Mengatasi Overheat Untuk Mobil Jadul

Saya punya mobil tua, yah masih semi bahan sih. Mobil saya ini berjenis sedan keluaran Toyota dengan seri Corolla KE70. Umumnya, jenis mobil ini dikenal dengan nama Corolla DX. Mobil ini memiliki beberapa model, tergantung dari tahun produksinya. Nah untuk mobil saya, kebetulan masih generasi pertama dengan 4 lampu bulat.

Tapi bukan itu yang mau saya ceritain. Punya mobil jadul berarti punya ‘konstruksi’ yang dibuat untuk kondisi jadul pula. Kurang lebih bisa kita bilang tahun 80-an itu cuacanya mungkin belum sepanas sekarang, dan kondisi jalanan belum separah kayak sekarang yang tiap berapa meter sudah antri karena macet.

Imbasnya adalah, sistem pendinginan mesin untuk kondisi yang dulu dan sekarang hampir enggak sesuai lagi. Jadinya, beberapa pemiliki mobil jadul seperti Corolla DX mengeluhkan mobil yang sering overheat ketika jalanan macet, apalagi saat siang terik.

Saya juga jadi salah satu yang ngalamin hal tersebut. Karena itulah saya mencoba untuk mencari beberapa informasi mengenai cara mengatasi overheat Corolla DX. Ada beberapa solusi, yang mungkin bisa juga teman – teman terapkan di mobil tua masing – masing.

Mengatasi overheat mobil corolla DX

Mobil Impian – sumber google images

Pastikan Sistem Pendinginan Sehat
Ini adalah cara yang paling murah sepertinya. Kurang lebih ya kita harus memastikan semua penginginan mobil seperti waterpump dan radiator masih berfungsi dengan maksimal. Untuk radiator, bersihkan di tukang servis radiator, sekalian cek apakah ada kebocoran.

Tambahkan Extra Fan Radiator
Beberapa pengguna mengeluhkan bahwa overheat kendaraan mereka terjadi saat menggunakan AC. Karena itu, anda bisa menambahkan extra fan untuk radiator tanpa mencopot kipas bawaan mesin. Kalau untuk kondensor AC, tentu harus tetap menggunakan kipas AC yang letaknya berada antara kondensor dan grill.

Nah untuk extra fan radiator, anda dapat menambahkan di antara radiator dan kondensor AC. Ya tentu anda harus sedikit memodifikasi letak radiator agar dapat ‘menyelipkan’ kipas elektrik disana. Mobil jaman sekarang menggunakan kipas elektrik yang digabung dengan thermoswitch (kalau ndak salah), jadi anda dapat mencontek metode yang mereka gunakan.

Mesin Corolla DX rapih dan bersih

Ganti Radiator Yang Lebih Besar
Nah kalau ini mungkin cara yang paling mahal dibanding dua cara diatas. Tapi banyak juga yang memakai cara ini. Alasannya sederhana, lebih mudah dan cepat. Kita tinggal mencari radiator yang lebih besar, yang dapat masuk ke bawah kap mesin kita. Untuk Corolla DX sendiri, banyak yang menyarankan pakai radiator 3ply milik L300, atau milik Kijang Diesel. Yah, tentunya harus menambah dudukan sedikit.

Cek Pengapian Kendaraan
Soal ini saya masih belum banyak baca, tapi ada beberapa pemilik kendaraan yang menyebutkan bahwa overheat juga bisa disebabkan oleh kelistrikan yang kurang baik. Jadi ada baiknya anda mengecek kelistrikan kendaraan anda.

Itu saja beberapa tips yang dapat anda coba untuk mengatasi overheat pada kendaraan anda. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa untuk bantu share dan tinggalkan komentar anda
🙂

Tulisan Lainnya

Sedan Retro Toyota Corolla DX KE70 Corolla DX adalah mobil sedan keluaran Toyota yang pertama kali diproduksi pada akhir era 70-an. Sejatinya, Corolla DX adalah keluarga dari sedan Toyo...
Mobil Sedan Retro : BMW E30 318i (M40) Untuk penggemar mobil-mobil sedan retro, khususnya yang berjenis kompak dan keluaran Eropa pasti kenal betul dengan mobil retro yang satu ini. Untuk y...
Mobil Jadul Keren di Era 70 hingga 90-an Trend mobil jadul atau mobil retro sepertinya memang makin menjamur nih. Buktinya, makin banyak aja mobil tua yang sudah didandani ala anak muda jaman...
Mencegah Dan Mengatasi Aki Mobil Tekor Di Jalan Punya mobil tua itu memang punya sensasi tersendiri. Jadi pusat perhatian di jalan atau parkiran, tampil beda dari pengguna jalan lainnya dan tentu sa...

2 Comments

  1. 4G

Leave a Reply

badge