Mengenal Beberapa Jenis Plastic Model Kits (Plamo)

Everyone needs a hobby, itu alasan Tony Stark waktu temennya si Rhodes takjub lihat pasukan Iron Man koleksi doi. Yups, kita juga sering denger istilah itu, entah dari orang di sekitar kita atau bisa juga dari film seperti Iron Man itu.

Hobi itu ada banyak, mulai dari yang unik sampai yang ajaib, yang mahal sampai yang gratisan. Misalkan contohnya hobi yang sehat seperti lari, sepeda downhill, renang atau fitness. Ada juga hobi yang mahal, misalkan belanja, koleksi mobil motor antik atau jalan keluar negeri. Hobi kreatif macam melukis, merajut atau fotografi. Sampai hobi yang agak ajaib, misalkan aja stalking timeline mantan!

Salah satu hobi yang banyak digemari orang adalah merakit plastic model kits, atau lebih populer disingkat dengan plamo. Hobi ini memerlukan banyak resource, baik materiil maupun non meteriil. Contohnya saja perlengkapan model kits, beli plamo itu sendiri, sampai kesabaran, ketekunan dan ketelitian yang enggak bisa dinilai dengan uang.

Saya bukan expert di bidang model plastik atau plamo ini. Baru sekitar 2 bulanan saja mulai merakit dan melengkapi peralatannya. Tapi dalam waktu 2 bulan ini, saya berkenalan dengan banyak orang dan dapat ilmu – ilmu baru. Salah satunya adalah jenis – jenis plamo yang ada di Indonesia. Dan untuk berbagi, maka saya mencoba membuat post di blog iKurniawan ini tentang jenis – jenis model plastik yang ada.

membuat gundam plastik pemula

Gundam Plastik (Gunpla)
Di forum – forum, saya sering melihat judul bertema Gunpla. Sampai saya googling, “Apa itu Gunpla“. Ternyata ini adalah singkatan dari Gundam Plastik. Dari namanya sudah cukup jelas, model kit ini memiliki bentuk robot Gundam yang memang cukup populer. Untuk yang pemula, mungkin merakit Gundam saja sudah cukup. Tapi yang sudah pengalaman di Gunpla, mungkin akan merakit – memodifikasi – repaint hingga menciptakan model plastik Gundam yang keren dan unik!

Model Plastik Tank Militer

Plamo Militer
Dari namanya sudah cukup jelas, ini adalah plastic modeling yang membuat model replika dari dunia militer. Modelnya juga ada banyak, dari kendaraan berat seperti tank, panser, angkutan perang, kapal perang, pesawat dan helikopter tempur. Sampai detail kecil dunia militer contohnya infanteri, pasukan mortir dan banyak lagi. Mungkin model plastik militer ini paling banyak toko dan jualannya di Indonesia. Komunitasnya juga terbilang besar dan solid. Kalau tertarik mau melihat – lihat, bisa intip di Komunitas Modeler Militer Indonesia. Tapi jangan bikin rusuh disana ya!

Model Plastik Mobil Otomotif

image : speedhunters.com

Model Plastik Otomotif
Nah, kalau saya tertariknya di golongan yang satu ini. Dari namanya, maka sudah kelihatan kalau plastik model ini merakit bentuk kendaraan otomotif. Yang umum sih bentuknya adalah mobil dan motor. Saya belum lihat kalau ada kendaraan lainnya. Mobil dan motor itu sendiri beragam, mulai dari mobil retro, mobil terbaru, mobil balap, motor besar, motor GP dan banyak lainnya. Asiknya disini, khususnya yang mobil, kita bisa memodifikasi seperti mobil sungguhan. Mulai mengganti velg, membuat cutting sticker, sampai membuat body kit!

Nah, itu beberapa jenis dari plastic model yang populer di Indonesia. Mungkin masih ada yang lainnya, tapi saya masih belum tahu. Kalau ada yang salah, atau ada yang kurang, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar di bawah postingan ini ya guys.

Jadi, apa hobimu?

Tulisan Lainnya

Istilah – Istilah Dalam Proses Mengecat Mode... Waktu itu saya pernah menulis tentang jenis cat untuk model kit plastik. Dan untuk mendapatkan hasil pengecatan yang maksimal, ada baiknya untuk menge...
Review Gundam Converge Limited Edition Kalau enggak salah saya pernah bilang kalau saya sejatinya bukan penggemar Gundam. Nonton anime-nya saja cuma 2 serial, yang mungkin nanti saya bikin ...
Asiknya Belajar Bermain Rubik! Rubik, mungkin adalah salah satu mainan yang keren, menarik tapi juga sekaligus cukup membuat pusing. Dalam 5 tahun terakhir, mungkin sedikitnya saya ...
Mengenal Skala dan Grade Model Kit Gundam Di postingan yang lalu saya pernah bahas tentang beberapa jenis plastik model kit yang populer di Indonesia. Salah satu diantaranya adalah mokit Gunda...

2 Comments

    • iKurniawan

Leave a Reply

badge