Mengatasi Error Missing Entry-Title Google Webmaster Tools

Beberapa waktu lalu saya melakukan perubahan beberapa hal di blog iKurniawan.com ini. Mulai dari memindahkan hostingan sampai merubah tampilan dengan mengganti tema atau template. Tak tahunya, perubahan-perubahan tersebut memberikan beberapa efek ke blog ini. Apalagi merubah tema yang ternyata berimbas pada struktur blog di mata mesin pencari. Dampaknya, mulai dari pengunjung yang anjlok dan banyak muncul eror di Google Webmaster Tools (GWT).

Salah satu eror yang membuat saya risih adalah pada bagian Search Appearance > Structured Data > hentry. Ada dua bagian besar eror yang muncul, yaitu Missing: Entry-Title dan Missing: Author. Saya kurang tahu apakah hal ini kemudian yang membuat pengunjung berkurang drastis hingga 60% atau bukan. Tapi karena merasa terganggu dengan adanya tanda merah ini, saya akhirnya mencoba mencari cara menghilangkan eror tersebut.

Error Missing Entry-title pada Google Webmaster Tools GWT

Setelah lompat kesana-kesini, ada dua cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan error Missing: Entry-title di GWT ini. Oh iya sebelum membaca lebih lanjut, cara ini adalah untuk kamu yang menggunakan WordPress self-hosting. Tapi mungkin bisa juga dicoba untuk yang menggunakan wordpress.com atau blogger.

Cara Pertama : Edit File Template Single Post
Mencari cara mengatasi masalah Missing: entry-tittle untuk blog wordpress ternyata lumayan susah. Kebanyakan tutorial yang muncul adalah untuk blogger. Karena sudah agak mentok, akhirnya tutorial blogger itu saya praktekkan juga ke blog ini. Dan sepertinya, lumayan work. Caranya cukup gampang kok.

  1. Masuk ke bagian edit themes atau template blog. Biasanya sih dari Dashboard – Appearance – Editor. Kemudian pilih bagian single post yang biasanya nama filenya single.php
  2. Setelah itu cari bagian h1 class=”title”. Ini enggak baku ya, bisa saja themes yang kamu pakai itu h2 atau h3. Dan bisa aja isinya bukan title, melainkan single-title atau keduanya.
  3. Kemudian di belakang tulisan title atau single-title tersebut, masukkan entry-title.
  4. Terakhir, jangan lupa simpan.

Mengatasi Error Missing Entry-Title

Sampai sini maka tugas kamu sudah selesai. Selanjutnya adalah menunggu GWT kembali meng-crawl blog kamu dan lihat, apakah jumlah eror berkurang atau tidak.

Cara Kedua : Pakai Plugin Schema Creator
Nah kalau mau lebih mudah, bisa pakai plugin yang satu ini. Cukup install plugin Schema Creator, aktifkan dan biarkan saja demikian. Menurut deskripsinya sih, plugin ini akan membuat skema posting yang kamu buat sudah dilengkapi dengan rich snippet yang dibutuhkan oleh Google. Salah satunya ya masalah entry-title itu tadi.

Kedua cara ini sebenarnya saya praktekkan dan sekarang error untuk Missing: entry-title ini tinggal beberapa saja. Tapi setelah sekarang error saya jauh berkurang, saya malah enggak tau mana yang sebenarnya berhasil. Yah, anggap saja keduanya ada manfaatnya.

Anyway, untuk masalah Google Webmaster Tools bagian Missing: Author, saya masih belum bisa mengatasinya. Kalau ada yang bisa, ditunggu ya tips dan tricknya!


Tulisan Lainnya

Akhirnya Beli WordPress Premium Themes Untuk Blog Isi atau konten postingan memang bisa dibilang sebagai hal paling penting dari sebuah blog. Sebagus apapun tampilan log, tapi kalau postingannya cum...
Gambar Ilustrasi Untuk Blog, Cari Dimana Yah? Kata para sepuh blogger, yang namanya bikin tulisan di blog itu kurang lengkap kalau enggak disertakan gambar ilustrasi. Gambar ini fungsinya kurang...
Plugins Related Posts Terbaik Untuk Blog Gado-Gado Salah satu alasan saya memilih wordpress self-hosting sebagai platform blog iKurniawan ini adalah karena mudahnya melakukan kustomisasi. Kalau pakai b...
Cara Mencari Keyword Yang Banyak Dicari Di Google Tips Blogger : Kata sesepuh-sesepuh blogger, dalam dunia blog dikenal dengan istilah "content is a king". Artinya adalah artikel atau postingan yang k...

2 Comments

Leave a Reply