PowToon, Bikin Video / Slide Presentasi Jadi Keren dan Menarik

Di tempat kuliah, hampir semua tugas berkaitan dengan komputer dan internet. Jadi jangan kaget kalau ternyata mahasiswa-mahasiswanya sangat kreatif dalam menemukan dan berbagi hal-hal menarik yang mungkin baru saya ketahui. Dulu di awal kuliah, saya jadi kenal yang namanya prezi, w3school dan banyak lagi. Menjelang akhir kuliah ini, saya dapat hal baru untuk membuat presentasi lebih menarik. Namanya PowToon.

PowToon adalah sebuah website di mana kita bisa membuat slide atau video kreatif yang kita butuhkan untuk presentasi. Di sini, sudah disediakan berbagai jenis template yang bisa kita pakai dengan bebas tanpa harus membayar sepeserpun. Yups, PowToon ini bisa kita gunakan secara gratis. Meski begitu, untuk menggunakan beberapa fitur premium, kita harus menjadi premium member juga. Yang artinya, ya kita harus bayar.

tips membuat video slide presentasi menarik

Menurut landing page-nya sendiri, PowToon ini sudah digunakan oleh beberapa perusahaan besar kelas dunia dan juga ribuan perusahaan kecil dan menengah. Meski terdengar cuma promosi saja, tapi setelah saya mencoba fiturnya, rasanya wajar jika banyak pebisnis yang menggunakan PowToon. Penggunaannya mudah, fiturnya banyak, slide atau video yang dihasilkan juga memiliki visual yang menarik dan tidak membosankan.

Untuk jadi pengguna PowToon juga cukup mudah kok. Kita tinggal membuka websitenya di www.PowToon.com, lalu melakukan pendaftaran seperti biasa saja. Saya sendiri memilih untuk menghubungkan dengan akun sosial media, malas isi-isi kolom lagi. Jadi biar cepat saja. Selanjutnya, ya tinggal pakai saja.

Di awal, kita akan memilih template yang akan kita pakai terlebih dahulu. Setelah itu, PowToon akan memberikan tutorial singkat tentang cara membuat slide atau video presentasi dengan menggunakan berbagai fitur yang ada. Tutorialnya menurut saya kurang detail, tapi masih bisa dipahami. Selanjutnya ya tinggal coba-coba saja.

Beberapa kesulitan yang saya alami di awal saat membuat video presentasi di PowToon ini adalah menentukan timing antara kemunculan objek dan tulisan yang satu dengan lainnya. Tapi setelah mencoba selama kurang lebih satu jam, secara perlahan akhirnya saya mulai terbiasa saja. Mungkin cara menentukan timing tersebut agak-agak mirip dengan saat membuat video di Camtasia saja. Hanya saja, disini tampilannya lebih sederhana. Untuk melihat contoh hasil yang saya buat, silahkan lihat videonya di sini : Tips Untuk Membeli Smartphone.

Nah, kalau kamu lagi mencari tools untuk membuat video slide presentasi yang menarik, mungkin kamu bisa cobain yang satu ini. Meski mungkin perlu penyesuaian, tapi sebanding kok dengan hasilnya. Btw, untuk yang free-member, video hasil dari PowToon ini enggak bisa diunduh ke komputer kamu sendiri. Jadi saran saya, pertama upload saja ke YouTube terlebih dahulu. Nanti dari YouTube, baru kamu unduh ke komputer kamu. Sayangnya, resolusi yang kita dapat sebagai free-member hanya 480p, belum HD 720. Tapi, namanya juga gratisan. Gak mungkin donk dapat semua fiturnya.

Anyway, tadinya saya mau membuat video tutorial singkat mengenal fitur yang ada di PowToon serta cara membuat video presentasi dengan menggunakan PowToon ini. Tapi sayangnya, internet saya disini kurang cepat untuk mengakses secara lancar. Maklum, kos baru, belum tau sinyal apa yang paling kencang disini. Tapi nanti saya usahakan untuk bikin deh. Semoga bermanfaat ya!

Related Articles

6 thoughts on “PowToon, Bikin Video / Slide Presentasi Jadi Keren dan Menarik”

  1. Saya suka aplikasi ini! Btw, powtoon ini ada masa habisnya gak? Kan kebanyakan aplikasi free trial gitu. Nah kalau Powtoon gimana? Thanks, ya, sdh sharing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *