Pengalaman Pertama Kali Ke Jakarta Fair 2016

Dalam rangka ulang tahun kota Jakarta, maka setiap tahunnya di Ibukota Indonesia ini ada gelaran besar. Dulu gelaran ini sering dikenal dengan nama Pekan Raya Jakarta atau PRJ. Tapi karena berbagai hal, plus juga ternyata berawal dari sejarah asal muasal berdirinya, sekarang event ini dikembalikan lagi menjadi bernama Jakarta Fair. Hmm…kayaknya sih gitu ya. Saya juga jujur kurang tahu. Karena hanya mendengar dari berita dan liputan-liputan saja.

Setelah bertahun-tahun digelar, akhirnya tahun ini saya berkesempatan untuk melihat secara langsung seperti apa sih namanya Jakarta Fair itu. Gelaran Jakarta Fair 2016 ini dimulai dari 10 Juni 2016 sampai 17 Juli 2016. Sebagian besar waktu gelaran memang bertepatan dengan bulan suci Ramadhan. Jadi sudah pasti kalau puncak keramaian pengunjung ada di jam-jam buka puasa plus weekend.

Pengalaman Main-Main Ke Jakarta Fair 2016

Ada Apa Saja Di Jakarta Fair 2016?

Sejak awal dibuka pada 10 Juni 2016 lalu, sampai saat ini saya sudah dua kali berkunjung ke Jakarta Fair 2016. Alasan kedatangan pertama adalah penasaran dengan bentuk Jakarta Fair itu seperti apa. Alasan untuk kedatangan kedua, karena kurang puas dan mau nonton konser yang kebetulan pada hari itu adalah konser Band Naif.

Dari kedua kedatangan ke Jakarta Fair 2016, saya mungkin akan bilang kalau di event ini kita mau cari apa juga ada. Istilahnya, ini seperti pameran plus pasar malam super besar yang digabungin menjadi satu. Jadi, apa yang ada di pasar malam, dan apa yang biasanya ada di pameran, bakalan ada di Jakarta Fair ini. Misalnya saja berbagai jajanan, shopping event dan mainan anak-anak seperti di pasar malam. Kemudian pameran dari elektronik, otomotif, sampai furniture dan perlengkapan rumah tangga juga ada. Dan hebatnya lagi, sebagian besar dalam status harga promo!

Selain semua hal-hal yang sudah disebutkan itu, ada juga berbagai UKM yang bergabung di Jakarta Fair. Enggak cuma UKM lokal, Jakarta Fair juga menampilkan berbagai hal ciri khas dari sebagian besar propinsi yang ada di Indonesia. Mulai dari Aceh sampai ke Indonsia Bagian Timur, yang kebetulan saya cuma melihat stand Nusa Tenggara saja.

salah satu spot teramai, gadget dan elektronik
salah satu spot teramai, gadget dan elektronik

Belanja – Jajan – Makan – Have Fun!

Yups, mungkin Jakarta Fair 2016 ini cocok banget kalau disebut tempat asik buat belanja, jajan, makan-makan sekaligus have fun. Rasanya kalau main ke Jakarta Fair, saya harus menjaga dompet baik-baik. Selain untuk menghindari copet, tapi juga untuk menahan godaan barang diskonan yang benar-benar menggiurkan. Sejauh ini saya cukup cuma belanja parfum dan powerbank saja. Godaan laptop gaming dan pakaian branded serba diskon itu masih ketahan!

Selesai muter-muter cuci mata dan jajan-jajan, maka sebelum pulang saatnya untuk have fun. Nonton konser artis nasional di panggung utama jelas jadi pilihan. Konser ini sendiri rasanya hampir ada setiap hari. Tinggal kita memilih saja, mau datang dan nonton konsernya siapa gitu!

Jadwal Konser Band Di Jakarta Fair 2016

Makin ke belakang, antusias pengunjung juga sepertinya makin tinggi. Waktu datang pertama kali, saya datang di hari ke-5 dan menurut saya agak-agak sepi. Bahkan beberapa stand masih kosong. Tapi ketika saya datang kemarin di hari ke 15, pengunjung beneran membludak. Hujan deras yang membuat beberapa area menjadi tergenang saja tidak menyurutkan minat pengunjung. Enggak kebayang deh nanti kalau sudah di luar bulan Ramadhan. Mungkin weekend bisa jadi lautan manusia yang padat merayap!

Sudah separuh jalan acara Jakarta Fair 2016, rasanya masih kepingin saja untuk kembali main-main ke Jakarta Fair. Mungkin menyesuaikan sama jadwal konser di Jakarta Fair 2016 saja. Biar bisa lihat penampilan band idola langsung di atas panggung. Enggak cuma di layar kaca, atau streaming di Youtube. Dan semoga, tahun berikutnya saya masih berkesempatan dan kemudahan untuk main-main lagi ke Jakarta Fair!


Related Articles

3 thoughts on “Pengalaman Pertama Kali Ke Jakarta Fair 2016”

  1. Walah mas saya malah belom pernah sama sekali ke Jakarta Fair. Karena sudah ngebayangin rame dan membludaknya pengunjung sih. Huehehehe..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *