Rudderless (2014)

Unik. Mungkin itu kesan yang saya dapat dari film kurang terkenal berjudul Rudderless ini. Dirilis tahun 2014, sampai sekarang bahkan tidak terlalu banyak review atau berita tentang film ini. Mungkin karena film ini dibuat untuk kelas festival, bukan menyasar pasar Box Office dunia. Padahal aktor dan aktris yang berperan di film ini bukan ‘kacangan’ amat. Beberapa sudah sering muncul di film besar seperti Billy Crudup, Anton Yelchin dan bahkan Selena Gomez. Meski cuma muncul beberapa kali saja.

Alasan saya menyebut film ini unik mungkin karena dari sebuah tragedi yang menyedihkan, film ini mencoba mengambil sudut pandang yang berbeda. Sulit untuk menceritakan bagaimana sinopsis atau cerita film Rudderless ini tanpa memberikan bocoran, spoiler bahkan element of surprise itu sendiri. Tapi saya akan mencoba menulis sedikit dengan menyamarkan bagian-bagian yang bikin kita bergumam ‘ohhh….ternyata‘.

Cerita Film Rudderless Bagus Enggak Sih

Cerita Film Rudderless (2014)

Sam adalah seorang ayah yang anaknya meninggal dunia dalam kejadian penembakan di perpustakaan kampus di mana anaknya kuliah. Selama dua tahun Sam terpuruk dan melarikan diri dari kehidupannya. Entah karena ingin melupakan apa yang telah terjadi, atau karena tidak sanggup menghadapi kehidupannya tersebut. Akhirnya Sam memutuskan untuk hidup seorang diri dan bahkan menyendiri.

Hingga kemudian Sam mendapatkan berbagai CD lagu ciptaan anaknya tersebut sebagai peninggalan. Sam mencoba membawakan lagi tersebut di panggung bar dekat rumahnya (atau kapalnya). Ternyata lagu yang ia mainkan mencuri perhatian Quentin, seorang pemuda yang ingin menjadi musisi. Dari situ, mereka akhirnya membentuk band yang bernama Rudderless.

Oke, sepertinya sinopsisnya cukup segitu aja. Meski terlihat sederhana, tapi itu benar-benar saya ringkas dan saya mencoba menyembunyikan hal yang menjadi konflik utama. Cerita yang membuat saya tertarik, berfikir dan mungkin ada pesan-pesan yang masing-masing dari kita dapat ambil untuk direnungkan. Serius, film ini dari segi cerita benar-benar menarik!

Download Film Rudderless Bahasa Indonesia

Genre film ini sendiri mungkin masuk ke drama yang dibumbui dengan komedi ringan serta dimeriahkan dengan music yang enerjik. Komedinya bukan komedi kotor atau kasar seperti film TED 2, tapi lebih ke komedi percakapan dan kejadian-kejadian menggelikan yang biasa terjadi di antara kita dengan teman-teman. Cukup cerdas, dan cukup sukses untuk membuat saya tersenyum. Bahkan tertawa lepas.

Overall, untuk sebuah film yang mungkin berbudget rendah dan tidak terkenal, film Rudderless ini bisa dibilang film yang harus ditonton. Cerita yang ringan tapi sarat pesan moral, diisi komedi yang ringan tapi kemudian sisi tragedi yang mengajak kita terdiam, ditambah dengan musik yang mengajak kita bersenang-senang. Film Rudderless seperti film drama yang komplit untuk ruang keluarga anda. Rasanya skor 7.8/10 bisa jadi ungkapan kepuasan yang pas. Highly Recommended deh untuk penggemar film drama komedi!!!

Related Articles

2 thoughts on “Rudderless (2014)”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *