Review: Edelmann Coffee Dripper COD-70

Pernah denger tentang vietnam coffee atau kopi khas Vietnam?
Sebenarnya jenis ini sudah beberapa tahun yang lalu menjamur di Indonesia. Dan saya sudah pernah mencoba mencicipi kopi yang dibuat dengan metode ini. Kopi Vietnam adalah kopi yang dibuat dengan menggunakan sebuah alat yang disebut coffee dripper dan dicampur dengan creamer atau susu kental manis. Dengan cara ini, rasa kopi yang dihasilkan akan lebih kuat dan lebih memunculkan karakter rasa kopi itu sendiri.

Setelah beberapa kali mencicipi kopi vietnam atau kopi hitam dengan menggunakan dripper di kedai kopi, kali ini saya berkesempatan untuk mencoba langsung membuat kopi dengan coffee dripper. Ada banyak jenis coffee dripper yang bisa kita beli di pasar atau toko online. Untuk produk Edelmann sendiri, ada yang ukuran 70ml (COD-60) dan ukuran 120ml (COD-70). Tapi yang saya coba ini adalah Edelmann Coffee Dripper dengan kode COD-70.

Review Coffee Dripper Edelmann COD-70

Edelmann COD-70 ini terdiri dari 3 bagian. Satu buah body atau cangkir dripper yang menyatu dengan tatakannya, satu buah tutup, serta satu buah tamper yang berguna untuk meratakan serta memadatkan kopi yang akan diseduh. Untuk jenis Edelmann COD-70, tamper menggunakan as atau poros yang lebih memudahkan untuk meratakan permukaan kopi dan juga mengatur kepadatannya.

Dari segi tampilan, Edelmann Coffee Dripper COD-70 ini menurut saya terlihat cukup mewah dan enggak terlihat murahan. Desainnya yang simpel dan tidak banyak ornamen justru membuat coffee dripper ini terlihat lebih elegan. Hanya saja karena bahannya yang solid di semua bagian, gagang atau handle coffee dripper ini juga jadi ikut-ikutan panas saat digunakan.

Untuk kualitas bahan, plat yang digunakan menurut saya cukup tebal dan tidak berkesan murahan. Sambungan bagian-bagiannya juga kuat dan enggak goyang-goyang. Berbeda dengan yang saya coba di salah satu kedai kopi, tutup Edelmann coffee dripper ini lebih presisi dan menutup dengan sempurna. Tampernya sendiri karena menggunakan model as, jadi berasa lebih kokoh saja.

Review Pengalaman Penggunaan Edelmann Coffee Dripper

Dari pengalaman saya bikin kopi menggunakan coffee dripper ini, ternyata bikinnya enggak ribet-ribet amat. Mungkin karena bagian-bagian yang sedikit, jadi buat saya sangat memudahkan. Tampernya yang menggunakan sistem as atau poros, jadi membuat proses meratakan kopi yang akan diseduh ini lebih cepat dan mudah rata. Kepadatan kopi yang diinginkan juga gampang diatur dengan mengencangkan baut as tamper itu tadi. Tinggal diputar saja searah jarum jam.

Minusnya, seperti yang saya sebutkan di atas kalau gagangnya juga ikutan panas saat digunakan. Untungnya, ketika semua kopi sudah menetes dan habis, gagangnya sudah tidak terlalu panas lagi. Namun karena tutupnya juga tidak ada pegangan, jadi agak sulit juga mau membuka untuk mengintip apakah kopinya sudah menetes semua karena memang benar-benar panas.

Kayaknya segitu aja review saya tentang coffee dripper Edelmann COD-70 ini. Untuk penggunaan dan cara membuat vietnam coffee, nanti saya buat post lagi. Sama video juga kalau jadi. Overall, dengan selisih harga yang hampir 2x lipat produk yang kualitasnya standar, rasanya tidak ada salahnya memilih produk ini saja. Apalagi kalau kamu setiap bikin kopi sukanya yang satu gelas ukuran sedang gitu.

Gimana, tertarik mau beli coffee dripper juga nggak nih?


Tulisan Lainnya

Menikmati Kopi Asli Indonesia Di Tanamera Coffee Jujur saja, saya bukan coffee enthusiast. Tapi lebih ke arah suka dengan aroma harumnya, suka rasa pahit dan manisnya. Yah kadang minum kopi juga buat...
Belajar Buat Kopi Menggunakan Classic Coffee Dripp... Beberapa waktu lalu, saya pernah membuat review tentang classic coffee dripper merk Edelmann (baca: Review Edelmann Coffee Dripper). Nah, dari proses ...
Menikmati Kopi Toraja Dari Koffie Fabriek Aroma, B... Saya suka minum kopi. Tapi saya juga punya masalah dengan kopi. Lebih tepatnya, perut saya selalu berontak dan ngajak ke 'belakang' setiap kali saya m...
Pengalaman Pasang Internet FirstMedia Untuk Kamar ... Naiknya harga paket internet mobile di beberapa operator ternyata sukses bikin saya lumayan pusing juga. Kalau harga naik dengan kapasitas kuota yang ...

No Responses

Leave a Reply