Pengalaman Belanja Online Di Tokopedia Dengan Go-Jek

Satu hal yang untuk saya cukup mengurangi keunggulan dari belanja online adalah menunggu kurir datang dan lamanya waktu pengiriman. Jangankan untuk yang kirim dari dan ke luar kota, yang satu kota saja bisa membutuhkan waktu seenggaknya 2 hari. Belum lagi ditambah dengan ongkos kirim yang lumayan mahal kalau kita mau terima barang lebih cepat. Intinya, pengiriman barang ini jadi salah satu pertimbangan yang cukup penting.

Mungkin celah ini yang kemudian dilihat oleh pihak Tokopedia. Beberapa minggu lalu saya memang mendapatkan newsletter by email tentang kerjasama Tokopedia dan Go-Jek. Katanya sih, sekarang belanja di Tokopedia bisa langsung dikirimkan dan sampai di tangan pembeli di hari yang sama. Syaratnya yang saya kira cukup logis adalah penjual dan pembeli masih dalam satu kota yang sama, dan di kota tersebut sudah tercover layanan Go-Jek.

Karena lagi iseng dan kebetulan ada yang mau dibeli, saya akhirnya memutuskan untuk mencoba layanan duet Tokopedia-Go-Jek ini. Untuk itu, saya mencari barang di Tokopedia yang dijual oleh seller dengan lokasi di Jakarta. Tentunya, saya juga mencari barang yang relatif murah dan penjual yang recommended. Supaya agak terjamin dengan kualitas barang yang kita beli. Seperti yang pernah saya tuliskan di Tips Aman Belanja Online itu!

Setelah memilih barang, selanjutnya tidak jauh berbeda dengan belanja dengan jasa pengiriman lainnya. Hanya saja, kita harus memilih kurir pengirimnya Go-Jek. Lalu kita akan diminta memasukkan alamat pengiriman lengkap. Karena saya belanja via aplikasi Tokopedia di Android, saya juga diminta memasukkan alamat pointing via Maps gitu. Enggak sulit juga, ketikkan saja alamat kirim kita. Nanti navigasi GPS akan langsung menunjuk ke lokasi kita.

Terakhir, tinggal checkout dan bayar sesuai metode pembayaran yang kita pilih. Kalau saya tetap lebih memilih untuk transfer via bank. Sebenernya mau sih belanja di Tokopedia bayar di Indomaret lagi. Manatau dapat snack atau minuman gratis lagi. Tapi kos saya ke Indomaret itu jauh, banget. Jadi yah, transfer saja deh yang lebih mudah. Oh iya, setelah transfer jangan lupa untuk melakukan konfirmasi pembayaran yah!

Sebenernya, saya mengira kalau saya sudah menyelesaikan konfirmasi pembayaran, dan dikonfirmasi oleh Tokopedia, maka seller akan segera mengirimkan barang pesanan saya. Ternyata saya melewatkan sedikit syarat dan ketentuan yang sudah dibuat oleh Tokopedia. Pengiriman barang yang kita beli oleh kurir Go-Jek hanya akan dilakukan untuk pembelian yang dilakukan pada pukul 6 pagi hingga pukul 4 sore. Dan karena saya melakukan transaksi pukul 18.30, maka barang saya enggak bisa langsung dikirim. Harus menunggu keesokan hari.

Siang harinya, abang Go-Jek datang ke kos mengantarkan barang belanjaan saya. Sayangnya saya enggak lagi di kos. Jadi barang diterima oleh Bapak Penjaga Kos deh. Meski enggak dihari yang sama, tapi ini murni kesalahan saya sih. Dan pengiriman yang dilakukan masih jauh lebih cepat dan murah jika dibandingkan dengan menggunakan kurir ekspedisi yang biasa saya gunakan. Untuk pengiriman kali ini, saya dikenakan biaya 15 ribu rupiah saja. Dipotong voucher diskon…pengiriman jadi gratis. Hehehe..

Belanja di Tokopedia Pakai GoJek

Anyway, tulisan ini adalah berdasarkan pengalaman pribadi saya membeli barang di Tokopedia dan memilih Go-Jek sebagai kurir pengiriman. Dan ini bukan tulisan berbayar kok. Semoga enggak ada yang dilebihkan, atau dikurang-kurangi.

Punya pengalaman yang sama? Yuk ngobrol di kolom komentar!

Tulisan Lainnya

Pengalaman Belanja Online di Elevenia Bikin Kapok Belanja online di Indonesia sekarang sudah makin menjamur. Kalau dulu hanya sebatas toko online dan tempat iklan online saja, sekarang sudah makin ban...
Memilih dan Membeli Parfum Original Sebenarnya saya agak lupa, entah kapan terakhir kali saya membeli parfum untuk saya sendiri. Terakhir saya ingat, saya membeli parfum Aigner Black sek...
Belajar Cara Jualan Dropship Dengan Supplier.Id Berjualan barang sekarang ini rasanya lebih mudah, praktis dan cepat jika dilakukan secara online. Ada banyak media-media yang bisa kita gunakan untuk...
Pengalaman Belanja Online Di BukaLapak Kemarin saya untuk pertama kalinya bertransaksi online di situs marketplace BukaLapak.com. Memang sih, saya sendiri sudah punya akun BukaLapak cukup l...

3 Comments

  1. Sulthan verrel

Leave a Reply

badge