Pesta Drifter di Achilles Motorsport Festival Surabaya 2015

Gelaran nasional Achilles Motorsport Festival 2015 yang rencananya diselenggarakan di 3 kota akhirnya memasuki seri ke II yang dilakukan di Kota Surabaya. Bertempat di lapangan parkir barat Lenmarc Surabaya, acara ini dilakukan selama dua hari. Yaitu tanggal 15 dan 16 Agustus 2015. Meski bukan penggemar drift, saya menyempatkan untuk berkunjung ke lokasi sejak hari pertama.

Bisa dibilang, ini adalah pengalaman pertama saya ke event balap mobil drift. Apalagi event ini berskala nasional dan dihadiri oleh drifter ternama di Indonesia seperti Amandio, Lucky Reza dan juga Akbar Rais. Sebenarnya, saya juga enggak terlalu familiar dengan nama-nama tersebut. Hanya sering lihat nama mereka muncul kalau lagi baca berita otomotif, atau lihat poster lomba drift radio control dan mereka hadir sebagai jurinya.

Mogu-Mogu Achilles Motorsport Festival 2015 Surabaya

Hari pertama event ternyata merupakan tahap persiapan. Pengunjung bebas masuk ke arena dan melihat-lihat semua persiapan dan mobil peserta. Sayang saya datang di waktu yang kurang pas karena sesi latihan untuk kelas pro sepertinya belum dimulai. Untungnya saya masih terhibur dengan sesi latihan RC Drift yang juga akan digelar perlombaannya pada saat event berlangsung besok. Dan jujur saja, melihat mobil RC skala 1:10 dengan asiknya nge-drift sedikit menimbulkan racun. Ah, hobby mahal. CORET! hehehe..

Baru setelah maghrib sesi latihan untuk kelas pro dimulai. Dan arena seketika dipenuhi jeritan mesin, knalpot dan ban yang terbakar. Untuk pengalaman pertama menonton mobil drifting kelas pro, hal ini membuat saya kagum. Saya jadi berfikir, kalau latihannya saja seru begini, gimana nanti saat pertandingannya. Karena alasan tersebut, maka saya memutuskan untuk datang pada hari kedua pelaksanaan event.

Hari kedua ternyata benar-benar berbeda dengan hari pertama. Yang jelas, penonton sudah dikenai tiket masuk yang cukup menarik. Hanya dengan membawa dua botol minuman Mogu-Mogu yang dijual di depan pintu masuk, maka kita sudah boleh masuk ke arena. Di dalam, ternyata cukup ramai dengan macam-macam booth dan acara. Mulai dari promo ban dari Achilles dan Corsa selaku penyelenggara, lomba game balap yang digelar Shell serta beberapa booth lainnya. Selain itu, ada pula food trucks untuk pengunjung yang ingin mencari camilan.

Tapi lagi-lagi saya datang di waktu yang kurang pas. Sesi penyisihan sudah selesai dan menyisakan 4 besar yang akan digelar malam hari. Jadi saya harus menunggu malam hari sambil menyaksikan acara-acara lain yang digelar seperti Taxi Drift, Drift Battle antara mobil dan motor yang dilakukan Akbar Rais dan freestyler Wawan Tembong, hiburan band dan tentu saja kontes RC Drift yang digelar teman-teman RCDCS (Radio Control Drift Community Surabaya).

Malamnya, 4 besar drifter kelas pro kembali berlaga untuk merebut posisi juara seri II AMF2015 di Surabaya ini. Mereka adalah Evan, Reyhan, Lucky Reza dan Ikhsan Utama. Pertarungan sengit justru menurut saya terjadi saat empat besar, sehingga juri terpaksa mengambil keputusan “one more time” untuk mengulang sesi yang sudah dilakukan. Sampai akhirnya terpilih pertarungan final antara Ikhsan Utama dan Lucky Reza. Dan kalau tidak salah ingat, meski pertarungan terjadi sangat ketat dan saling tempel terjadi, juri hanya membutuhkan 1 race dan langsung memperoleh keputusan.

Sayangnya, untuk acara pengumuman juara dan penyerahan trophy di podium saya tidak bisa menyaksikan karena sudah terjebak di depan panggung utama. Daftar pemenang kelas pro kalau saya tidak salah berturut-turut dari Juara I adalah Lucky reza, Ikhsan Utama dan juga Evan. Dan rangkaian acara Mogu-Mogu Achilles Motorsport Festival 2015 Seri II Surabaya akhirnya ditutup dengan penampilan band Kotak.

Anyway soal konser penutup ini, penampilan Kotak, khususnya Tantri, benar-benar mengagumkan. Ditengah kehamilannya, si Vokalis ini tetap memiliki suara yang prima dan ikut berloncatan bersama para Kerabat Kotak. Sayangnya, baru lagu pertama yang dimainkan, saya dengan terpaksa harus keluar dari keramaian dan mundur ke posisi yang lebih kondusif. Bukan tanpa alasan, tapi di sekitar saya tercium kencang aroma alkohol.

Overall, sukses buat segenap panitia dan penyelenggara Achilles Motorsport Festival 2015. Acaranya benar-benar keren. Semoga event memunculkan makin banyak drifter Indonesia yang berprestasi. Dan semoga juga saya bisa makin sering hadir ke event seperti ini.

Tulisan Lainnya

Mengganti Dinamo Amper / Alternator Corolla DX Alternator mobil, atau banyak juga yang bilang dinamo cas atau dinamo amper, merupakan perangkat pada mesin mobil yang menghasilkan listrik AC dan sek...
Memilih Air Radiator Coolant, Untuk Mesin Lebih Di... Radiator merupakan bagian penting dari sistem pendinginan yang digunakan pada mesin mobil. Air dari radiator akan mengalir memasuki sistem pendinginan...
All New Toyota Yaris, Hanya Berubah Secara Model? Mobil Toyota Yaris mungkin bisa dibilang salah satu city car yang cukup laris karena bentuknya yang cukup menarik dan brand Toyota yang diusungnya. En...
Mobil Jadul Keren di Era 70 hingga 90-an Trend mobil jadul atau mobil retro sepertinya memang makin menjamur nih. Buktinya, makin banyak aja mobil tua yang sudah didandani ala anak muda jaman...

Leave a Reply