Mengenal Skala dan Grade Model Kit Gundam

Di postingan yang lalu saya pernah bahas tentang beberapa jenis plastik model kit yang populer di Indonesia. Salah satu diantaranya adalah mokit Gundam, dan sepertinya mokit robot Gundam ini bisa dibilang yang paling populer. Selain komunitasnya yang banyak, ketersediaan produk mokit Gundam ini bisa kita temukan di toko-toko mainan anak yang bertaburan di pusat perbelanjaan. Mokit auto seperti motor dan mobil? Jangan harap!

Plastik model kit Gundan ini juga ada banyak jenis-jenisnya. Setiap jenis tentu memiliki perbedaan, mulai dari kemudahan perakitan, ukuran atau skala, tingkat detail dan tentu saja semuanya terikat erat dengan banderol harga. Sebelum kamu memutuskan untuk memilih dan membeli Gundam pertamamu, ada bagusnya untuk mengenali terlebih dahulu jenis mokit Gundam dengan melihat skala dan gradenya!

Apa Itu Skala dan Grade Mokit Gundam?

Grade Gundam Skala 1 asli
Gundam Skala 1:1 nih – sumber Supermerlion.com

Jujur saja, saya cuma dua kali beli mokit Gundam. Dan keduanya adalah grade pemula, kalau tidak salah waktu itu HG. Dan beberapa bulan belakangan saya baru tahu kalau Gundam itu ada banyak skala dan gradenya. Kalau skala sih rasanya sudah pada tahu, mirip dengan skala-skala di peta. Perbandingan antara model kit dengan aslinya. Kalau skala 1/144, mungkin si Gunam tingginya bakal sejengkal tangan. Kalau beli skala 1:2, mungki si Gundam bakal lebih gede dari rumah kamu! Entahlah, rasanya nggak ada juga skala segitu yang dijual bebas -__-“

Kalau grade mokit Gundam itu untuk membedakan berdasarkan tingkat kedetailan si model kit tersebut. Err, kalau nggak salah sih begitu ya. Jadi semakin tinggi ‘kasta’ gradenya, maka semakin banyak part-part dan detail yang harus kamu rakit. Untuk tahu grade sebuah Gundam pas mau beli, bisa kamu lihat di kotaknya langsung kok.

Jenis Grade Mokit Gundam

Gundam SD (Super Deform)
Bukan, disini kamu bukan merakit mokit gundam pake baju putih dan celana merah. Saya kurang tahu alasannya kenapa dikasih nama super deform, tapi mungkin dari kata deform itu sendiri yang berarti merusak bentuk. Gundam SD enggak punya skala tertentu dan bentuknya emang lucu, badannya kecil tapi kepalanya besar. Meski begitu, jujur saya paling menyukai keluarga Gundam SD. Kecil, lucu, tapi kalau diperhatiin kayak ngajak berantem!

skala grade Gundam SD Unicorn
Gundam SD Unicorn. Sumber gundamtoyshop.com

Gundam FG (First Grade)
Katanya sih, jenis ini cocok untuk pemula yang kepengen belajar merakit Gundam tapi malas memperhatikan detail. Skala umumnya 1/144. Jujur, sampai sekarang saya jarang nemu kotak mokit Gundam berlabel FG ini di toko-toko.

Gundam HG (High Grade)
Ini adalah grade Gundam yang pertama kali saya beli. Skala Gundam HG kebanyakan adalah 1/144, walau ada beberapa HG yang punya skala 1/100. Keunggulan dari keluarga HG dibanding FG, mokit ini sudah cukup menyertakan detail dan aksesoris seperti weapon. Pose Gundam saat dipajang juga sudah bisa diatur. Saya ingat gimana saya menempelkan Gundam pertama saya dengan pose duduk diatas monitor sambil bawa meriam besar. Dan satu lagi, Gundam HG rasanya paling banyak ditemukan di pasaran!

Gundam grade MG Sazabi
Gundam MG Sazabi. Sumber 1999.co.jp

Gundam MG (Master Grade)
Ukuran Gundam MG umumnya bermain di skala 1/100, walaupun ternyata ada beberapa yang dibuat dengan skala 1/60. Tapi jujur saya belum pernah lihat MG skala besar tersebut. Detail grade MG bisa dibilang wah dan cukup bikin mata juling. Tapi bisa dibilang grade ini berada di kelas menengah dan cukup favorit. Selain karena detail tadi, di MG, model Gundam sudah menggunakan rangka.

Gundam RG (Real Grade)
Saya juga jarang lihat gundam jenis ini. Cuman kata temen yang bener-bener pecinta Gundam (tapi males ngerakit), RG ini bisa dibilang Gundam dengan detail MG yang diperkecil dengan skala HG. Iya, dia pakai skala 1/144. Jadi hati-hati ngerakit RG, jangan bersin sembarangan. Selain nanti part detail terbang entah kemana, khawatir ketuker juga sama upil yang lompat pas bersin.

Gundam PG (Perfect Grade)
Dari namanya udah jelas, jenis Gundam ini adalah yang paling komplit, lengkap, ngejelimet dan harganya ngeselin. Gundam PG dirakit dengan sangat detail plus beragam aksesoris yang keren-keren. Contohnya aja Gundam equipment, detail, ada beberapa kelistrikan yang bisa nyala dan tentu saja pakai rangka atau skeleton. Tapi tenang, meski namanya perfect, bukan berarti skala yang dibuat juga 1:1 kok. Kebanyakan Gundam PG dibuat dengan skala 1/60.

Nah, udah pada tau kan perbedaan grade sama skala di mokit Gundam. Jadi sekarang mau beli Gundam yang mana?

Related Articles

2 thoughts on “Mengenal Skala dan Grade Model Kit Gundam”

  1. Nanya donk gan itu yg skala 1/144 tingginya berapa cm ya… Saya cek di ol shop rata2 merk daban emang merk yg recomend untuk mokit ini apa ya… Thanks….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *