Mencegah Dan Mengatasi Aki Mobil Tekor Di Jalan

Punya mobil tua itu memang punya sensasi tersendiri. Jadi pusat perhatian di jalan atau parkiran, tampil beda dari pengguna jalan lainnya dan tentu saja suka ngambek dan mogok kapanpun dia suka. Keren kan?

Tapi yang namanya mobil mogok itu enggak Cuma karena usia yang sudah tua saja. Teman saya, sebut saja namanya Bunga, pernah kok mengalami masalah mobil mogok saat lagi di mall. Padahal mobil yang dia pakai adalah mobil keluarga keluaran terbaru. Akhirnya dia pulang dan mobilnya ditinggal di parkiran mall. Usut punya usut, ternyata aki mobil yang dia pakai soak atau hilang arus.

Mungkin buat cowok, mobil mogok karena aki soak itu bukan masalah yang berat-berat amat. Kita tinggal kabur ke toko buat beli aki baru. Atau yang paling simpel sih narik tukang parkir buat bantuin dorong mobil sampe nyala. Praktis. Walau memang nyusahin.

Tapi cara itu enggak berlaku dalam beberapa kondisi. Misal kita sudah rapih mau ke kantor atau kondangan, lagi ngedate atau lagi di kota yang kita enggak tau di mana ada bengkel mobil dan toko aki. Apalagi kalau kamu cewek. Please, cewek dorong-dorong mobil karena aki soak? Saya enggak tega deh!

Maka dari itu, untuk mencegah kemungkinan aki mobil kamu tekor atau soak, ada baiknya kamu mulai memperhatikan pemakaian dan kondisi aki kamu. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan adalah :

Pastikan semua kelistrikan mati saat kamu akan meninggalkan mobil. Sering banget nih orang yang meninggalkan mobilnya dengan kondisi kelistrikan yang menyala. Misalkan lampu kabin atau bahkan lampu depan. Ini kebiasaan yang berbahaya banget karena bisa membuat daya aki habis. Jadi pas mau menghidupkan mesin, aki enggak bakal bisa mengangkat ‘stater’ mobil.

Periksa arus dan air aki mobil secara berkala. Untuk yang masih pakai aki basah, penting untuk menjaga air elektrolit aki atau air aki agar tetap berada di batas rekomendasi. Jika air mendekati batas minimum, segera diisi.

Bersihkan kepala aki dan kencangkan klem. Sering di kepala aki kita lihat kerak atau kotoran berwarna kuning atau kehijauan. Ini disebabkan klem kepala aki yang kurang kencang. Lakukan pembersihan kerak dan kotorang yang ada dengan air panas. Setelah itu, kencangkan klem kepala aki dengan baik.

Ganti dan gunakan aki dengan ukuran yang sama. Setiap mobil pasti memiliki ukuran aki yang berbeda-beda. Kalau sudah ngomongin aki, enggak selalu berpegang dengan prinsip ‘makin besar makin bagus’. Ukuran yang paling baik adalah yang sesuai dengan rekomendasi dari pabrikan mobil kamu. Dan kalau memang sudah waktunya aki mobil untuk diganti, jangan ditunda-tunda. Memang kamu mau aki mobil soak pas lagi pacaran?

Meski sudah melakukan berbagai tindakan pencegahan, kita tetap enggak pernah tahu kapan masalah aki mobil tekor dan mogok akan datang. Jadi selalu ada kemungkinan mobil mogok karena aki tekor di jalanan saat akan berangkat kerja, atau bahkan saat mobil diparkir di rumah.

Untungnya beberapa waktu lalu saya sudah menemukan solusi untuk masalah yang satu ini. Caranya adalah dengan menggunakan layanan #GSAstraDelivery, yaitu layanan yang disediakan Shop&Drive kalau kamu punya masalah dengan aki mobil kamu. Jadi misalkan aki mobil saya tekor dan kemudian mobil mogok di mall, saya tinggal telepon Call Shop&Drive di nomor 15-000-15.

Selanjutnya montir dari Shop&Drive akan datang ke lokasi dimana mobil saya berada, sambil membawa aki mobil GS Astra yang baru. Saya tinggal duduk santai dan biarkan abang montir bekerja. Layanan ini cocok banget buat saya yang sering berpergian dengan mobil tanpa membawa alat untuk ganti aki mobil sendiri plus enggak punya pengalaman bongkar-bongkar aki. Jadi lebih praktis, mudah dan cepat!

Yang lebih asiknya lagi, layanan antar aki GS Astra Delivery dari Shop&Drive ini tersedia di lebih dari 360 outlet yang tersebar hampir di seluruh kota besar di Indonesia. Asiknya lagi, layanan ini tersedia 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Jadi kamu bisa telepon kapanpun kamu butuh, bahkan saat di luar kota sekalipun!

Mau Hadiah Jutaan Rupiah Dari Shop&Drive?
Kalau kamu punya cerita tentang layanan GS Astra Delivery dari Shop&Drive, coba deh kamu ikutan kompetisi bercerita #GSAstraDelivery. Kontes yang digelar oleh Shop&Drive ini akan digelar mulai 17 Oktober 2016 sampai 31 November 2016. Hadiahnya enggak tanggung-tanggung, total 24 juta rupiah akan dibagikan untuk para pemenang kontes blog atau juga video. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa baca di Shop&Drive Story Telling Competition. Buruan ikut, jangan sampai ketinggalan yah!!

Tulisan Lainnya

Belajar Mencuci Mobil Sendiri, Biar Lebih Hemat Saya adalah tipikal orang yang agak-agak males untuk mengerjakan sesuatu yang ada 'jasa' jualannya. Contohnya ya mencuci mobil ini. Sekarang ini usaha...
Waktunya Untuk Mulai Belajar Menabung Lagi Menabung untuk masa depan. Mungkin itu kalimat yang sudah sering kita dengar, bahkan dari kecil. Kalau jaman saya anak-anak, sangat ditekankan untuk m...
Hati-Hati Berkendara Saat Musim Hujan Musim hujan adalah musim yang kurang menguntungkan bagi kita yang sering menghabiskan waktu di perjalanan. Apalagi bagi kita yang sering berkendara, k...
Cermat Memilih Deposito Dengan Cermati Sebagai seorang pegawai yang memiliki penghasilan sendiri, sekaligus juga menjadi mahasiswa yang senang kelayapan, ternyata menabung itu menjadi hal y...

5 Comments

Leave a Reply