Pengalaman Belanja Online di Elevenia Bikin Kapok

Belanja online di Indonesia sekarang sudah makin menjamur. Kalau dulu hanya sebatas toko online dan tempat iklan online saja, sekarang sudah makin banyak pilihan market place online. Namun sepertinya wajar saja, mengingat sekarang jualan online menjadi salah satu cara menjaring pembeli yang lebih luas. Dan buat penyedia lapak atau market place, menyediakan lapak tersebut juga merupakan salah satu cara untuk memperoleh keuntungan tersendiri.

Salah satunya market place online yang ada adalah Elevenia. Market place online yang satu ini awalnya saya kira semacam perusahaan sejenis Bhinneka atau Zalora yang memang toko online besar dan dipegang oleh satu pihak. Ternyata belakangan saya baru tahu kalau Elevenia juga merupakan market place di mana banyak pedagang-pedagang online yang berjualan. Yups, Elevenia memang tidak jauh berbeda dengan Lazada atau Tokopedia.

Cara Belanja Online di Elevenia

Menariknya, di Elevenia juga ternyata menjual pulsa elektrik secara online. Market place yang kalau enggak salah dikelola oleh perusahaan yang sama dengan operator XL ini memiliki beberapa penjual online yang menjual pulsa elektrik dari berbagai operator. Enggak cuma dari penjual online, XL sendiri menjual pulsa elektrik secara online disini. Dan salah satu yang membuat saya ingin membeli adalah harga pulsa yang relatif lebih murah dari harga di kios.

Melihat tawaran tersebut, akhir Maret lalu saya akhirnya mencoba untuk membeli pulsa XL senilai 100 ribu rupiah yang dijual dengan harga 89 ribu rupiah. Penjualnya sendiri saya lihat badan usaha yang berlokasi di Gedung Graha XL Kuningan. Jadi saya ambil kesimpulan, ini adalah seller resmi XL dan harusnya terpercaya. Dan untuk membeli pulsa tersebut, saya mengikuti beberapa prosedur cara belanja online di Elevenia yang kurang lebih seperti berikut :

  1. Membuat akun dan login di Elevenia.co.id
  2. Memilih barang yang mau di beli
  3. Mengisi detail belanja dan pembayaran. Disini saya memilih transfer ATM BCA
  4. Mendapat detail order di email dan nomer HP yang akan diisi pulsa. Di SMS yang kita terima terdapat detail cara transfer melalui ATM BCA.
  5. Melakukan Transfer dengan memasukkan nomor transaksi yang diberikan
  6. Selesai, tinggal menunggu pulsa masuk.

Semua tahapan cara belanja di Elevenia tersebut sudah saya ikuti, dan saya tinggal menunggu pulsa masuk. Hingga beberapa jam kemudian saya heran kok pulsa saya tidak terisi juga. Akhirnya saya membuka lagi akun Elevenia dan terkejut, kenapa transaksi saya masuk ke pengembalian belanja? Dan kenapa uang yang saya transfer berubah jadi poin belanja?

Pembatalan belanja pulsa Elevenia

Karena merasa bingung, saya akhirnya mengirim email ke support Elevenia. Dan balasan yang saya terima tentu saja standar dan tidak ada penjelasan mengapa belanja saya masuk ke pengembalian. Customer servicenya minta maaf, poinnya bisa digunakan untuk belanja, bla bla bla. Dan akhirnya saya memaksa untuk customer service untuk menjelaskan alasan mengapa belanja saya masuk pengembalian, dan mengapa saya yang harus direpotkan untuk meminta uang saya dikembalikan. Jawabannya? Tentu saja lagi-lagi mohon maaf atas ketidaknyamanan dan bla bla bla bla..

Setelah 8 hari menunggu sejak masalah ini muncul, hari ini 8 April 2014 saya melihat kalau uang saya sudah di transfer kembali ke rekening. Dan saya lihat, jualan pulsa yang kemarin saya order sudah naik harganya jadi 95 ribu rupiah. Dan dari situ saya ambil kesimpulan, saya kapok belanja di Elevenia.co.id. Mendingan cari marketplace lain, atau kalau mau pulsa langsung ke kios saja!

Tulisan Lainnya

Ketika Tanggal Tua Itu Tiba + Tips Berhemat Untuk ... Walaupun saya berstatus semi-pegawai karena sedang cuti masa kuliah, saya juga punya status sebagai anak kost. Saya sewa kamar kos, mandiri mengatur s...
Sering Dengar Musik Bikin Tuli / Budek? Ah, Masa S... Meski bukan seorang yang sangat mencintai musik, tapi buat saya mendengarkan musik itu seperti sebuah rutinitas yang menyenangkan. Bahkan dalam bebera...
Akhirnya Pindah Hosting Ke Dracoola (Lagi) Untuk blogger yang memakai wordpress self-hosting, atau CMS WordPress, pasti sudah sangat dekat dengan moment cari-sewa-perpanjang hostingan. Kalau un...
Pengalaman Mencoba Gojek Surabaya Sekarang ini rasanya siapa yang tak pernah mendengar tentang Gojek. Salah satu alterntif moda transportasi roda dua yang tengah naik daun. Bahkan hamp...

4 Comments

  1. Putri
  2. marcel

Leave a Reply

badge