Mudahnya Check In AirAsia Di Bandara Soekarno Hatta

Sejak kuliah, saya jarang sekali berpergian naik pesawat. Selain jalur darat jadwalnya lebih pas dengan jam perjalanan pulang saya, harga tiket kereta api dari Surabaya – Jakarta dan sebaliknya juga relatif lebih murah dari harga tiket pesawat. Kecuali dalam situasi tertentu, seperti mengejar jadwal kuliah atau hari libur yang terlalu sedikit. Sayang kalau sampai habis waktu cuma untuk di perjalanan.

Sekalipun saya naik pesawat, tetaplah mencari pesawat dengan kategori low fare. Maklum anak kos. Biasanya yang jadi incaran antara Sriwijaya, Citilink atau AirAsia. Maaf, Lion Air enggak pernah saya cek harga tiketnya. Prioritas utama kan kejar jadwal dulu, baru pilih yang murah.

Nah, terakhir saya naik AirAsia dari Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta itu kayaknya sekitar 4 tahunan yang lalu waktu mau ke Bali. Dan setelah 4 tahun itu, saya akhirnya balik lagi ke terminal 3 buat naik AirAsia lagi. Bedanya kali ini saya enggak mempersiapkan dengan baik. Jadi saya cuma bawa pdf tiket dalam smartphone. Agak ragu, khawatir petugas minta hardcopy, bisa berabe urusan. Saya enggak tahu dimana ada rental komputer atau warnet disini.

Tapi ada yang menarik buat saya. Di depan ruang customer service AirAsia ternyata ada beberapa mesin self check-in berjejer. Kebetulan saya belum pernah coba mesin ini. Jadi sebelum masuk ke ruang CS AirAsia untuk print tiket, saya memutuskan untuk mencoba mesin tersebut yang ternyata pengoperasiannya SANGAT MUDAH!

Cara check-in airasia di bandara soekarno hatta

Cara Check In Air Asia di Bandara Dengan Mesin Self Check-In

Pertama, siapin dulu kode booking tiket yang sudah kamu bayar. Pasti tertera kok di email yang kamu dapat dari AirAsia. Selanjutnya, datang ke mesin Self Check-In AirAsia yang ada di depan ruang Customer Service di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta. Sebenarnya mesin ini juga ada sih di depan counter check-in dalam terminal. Tapi saya lebih senang coba yang diluar saja. Jadi pas mau masuk, enggak perlu sibuk tunjukin hape sama penjaga.

Selanjutnya, sentuh layar mesin Self Check-In AirAsia tersebut. Iya, ini layar sentuh. Jadi jangan cari-cari mouse dan keyboardnya. Lalu pilih menu Check-In. Kalau kamu mau pakai Bahasa Indonesia, maka ubah bahasa dulu di bagian bawah baru pilih menu Check-In nya. Nah disini saya agak lupa, tapi ada beberapa pilihan kode yang ingin digunakan. Salah satunya adalah dengan menggunakan kode booking yang ada pada tiket kita. Saya sih menggunakan kode booking ini.

Setelah itu, kita hanya tinggal melihat nama kita dan juga nama orang yang akan terbang bersama kita, sesuaikan dengan tiket yang sudah kita booking. Lalu tinggal next saja, sampai akhirnya sampai ke tahap print boarding pass. Maka kamu bakal dapat boarding pass yang bisa kamu gunakan untuk naik ke pesawat. Boarding pass ini juga harus kamu tunjukkin kalau kamu mau memasukkan barang ke bagasi pesawat di counter check-in Air Asia yang ada di dalam.

Bagaimana, mudah kan check in sendiri dengan mesin Self Check-In untuk penerbangan AirAsia ini? Sayangnya, entah karena memang sedang sepi, atau memang karena prosedurnya, saya tidak mengalami pemeriksaan identitas sama sekali mulai check-in sampai dengan masuk commercial area terminal 3 ini. Enggak tahu nanti pas mau masuk ruang tunggu keberangkatan. Edit : ternyata untuk masuk ke ruang tunggu keberangkatan, petugas meminta KTP atau tanda identitas lainnya.

Related Articles

2 thoughts on “Mudahnya Check In AirAsia Di Bandara Soekarno Hatta”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *