Neteller, Bikin Virtual Credit Card / VCC Mudah dan Gratis!

Punya kartu kredit itu bisa dibilang penting-enggak-penting. Ketika kepingin bebas dari kebiasaan konsumtif, menghindari hutang dan mengerem pengeluaran maka kartu kredit itu bener-bener enggak penting. Soalnya sekarang lagi kepingin banget belajar menabung. Tuh kemarin juga sudah bikin tulisan tips agar mudah menabung. Tapi giliran mau transaksi dengan mata uang asing, misal hosting yang diluar negeri habis dan mau diperpanjang, maka kartu kredit jadi hal yang penting pake banget.

Kenapa enggak bayar hosting pakai Paypal ajah?
Bener banget, Paypal bisa dibilang salah satu solusi tepat untuk bertransaksi dengan merchant asing. Untuk hosting HawkHost misalnya, mereka terima pembayaran via Paypal dan juga credit card. Masalahnya adalah, untuk membuat Paypal ter-verifikasi maka kita tetap akan membutuhkan kartu kredit. Ada sih caranya untuk verifikasi manual dengan buku tabungan. Tapi buat saya agak ribet aja. Pakai kartu kredit lebih cepat, mudah dan sepertinya cukup instant.

Solusi lain adalah dengan membuat virtual credit card, atau biasa disebut VCC. Sesuai dengan namanya, VCC adalah kartu kredit yang dapat dipergunakan seperti pada umumnya. Tapi karena sifatnya yang virtual, jadi VCC itu hanya dapat dipergunakan untuk transaksi-transaksi online saja. Misalnya untuk belanja online di luar negeri (mungkin dalam negeri juga bisa?), untuk verifikasi Paypal atau juga untuk bayar hostingan.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan Untuk mendapatkan VCC. Kita bisa membeli jasa pembuatan VCC di forum-forum atau membuatnya sendiri dengan mencari penyedia VCC di internet. Salah satunya adalah Neteller. Mmm…jujur aja sih, saya baru 3 atau 4 harian ini berkutat dengan Neteller. Tapi dari pemakaian awal, Neteller ini sepertinya mirip-mirip seperti Paypal. Dia merupakan penyedia rekening uang internet. Bedanya, Neteller memiliki fitur untuk membuat VCC yang kemudian bisa kita pergunakan seperti kartu kredit biasa.

Cara daftar verifikasi akun Neteller Indonesia

Cara Daftar Neteller

Untuk mendaftar dan mendapatkan akun Neteller sebenarnya mudah saja kok. Kamu tinggal buka halaman Neteller.com, lalu mendaftar dengan memilih menu Join for Free. Selanjutnya tinggal melakukan pengisian data-data pribadi yang diminta. Setelah itu maka selesai, akun Neteller kita siap untuk digunakan. Sedikit saran aja sih, karena ini akun yang cukup penting, ada baiknya mengisi dengan data-data yang akurat. Atau kalau mau pakai data yang abal-abal, pastikan kamu menyimpan data yang kamu isikan saat mendaftar Neteller ini. Siapatau suatu saat dibutuhkan.

Oh iya, saat kamu selesai melakukan proses pendaftaran, kamu akan mendapatkan yang namanya Secure ID. Kalau tidak salah 6 digit angka. Simpan angka ini baik-baik, karena saat melakukan transaksi atau membuat VCC, angka ini akan diminta sebagai langkah keamanan.

Cara Verifikasi Akun Neteller

Kalau dari apa yang saya baca, akun Neteller ini langsung bisa digunakan setelah kita menyelesaikan proses pendaftaran. Jadi enggak harus melakukan verifikasi dahulu. Verifikasi dibutuhkan untuk meningkatkan limit nominal akun dan nilai transaksi yang bisa kita lakukan dengan akun Neteller kita.

Untuk proses verifikasi juga menurut saya cukup mudah. Seingat saya ada tiga langkah utama untuk verifikasi akun Neteller.

#1 Isi saldo Neteller anda. Untuk bisa mengisi saldo, Neteller memberikan pilihan untuk menggunakan kartu debit, kartu kredit atau juga transfer bank lokal. Tapi selain itu, kamu juga bisa membeli balance atau saldo Neteller di banyak penjual online. Yups, sama seperti Paypal, saldo Neteller juga bisa ditransfer dan bisa kita dapatkan dengan mudah.

#2 Lakukan setingan pengamanan. Kalau saya enggak salah ingat sih langkah kedua adalah memilih security question beserta jawabannya. Kita disuruh untuk memilih 3 pasang security question.

#3 Verifikasi ID. Untuk langkah terakhir diperlukan KTP, SIM atau paspor. Kamu akan diminta untuk mengisi nomor ID dan mengirimkan foto ID tersebut. Untuk foto ID, bisa dilakukan dengan metode upload biasa, atau bisa juga diambil menggunakan webcam.

Setelah semua proses dilakukan, dibutuhkan waktu sekitar 5 atau 10 menit untuk mengetahui apakah langkah verifikasi Neteller kita diterima atau ditolak.

Cara Membuat VCC Dengan Neteller

Karena alasan saya membuat akun Neteller adalah untuk memperoleh VCC, maka setelah semua langkah di atas saya lakukan, selanjutnya adalah membuat VCC. Sepertinya sih untuk membuat VCC di Neteller tidak dibutuhkan langkah verifikasi. Yang terpenting, kamu sudah memiliki saldo terlebih dahulu. Untuk langkah membuat VCC sendiri juga cukup mudah.

#1 Login ke akun Neteller. Pastikan juga kalau akun kamu sudah memiliki saldo. Kalau enggak ada saldo, maka kamu enggak bisa berlanjut ke proses selanjutnya.

#2 Pilih menu Net+ Cards. Di menu ini kamu akan mendapatkan 3 pilihan menu lagi. Karena kita mau bikin VCC, maka pilih menu Virtual Card.

#3 Masukkan Data. Di bagian Add Virtual Card, akan ada beberapa kolom isian yang harus diisi sesuai dengan data kamu. Ada yang sifatnya optional, ada yang harus diisi.

#4 Klik Go / Save. Selesai deh. VCC kamu segera jadi dan langsung bisa dipergunakan.

Mungkin ada yang bertanya, “katanya bikin VCC gratis, kok harus isi saldo dulu?“. Memang kita harus keluar uang dulu untuk bisa bikin VCC. Tapi saldo tersebut kemudian bisa dipakai kok untuk bertransaksi. Jadi ya sama saja, gratis kan?

Dengan VCC Neteller ini saya akhirnya bisa melakukan pembayaran hosting iKurniawan.com ini dengan lancar. Memang sih saya tetap menghubungkan VCC ke Paypal saya. Tapi ini karena di Paypal masih ada sedikit saldo yang sayang kalau tidak digunakan. Kalau VCC-nya mau langsung dipakai buat bayar hosting tanpa menggunakan Paypal rasanya bisa-bisa saja kok.


Related Articles

2 thoughts on “Neteller, Bikin Virtual Credit Card / VCC Mudah dan Gratis!”

  1. Saya juga pakai neteller buat bayar hosting tapi cuma sebagai perantara doang karena kalau langsung pakai vcc neteller ga bisa πŸ™‚

    Biasanya sy isi saldo pakai debet mandiri terus bayarnya dari paypal, tapi sekarang sy lebih pilih beli saldo pp dari orang aja biar ga ribet isi saldo neteller dulu & biayanya agak murah dikit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *