya merasa gamang. Atau ketika penyeimbang yang digunakan Levitt terjatuh dan saya refleks menggeser kepala karena merasa hampir menimpah saya. Sepertinya bukan main-main ketika pihak studio menyebutkan kalau film ini memang didesain untuk studio bertekhnologi IMAX.

Overall, review film The Walk dari blog iKurniawan ini rasanya cukup segini saja. Film yang sangat menarik dengan kisah cerita yang sangat mengagumkan. Saya enggak bisa membayangkan ‘kegilaan’ orang-orang yang saat itu ada di puncak WTC, membantu bagaimana Petit melakukan aksinya. Untuk yang berharap tentang film yang memiliki pesan dan motivasi, dari kisahnya saja kita sudah tahu kalau film ini mengajarkan tentang buah yang manis dari sebuah dedikasi dan perjuangan untuk meraih mimpi. Score 7.6/10 untuk The Walk!!!

Tulisan Lainnya

Film Let’s Be Cops (2014), Komedi Berbalut A... Pertama, gue masih takjub sama judul postingan yang gue buat ini. Kesannya kok udah kayak situs review film kelas wahid, cuma emang dengan dramatisasi...
Review Film Wreck It Ralph, Si Jahat Yang Ingin Ja... Ada yang menarik waktu saya menonton trailer film Big Hero 6 kemarin. Di trailer itu, ada bagian yang menyebutkan "from the creator of Frozen and Wrec...
Film Catch Me If You Can (2002), Kisah Nyata Penip... Karena belum ada film baru yang sudah saya tonton, jadi kita mencoba flashback ke beberapa tahun lalu. Untuk mode flashback ini, saya mau review cerit...
Jack Reacher (2012) Di salah satu titik keramaian di pusat kota, secara tiba-tiba ada penembak misterius yang melakukan pembunuhan atas 5 orang secara acak dan membabi bu...

One Response

Leave a Reply

badge