Mesin Mobil Legendaris Dari Toyota

Toyota memang bisa dibilang salah satu pabrikan otomotif ternama dari Jepang. Secara khusus, merk dagang Toyota sangat erat dengan pembuatan mesin dan kendaraan roda empat. Saat ini, Toyota merupakan merk penghasil mobil nomor satu di dunia. Sebagai bagian dari Toyota Group, Toyota juga memproduksi mobil dengan merk dagang Lexus dan Scion. Selain itu, Toyota juga memiliki saham di Daihatsu, Hino, Subaru dan Isuzu.

Besarnya nama Toyota juga tak lepas dari mesin-mesin mobil yang cukup legendaris yang sudah mereka pasarkan. Mesin-mesin yang biasanya memang dibuat untuk jenis produk mobil tertentu ini juga kadang menjadi idaman dan incaran pecinta otomotif yang suka memodifikasi mobilnya dengan melakukan swap engine. Untuk itu, coba kita lihat beberapa mesin legendaris dari Toyota.

mesin toyota 4a-ge

Mesin Mobil Legendaris dari Toyota

K Series
Siapa tak mengenal mesin Toyota yang mungkin populasinya paling banyak di jalanan. K series memang digunakan oleh beragam jenis mobil Toyota, mulai dari mesin 3K yang diusung Corolla KE-20 dan 30, 4K yang dibawa Corolla DX dan Kijang Doyok, hingga seri 7K yang dibawa oleh kijang kapsul. Hampir semua pengguna mesin ini mengakui ketangguhan, kebandelan dan keiritan mesin K series ini.

4A-GE
Bisa dibilang mesin ini idaman banyak orang yang ingin melakukan swap engine, khususnya untuk mobil retro seperti Corolla DX. Mesin ini aslinya merupakan bawaan untuk Toyota AE86 Trueno dan Toyota Levin yang tidak dipasarkan di Indonesia. Tapi selain itu, mesin ini juga bawaan dari Toyota Corolla Twincam GTi yang memang dipasarkan di Indonesia. Untuk tipe, 4A-GE ini memiliki 3 tipe yang berbeda-beda. Tipe REDTOP (4A-GE 16V: 140hp), SILVERTOP (4A-GE 20V: 158hp), BLACKTOP (4A-GE 20V: 163hp). Selain 3 tipe itu, ada 1 jenis yang masih sekeluarga yaitu 4A-GZE yang sudah dilenkapi SUPERCHARGER.

3S
Mesin 3S juga salah satu mesin yang diidamkan banyak orang. Seri dari mesin ini adalah 3S-GE (Altezza RS200) dan 3S-GTE (Celica GT-Four dan Caldina GT). Mesin Toyota 3S ini adalah hasil kerjasama dari Toyota dan Yamaha untuk membuat mesin yang lebih baru dari 4A-GE yang sudah cukup lama diproduksi.

Selain dari mesin-mesin diatas, masih ada beberapa mesin mobil Toyota yang menjadi legenda dan membesarkan nama Toyota. Misalkan saja mesin 3M di Toyota 2000GT yang disebut-sebut sebagai cikal bakal generasi mobil sport Japan, atau mesin 2JZ-GTE yang diusung oleh Toyota Supra.

Tulisan Lainnya

Bersihkan Jamur Kaca Mobil Dengan Pasta Gigi Jamur pada kaca mobil mungkin menjadi salah satu hal yang paling mengganggu pemilik mobil. Selain keberadaan jamur yang membuat penampilan mobil jadi ...
Mobil Murah Yang Akan Dipasarkan Di Indonesia Beberapa waktu lalu pemerintah secara resmi telah menetapan proyek mobil murah di Indonesia. Proyek ini kerennya sih diberi nama Low Cost Green Car at...
All New Toyota Yaris, Hanya Berubah Secara Model? Mobil Toyota Yaris mungkin bisa dibilang salah satu city car yang cukup laris karena bentuknya yang cukup menarik dan brand Toyota yang diusungnya. En...
Belajar Mencuci Mobil Sendiri, Biar Lebih Hemat Saya adalah tipikal orang yang agak-agak males untuk mengerjakan sesuatu yang ada 'jasa' jualannya. Contohnya ya mencuci mobil ini. Sekarang ini usaha...

Leave a Reply

badge