Memilih Tempat Wisata Untuk Liburan Keluarga di Lampung

Ini adalah tahun terakhir saya kuliah atau tugas belajar dari kantor. Artinya, mulai awal tahun 2016 nanti saya akan kembali menjadi manusia 7-5 yang hidupnya 5×24 jam ada di kantor. Nah, sebelum memasuki tahap dimana saya enggak bisa libur tersebut, maka saya mau ajak keluarga saya berlibur dulu deh.

Sebenernya sih, saya lebih kepingin ke Ciwidey atau kemah di Grafika Cikole gitu. Tapi karena anak saya masih berusia 3 tahun, rasanya agak ragu juga mau jalan jauh begitu. Jadinya, saya memutuskan untuk cari tempat wisata keluarga yang ada di daerah Lampung saja. Syaratnya enggak muluk-muluk, ada penginapan yang nyaman dan formatnya harus alam. Yups, kalau cuma penginapan kan bisa minep di hotel saja.

Dengan kriteria-kriteria itu, saya sudah mendapatkan beberapa tempat yang direkomendasikan teman sih. Ada yang di gunung, ada yang laut sampai ada yang di danau. Sekarang, tinggal mempertimbangkan plus minus dari masing-masing tempatnya saja. Siapa tahu ada yang cari info juga, ini beberapa tempat liburan keluarga di Lampung dengan nuansa alam.

Liburan di Grand Elty Krakatoa
sumber foto: grandeltykrakatoa.com

Grand Elty Krakatoa
Pilihan pertama sebenarnya jatuh ke Grand Elty Krakatoa. Tempat wisata ini terletak di daerah Kalianda, Lampung Selatan. Kalau dari Bandar Lampung, mungkin sekitar 1,5 atau 2 jam perjalanan saja. Dulunya, nama tempat wisata ini kalau enggak salah Kalianda Resort. Tapi berganti kepemilikan dan direnovasi jadi tempat wisata yang lebih berkelas.

Kalau dari situs Grand Elty Krakatoa sendiri, mereka menyediakan villa dan hotel sebagai tempat akomodasi. Untuk aktifitas keluarga, ada beberapa jenis olahraga air yang bisa kita sewa. Harganya, yah standar resort berbintang lah. Untuk info lebih lengkap, langsung cek websitenya atau follow twitternya di @eltykrakatoa deh.

Taman Wisata Bumi Kedaton
Untuk yang wisata alam dan masih dalam Kota Bandar Lampung, ada Taman Wisata Bumi Kedaton yang terletak di daerah Teluk Betung Utara. Dulunya taman ini memang taman wisata yang komplit dengan kebun binatang, playground dan juga waterboom. Sekarang katanya sih sudah ada penginapan yang lumayan menarik. Kalau sudah kehabisan ide, rasanya ini adalah pilihan yang cocok untuk liburan keluarga. Selain bisa mengenalkan anak ke berbagai binatang, bisa sekalian main air juga di waterboom atau sekedar naik gajah dan delman.

Penginapan Pemandangan di Danau Ranau
Danau Ranau, sumber : veronikacloset.wordpress.com

Danau Ranau
Nah, kalau agak keluar kota sedikit, mungkin Danau Ranau adalah pilihan yang menarik. Nuansa alamnya masih sangat kental dan ativitas alamnya juga cukup beragam. Katanya sih di sana kita bisa trekking ringan, memancing atau sekedar duduk manis melihat indahnya Danau Ranau. Untuk akomodasi, ada homestay milik warga atau villa. Sayangnya, saya justru disarankan untuk menginap di villa atau penginapan yang dikelola oleh PT PUSRI. Alasannya, yang dikelola pemda setempat kurang terawat.

Pantai Krui
Kalau mau nuansa pantai, dibandingkan ke Grand Elty Krakatoa, saya justru lebih disarankan untuk ke Krui saja. Di daerah Krui, banyak juga resort atau villa berkelas yang disewakan dengan harga relatif lebih terjangkau. Yah, walaupun jaraknya lebih jauh sih, bisa 6 hingga 8 jam perjalanan. Tapi katanya, di sana lebih alami dan tak kalah berkelas. Mungkin karena sasarannya adalah wisatawan asing yang mau surfing, sehingga mereka menyediakan penginapan-penginapan tersebut.

Rencananya, liburan keluarga saya ini akan diambil bulan Desember saja. Tapi sampai sekarang, saya masih belum memutuskan untuk liburan ke mana. Masih mempertimbangkan untuk ke Danau Ranau atau ke Krui, tapi lamanya perjalanan kok hampir sama ke Anyer Carita atau bahkan ke Grafika Cikole kalau jalanan lancar. Jadi sejauh ini, masih bingung mau ke mana. Atau, teman ada ide enaknya liburan keluarga kemana?

Related Articles

4 thoughts on “Memilih Tempat Wisata Untuk Liburan Keluarga di Lampung”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *