Meriahnya Surabaya Toys, Games & Comics Expo 2015

Untuk pecinta mainan, games dan juga komik pasti suka banget dengan acara sejenis Toys Fair atau Comic Fairs. Apalagi kalau event skala besar seperti acara tahunan Jakarta Toys and Comic fair yang bahkan eventnya bisa disebut skala nasional. Sayangnya, untuk yang tinggal di luar kota dan agak jauh seperti saya saat ini, datang ke event tersebut bisa dibilang sulit. Selain harus menyiapkan dana untuk akomodasi, saya juga harus nyiapin dana untuk belanja-belanja kalau ada barang yang menarik!

Untungnya, di Surabaya juga ada event sejenis yang enggak kalah bergengsi yang bernama Surabaya Toys, Games & Comics Expo 2015. Untuk tahun ini, acara ini berlangsung selama 3 hari mulai dari tanggal 23 hingga 25 Oktober 2015 bertempat di Galaxy Mall Surabaya. Karena sedikit kesibukan dan juga sengaja mengincar momen puncak, saya akhirnya memutuskan untuk datang di hari terakhirnya saja.

Foto Cosplay STGCE 2015 Surabaya Toys Fair

Acara Surabaya Toys, Games & Comics Expo 2015 ini digelar di hall expo Galaxy Mall yang terletak di lantai paling atas. Saya lupa tepatnya karena saya memang lebih memilih naik eskalator, tapi kalau enggak salah sih lokasinya ada di lantai 6. Siang itu pengunjung ternyata sudah cukup ramai. Padahal acara puncaknya sendiri baru akan dimulai jam 2 siang, yaitu talkshow dengan creator komik Indonesia yang ternyata adalah seorang artis dan model, Marcelino Lefrandt. Isi talkshownya sendiri cukup menarik. Intinya sih, kita boleh saja mencintai tokoh komik luar negeri, tapi jangan lupakan juga budaya negeri sendiri. Dan kalau kita mampu, kenapa enggak menggabungkan kedua unsur tersebut untuk memperkenalkan budaya bangsa kita ke seluruh dunia?

Anyway, saya kurang suka untuk terpaku di satu tempat dalam sebuah event. Jadi saya lebih tertarik untuk berkeliling daripada berdiri di depan panggung. Partisipan di acara ini rupanya sangat banyak. Diantaranya yang saya ingat adalah Arek Gundam Surabaya (AGS), Sprue Mobster Surabaya, komunitas pecinta dan pilot drone, komunitas Crush Gear, Batman fan base, Superman fan base, PERI Surabaya dan masih banyak lagi yang saya lupa namanya. Itupun saya tidak yakin menuliskan dengan benar nama komunitasnya. Jadi kalau ada salah-salah kata, maafkeun yak!

Selain diramaikan komunitas, acara begini sudah pasti diramaikan pula dengan penjual segala barang yang berkaitan dengan mainan, game dan komik. Mulai dari yang namanya action figures, die cast, model kit, pakaian, aksesoris, pajangan, poster sampai sarung bantal guling bergambar tokoh anime juga ada. Produk yang dijual juga bermacam-macam levelnya, mulai dari barang super-rare, limited, rare items, collectibles sampai barang replika juga ada. Bahkan ada juga penjual barang replika yang mengaku-ngaku jual barang original. Jadi bingung kan?

Hari terakhir ini juga rupanya jadi puncak acara untuk para cosplayer dan fotografer. Kontes cosplay yang digelar terbagi menjadi 2 kategori, untuk umum dan untuk anak-anak. Pesertanya rupanya cukup ramai dengan penampilan yang cukup wah. Yang cewek cantik-cantik, yang anak-anak lucu-lucu, yang cowok…saya enggak merhatiin. Hehehe… Dan di acara ini, para fotografer juga ditantang untuk ikut kontes foto para cosplayer tadi. Enggak kalah sama peserta cosplay, fotografer yang ikutan juga rame!

Sayangnya, meski barang yang dijual ada beberapa yang menarik perhatian, kenyataan bahwa event ini digelar di tanggal dua digit membuat saya harus menahan diri untuk berbelanja. Tapi saya sangat menikmati berkeliling-keliling melihat koleksi yang dipamerkan. Semoga di event berikutnya, saya bisa lebih ikut berpartisipasi deh!


Tulisan Lainnya

Pengalaman Belanja Online Di BukaLapak Kemarin saya untuk pertama kalinya bertransaksi online di situs marketplace BukaLapak.com. Memang sih, saya sendiri sudah punya akun BukaLapak cukup l...
Menuju Semeru, Oknum Nakal Di Pasar Tumpang Untuk para pendaki atau wisatawan yang ingin menuju tempat wisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru melalui malang, pasti sudah mengenal lokasi Pasa...
Pengalaman Mencoba Gojek Surabaya Sekarang ini rasanya siapa yang tak pernah mendengar tentang Gojek. Salah satu alterntif moda transportasi roda dua yang tengah naik daun. Bahkan hamp...
Pemadaman Bergilir PLN, Sampai Kapan Nih? Listrik mungkin bisa dibilang sebagai kebutuhan primer untuk mayoritas orang saat ini. Bagaimana tidak, hampir semua kegiatan kita sekarang ini membut...

2 Comments

Leave a Reply