Pilihan Velg Retro Untuk Mobil Corolla DX

Untuk yang suka merubah penampilan mobilnya, baik mobil retro atau mobil terbaru, velg biasanya jadi sasaran pertama untuk diganti. Suka atau enggak, tapi harus diakui memang velg punya peranan penting untuk merubah penampilan sebuah mobil. Begitu juga untuk mobil uzur atau retro. Dalam hal ini, saya ngomongin velg untuk Corolla DX.

Dari liburan lebaran kemarin, saya memang sibuk gerilya tanya teman-teman mengenai velg yang pas buat DX. Pilihan saya sih waktu itu maunya ring 13, lebar 7 dan 8 atau 8 dan 9. Biar belang dan pas di body mobil. Sayangnya sulit menemukan velg dengan spesifikasi tersebut, kecuali custom sendiri, velg three pieces (tripis) atau velg ring gede keluaran baru. Dan saya enggak mau ini.

Karena dikitnya pilihan dan terbatasnya budget, maka akhirnya pilihan saya jatuh ke velg TRD Tosco 13 inchi dengan lebar 8. Agak diluar target, tapi seenggaknya bayangan akhir tentang bentuk mobil jadi sesuai aja. Tinggal melengkapi sedikit aksesoris di eksterior, benahin interior, maka peremajaan si DX ini sudah bisa dibilang selesai dan tinggal pakai saja.

Nah, untuk teman-teman yang masih sama-sama pemula seperti saya, berikut ini saya kasih beberapa velg retro yang mungkin bisa diincar kalau kamu mau merubah tampilan Corolla DX. Atau mungkin bisa juga untuk mobil retro yang punya PCD sama, 4 x 114.3. Anyway, saya enggak mau ngomongin banderol harga ya. Itu sih selera penjualnya saja!

Velg Kaleng Asli mobil retro Toyota Corolla DX

Velg Kaleng Ori Corolla DX
Untuk yang doyan maen orisinil-an, velg kaleng asli Corolla DX tentu tetap jadi pilihan favorit. Di beberapa penjual, velg ini masih bisa didapet kok lengkap dengan dop Toyota merah yang asik banget itu. Cuma memang, untuk sebuah velg kaleng, harganya lumayan ‘cihuy’. Karena saya enggak main orisinilan, velg ini enggak saya lirik sama sekali. Walau setelah melihat aslinya yang mulus di rumah salah satu kawan, jujur saja agak tergoda. Hehhee…

Velg Retro SSR Star Series

Velg SSR Series
Err…untuk yang senior mungkin velg SSR bukan lagi barang baru. Tapi untuk yang nubie, pemula, doyan liat aja dan budget terbatas, ini SSR series cukup dilirik aja deh untuk dinikmati. Modelnya keren-keren, contohnya SSR Star Shark dari Star Series seperti gambar di atas. Tapi harganya sudah pasti juga keren. Wajar aja, barang sepertinya memang langka dan banyak dijadikan koleksi. Sempat nemu penjual yang punya SSR MKIII. Harganya….mending gak usah disebut deh. Hahahaha…

Velg Retro Rota Hayashi Street Corolla DX

Hayashi Street / Rota
Bisa dibilang ini velg di DX yang pertama saya lirik karena melihatnya terpasang di KE70 warna merah milik salah satu drifter di luar negeri sana. Kalau enggak salah orang Australia. Harganya (entah yang Rota atau Hayashi) masih lumayan terjangkau, walau harus angkat budget sedikit (waktu itu tahun 2012). Tapi karena R15 dan rupanya belakangan harganya mulai melambung, saya coret dari incaran.

Jual Velg Enkei Compe Murah

Velg Enkei Compe, Chet0 atau Formula
Velg ini bisa dibilang velg retro lumayan diminati. Enggak cuma Corolla DX, banyak kok mobil lain yang pakai velg jenis ini. Umumnya velg ini dipakai untuk mereka yang mau mobilnya punya konsep retro-street-racing, atau ya gitulah. Harga velg ini juga bervariasi. Lagi-lagi tergantung dengan ukurang ring yang tersedia di pilihan R13 dan R14, lebar velg dari 6 hingga 8 inchi, sampai dengan ET velg tersebut. Anyway, kemarin sempat hampir jadi memakai velg ini dengan lebar 7 dan 8 buat si DX. Sayangnya belum jodoh, jadi ya dilepas lagi.

Velg Retro JDM Enkei Apache I untuk Corolla DX

Enkei Apache I
Ini velg three pieces atau tripis pertama yang membuat saya tertarik. Sempat ngeliat secara langsung di mobil KE30 warna coklat di daerah Stadion Pahoman lengkap dengan dop, bikin saya kesengsem sama ni velg yang bisa dicustom lebar sesuai keinginan. Velg ini lumayan langka dan susah didapat. Sayangnya, untuk lebar custom, velg ini jauh di atas budget saya. Jadi terpaksa minggir deh.

TRD Tosco
Velg R13 ini punya lebar 8 dab ET minus, yang bikin ban semakin keluar dari vender. Walau enggak keluar-keluar amat. Setelah lari kesana-kesini, akhirnya pilihan jatuh ke velg keluaran Toyota Racing Development ini. Sekarang, TRD ini sudah terpasang manis di DX saya. Kalau dipadukan dengan dop TRD cengkeh, velg ini bakal jadi cakep banget. Sayangnya saya belum dapet dop nya. Anyway, velg ini ada versi ‘rare’, yaitu yang punya lebar 9 inchi atau yang tulisannya bukan TRD, melainkan Tosco.

Enmaru Mesh
Kalau saya enggak salah, velg Enmaru Mesh ini punya ukuran spesifikasi mirip dengan TRD tosco. CUma saya kurang hapal detailnya. Velg ini cocok untuk yang mau keliatan JDM-retro dengan velg mesh atau model seperti jari. Harga juga enggak jauh beda dengan si TRD tadi. Hanya soal selera saja sepertinya.

Enkei Rally
Untuk yang mau mobilnya keliatan Rally Looks, velg ini bisa jadi pilihan utama. Sempat ditawari untuk memilih aliran tampilan ini, tapi saya tolak karena emang bukan selera saya. Soal ukuran dan harga, kurang tahu juga. Tapi kalau enggak salah, harganya masih lumayan terjangkau kok.

Velg Equip Retro Series
Velg yang mungkin jadi favorit banyak orang, termasuk saya. Kalau enggak salah, tersedia mulai ring 13 sampai 15 (atau lebih). Cuma yang pernah saya lihat terpasang di Corolla DX adalah R14 dan R15, baik yang original atau yang replika. Untuk yang original, harganya benar-benar bikin bengong. Sementara untuk yang replika, harga standar replika sekarang. Cuma kebanyakan R15, makanya saya enggak tertarik mau pakai.

Velg Kaleng Custom
Untuk yang mau velg dengan spesifikasi sesuai keinginan tapi budget terbatas, sebenarnya velg kaleng custom bisa dijadikan pilihan. Kita bisa pesan velg dengan ring yang kita mau, lebar velg yang kita butuhkan dan harganya masih di bawah 2 jutaan kalau enggak salah.

Velg Isse Racing Wheels
Nah, saya lupa velg yang satu ini. Kalau enggak salah sih ada yang R13 dan juga R14. Untuk yang R14 harganya lumayan, karena barangnya juga agak sulit didapat. Bisa dibilang, velg ini juga lumayan digandrungi. Walau jujur saja, saya belum pernah lihat ada DX yang pakai. Mungkin saya kurang piknik. Hehehe..

Watanabe
Nah, ini juga velg yang cukup laris dan diminati. Entah itu yang orisinil, atau replika sekalipun. Soal ukuran, jelas bervariasi. Tapi yang pakai replika, kebanyakan mengincar R15 karena memang terlihat pas sekali dengan body DX. Apalagi untuk yang sudah roll fender dan memilih R15 dengan tapak lebar. Dijamin, GAGAH!

Itu beberapa model velg retro yang banyak dipakai di Corolla DX. Sebenarnya masih ada banyak kok yang bisa dipilih dan dilirik. Contohnya saja Enkei AP Racing, Enkei Mosport, Shelby, Challanger atau velg lain yang memang fit to DX. Sekali lagi, ini soal selera dan aliran tampilan yang kita pilih. So, apa velg retro pilihan kamu?

p.s. Foto dari berbagai sumber. Maaf kalau ada yang kurang berkenan fotonya dicomot, silahkan tinggalkan komentar. Nanti dilengkapi lagi, nunggu koneksi internet ya bro.

Tulisan Lainnya

Tips Agar Aki Mobil Awet dan Tahan Lama Aki adalah salah satu komponen penting yang menjaga pasokan listrik untuk mobil, jadi penting sekali untuk menjaga kondisi aki. Selain itu, aki memang...
Mengatasi Overheat Untuk Mobil Jadul Saya punya mobil tua, yah masih semi bahan sih. Mobil saya ini berjenis sedan keluaran Toyota dengan seri Corolla KE70. Umumnya, jenis mobil ini diken...
Mobil Jadul Keren di Era 70 hingga 90-an Trend mobil jadul atau mobil retro sepertinya memang makin menjamur nih. Buktinya, makin banyak aja mobil tua yang sudah didandani ala anak muda jaman...
Honda BR-V, Compact SUV Baru Pesaing Terios-Rush? Di awal tahun 2015 lalu sebenarnya sudah santer terdengar kalau Honda sedang merancang produk baru mereka. Produk ini kabarnya merupakan pengembangan ...

Leave a Reply

badge