Mobil Sedan Retro : BMW E30 318i (M40)

Untuk penggemar mobil-mobil sedan retro, khususnya yang berjenis kompak dan keluaran Eropa pasti kenal betul dengan mobil retro yang satu ini. Untuk yang awam seperti saya, mungkin hanya akan menyebut dengan nama mobil BMW 318i tahun produksi akhir 80 atau awal 90-an. Namun untuk yang lebih mendetail, mobil BMW yang masih tinggi peminat ini memiliki nama BMW E30 318i (M40). Dan jujur….saya masih kurang paham soal panjangnya nama mobil tersebut.

Mobil BMW E30 318i ini sendiri menjadi incaran pertama saya sebelum meminat Corolla DX. Bentuknya yang elegan, quad-lamp dan gaya khas mobil Eropa menjadi alasan utama saya menempatkan mobil ini di top-of-my-list. Sayangnya, beberapa tekanan dari kiri dan kanan membuat saya mengurungkan niat untuk meminang mobil berusia 20 tahunan tersebut. Dan jujur saja, sampai sekarang saya masih sedikit menyesalinya.

Mobil Sedan Retro Eropa BMW 318i

Kelebihan Mobil BMW E30 318i (M40)

Mobil ini memiliki mesin empat silinder dengan kapasitas 1.8 liter. Yups, salah satu ciri khas BMW kalau saya tidak salah adalah pada angka seri mobil tersebut. Dimana 2 angka terakhir adalah gambaran kapasitas mesin yang diusung. Di pasaran, mobil ini dijual dengan pilihan transmisi manual 5 percepatan dan juga matic 3 percepatan. Kenyamanan dan keamanan jelas kualitas mobil eropa. Tengok saja keempat suspensi sport dan cakram pada keempat rodanya.

Untuk seri BMW E30 318i keluaran awal, power steering sepertinya menjadi fitur optional yang belum tentu ada. Sedangkan pada produksi akhir, fitur power steering, AC dan audio sudah menjadi bawaan standar. Bahkan yang benar-benar keluaran ‘late’, BMW seri ini sudah dilengkapi dengan penambahan fitur ABS, penggunaan sport seats dan juga leather trim. Praktis, nilai gaya juga semakin meningkat!

Berbicara soal tenaga, rasanya kurang pantas untuk membandingkan mobil ‘tua’ dengan mobil-mobil keluaran terbaru. Namun untuk seri yang sama, jelas mobil ini mengalami peningkatan performa di tiap tahun keluarannya. Di seri keluaran akhir tahun 1990, disebut sebagai seri dengan performa mesin yang terbaik. Dalam kondisi fit, maka mengajak mobil ini berlari hingga jarum speedometer bergerak di atas angka 180 km/j bukanlah hal yang sulit!

Harga Mobil Retro BMW E30 318i M40

Kekurangan Mobil BMW E30 318i (M40)

Bicara soal kelebihan, tentu harus bicara kekurangannya juga. Namun kekurangan mobil ini sepertinya standar seperti mobil retro lainnya. Pertama, jelas keberadaannya yang sudah berusia 20 tahunan membuat mobil ini sulit didapat. Apalagi untuk memperolehnya dalam kondisi yang fit, sehat, bersih dan segar. Tapi namanya juga berburu mobil retro, sulit didapat bukan berarti tidak mungkin. Hanya butuh kesabaran saja!

Selanjutnya dengan kapasitas mesin 1.8L dan tenaga yang cukup besar, maka jangan terlalu cepat bilang mobil ini boros. Memang konsumsi BBM nya disebut sebagai lumayan cepat haus. Tapi rasanya dengan struktur bodi yang padat (dan berat), ditambah dengan mesin yang besar, rasanya konsumsi BBM masih dalam tahap wajar. Jadi jangan dibandingkan dengan mobil sejenis Corolla DX bro!

Terakhir adalah masalah biasa, ketersediaan spare parts dan aksesoris. Memang sih untuk kota-kota besar, spare parts mobil BMW 318i retro ini masih lumayan bisa didapatkan. Namun sekali lagi, butuh kesabaran dan ketelitian. Cobalah bergabung dengan komunitas BMW, khususnya seri yang sejenis. Kamu bisa dapat banyak informasi disitu!

Tips Membeli Mobil Retro BMW E30 318i (M40)

Tidak banyak trik khusus untuk membeli mobil cakep nan satu ini. Sama saja seperti tips membeli mobil retro lainnya, seperti bersabar, budget, teliti, ajak teman yang mengerti retro dan sebagainya. Hanya sedikit tambahan saja, mengingat kapasitas sebagai mobil eropa maka kabarnya spare parts dan perbaikan akan memakan biaya sedikit lebih mahal dibanding mobil Jepang. Oleh karena itu, saran saya sih lebih baik naikkan budget dan pilih mobil yang berkondisi fresh, segar dan ready to use dibandingkan harus memperbaiki sendiri beberapa minus yang ada. Sekali lagi, itu cuma saran saja kok.


Related Articles

3 thoughts on “Mobil Sedan Retro : BMW E30 318i (M40)”

  1. saya punya bmw m40 kalau mau tukar manual ke matic habis berapa biayanya ? posisi saya di medan sumut apa ada tahu tempat jual gear box matic untuk bmw m40 di medan ? saya sudah tanya bengkel di medan jawaban mobil hanya bisa ditukar di jakarta dan harus kirim mobil ke jakarta
    mohon bantuannya

    1. Maaf mas Dicky, soal itu it saya kurang tahu. Biasanya sih kendala justru ada di sparepart. Sulit dicari dan mahal.
      Coba cari komunitas BMW M40 di Kaskus atau forum lain. Biasanya ada aja yang jual dan bisa modif begitu.
      Sukses mas dengan M40 nya. Mobil keren itu
      🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *