Jack Reacher (2012)

Di salah satu titik keramaian di pusat kota, secara tiba-tiba ada penembak misterius yang melakukan pembunuhan atas 5 orang secara acak dan membabi buta. Hampir semua tembakannya tidak ada yang meleset dan bisa dipastikan kalau pelakunya adalah seorang penembak dengan skill tinggi. Dan dari semua petunjuk tersebut, pelaku yang bernama James Barr (Joseph Sikora) dengan mudah tertangkap. Anehnya, James Barr tak menyangkal sedikitpun dan siap menerima hukuman mati. Dia hanya minta agar polisi mencarikan seseorang bernama Jack Reacher.

Jack Reacher (Tom Cruise) rupanya seorang mantan militer yang mengenal pelaku penembakan tersebut. Dan dia berjanji akan memberikan hukuman yang pantas atas perbuatan Barr, dan juga masa lalunya. Disini, Jack harus berhadapan dengan pengacara yang ditunjuk untuk membela Barr, Helen (Rosamund Pike). Meski Helen bertugas untuk membela Barr, namun dia merasa Jack adalah kunci untuk keringanan hukuman klientnya. Hingga Jack merasa ada yang aneh. Ia merasa ini bukanlah pembunuhan acak karena kegilaan biasa. Jack merasa, ada sebuah rencana besar di balik semua kejadian ini.

Review Cerita Film Tom Cruise is Jack Reacher

Itu tadi mungkin sedikit sinopsis dari film berjudul Jack Reacher yang dirilis pada tahun 2012 lalu. Film dengan genre action-crime ini memang saat itu cukup menghebohkan penggemar film. Mungkin karena pemeran utama di film ini adalah aktor kawakan Tom Cruise yang setahun sebelumnya baru saja kembali menuai sukses dengan franchise film kenamaan Mission Impossible : Ghost Protocol.

Film Jack Reacher menawarkan aksi yang mungkin tidak terlalu intens untuk sebuah film dengan genre action. Disutradarai oleh Christopher McQuarrie, film ini lebih menonjolkan sisi crime dan misteri tentang apa plot cerita film itu sendiri. Tokoh Jack Reacher yang menjadi inti cerita juga sukses digambarkan sebagai tokoh yang misterius dengan skill yang tidak bisa ditebak. Beberapa aksi yang melibatkan dirinya justru terlihat dilakukan sangat dingin dan seperti tanpa ekspresi. Namun bukan berarti Jack Reacher lantas menjadi orang serba bisa seperti yang kita lihat pada tokoh Ethan Hunt di film Mission Impossible. Agak mirip, hanya lebih ‘manusia’ saja.

Film Tom Cruise Jack Reacher Bahasa Indonesia

Untuk cerita film ini seperti yang sudah nampak dari sinopsisnya. Cukup ringan dan seperti tidak ada twist yang membingungkan. Tapi seperti film action-crime yang sudah-sudah, akan muncul beberapa kejutan yang sedikit tidak terduga dan memutar arah cerita. Sengaja saya bilang sedikit, karena di tengah film yang merinci setiap kejadian ini sudah dibocorkan oleh Jack sendiri kemungkinan-kemungkinan apa yang ada. Hanya saja, kita diajak menduga tentang kapan dan siapa.

Overall, film Jack Reacher memang punya daya tarik sendiri untuk sebuah film aksi dengan dominasi misteri yang bikin penasaran. Meski aksinya sendiri tidak seheboh film Tom Cruise nan fenomenal Mission Impossible itu, tapi Christopher McQuarrie seperti sukses mengajak kita berfikir dan menantikan setiap kejutan yang muncul. Jadi tak heran jika kemudian Paramount Pictures dan Skydance Productions sudah memastikan akan membawa kembali Tom Cruise untuk sequel mereka Jack Reacher 2 pada 2016 nanti. Dan angka 7.2/10 rasanya pantas untuk film yang mungkin lebih tepat jika saya sebut drama-crima ini.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *