Resep Masak : Membuat Sendiri Kentang Goreng Renyah

Kentang goreng atau french fries bisa jadi merupakan salah satu makanan favorit kalau kita sedang berkunjung ke restoran fast food, kafe atau sebagai cemilan di ruang karaoke. Untuk membuat sendiri juga relatif mudah, tinggal membeli bahan kentang french fries siap goren yang ada di mall. Biasanya tersedia dalam kemasan dengan brand terkenal, atau bisa juga beli versi curah. Namun kelemahannya jelas, harganya relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan kentang segar yang masih bulat.

Membuat sendiri kentang goreng ala KFC atau McD ternyata tidak terlalu sulit, hanya perlu rajin mencoba saja untuk mendapatkan feelnya. Biasanya kalau belum terbiasa memang hasilnya kentang menjadi terlalu lembek, atau bisa juga terlalu berminyak. Selain itu, sulit mendapatkan taste yang mirip dengan di fast food dikarenakan kentang kita memiliki kadar air yang lebih banyak jika dibandingkan dengan yang digunakan oleh restoran-restoran tersebut.

resep membuat kentang goreng KFC

Tips Membuat Kentang Goreng French Fries Di Rumah

Ada beberapa cara untuk membuat kentang goreng ala fast food di rumah dengan versi murah. Cara pertama adalah dengan membeli kentang segar, lalu potong-potong kentang tersebut menjadi bentuk yang diinginkan. Biasanya adalah dengan membentuk panjang-panjang layaknya french fries. Jika ingin tampilan yang menarik, dapat menggunakan pisau khusus agar irisan kentang yang dihasilkan bergelombang.

Setelah itu rendam potongan-potongan kentang tersebut ke dalam air garam selama kurang lebih 5 menit. Jika sudah, keluarkan dan tiriskan hingga kering.

Selanjutnya adalah menyiapkan minyak yang sudah panas (200 derajat). Minyak yang digunakan harus dalam jumlah cukup banyak, setidaknya cukup untuk merendam kentang yang ingin kita goreng. Jika sudah panas, maka masukkan kentang ke dalam minyak dan harus benar-benar tenggelam dalam minyak (deep frying). Goreng kentang hingga setengah matang, kemudian angkat dan tiriskan, dapat menggunakan tissu agar lebih cepat kering.

Setelah minyak pada kentang setengah matang itu kering, masukkan kembali kentang ke dalam minyak panas. Baru kemudian goreng hingga matang. Jika sudah coklat keemasan, angkat dan tiriskan. Bubuhi garam atau bumbu yang ingin digunakan jika perlu. Maka kentang goreng french fries ala KFC dan McD anda sudah siap untuk dinikmati.

Bagaimana, tertarik mencoba?
🙂

Tulisan Lainnya

Resep : Membuat Sendiri Es Kelapa Muda Segar Es kelapa muda mungkin bisa dibilang sebagai es yang paling laris di Indonesia, ya setidaknya di sekitar saya. Air kelapa yang segar, ditambah dengan ...

Leave a Reply

badge