Memilih Suplemen Fitness, Weight Gainer Atau Whey Protein?

Beberapa waktu yang lalu saya pernah bilang, bahwa tubuh saya rasanya kurang proporsional. Sekedar mereferensikan aja, tinggi saya 172cm dengan berat 63kg. Mungkin keliatan enggak terlalu timpang, tapi kalau lihat postur yang sangat kecil dan gendut di perut maka keliatan yang tadi saya bilang, enggak proporsional.

Nah atas dasar itu saya mencoba cari tips – tips untuk meningkatkan berat badan, tapi dengan cara yang sehat. Saya bukan expert, tapi dari yang saya baca dan pengalaman kemaren – kemaren, badan saya termasuk yang susah berkembang. Makan banyak memang berpengaruh, tapi lebih ke gedein perut. Sementara dada dan tangan tetep kurus – kurus aja.

Salah satu cara yang dianjurkan untuk ningkatin berat dengan baik itu ternyata nge-gym, atau fitness. Ya gimana enaknya aja nyebut, ada beberapa yang bilang workout atau WO. Intinya, saya harus melatih otot. Tujuannya sederhana, badan enggak bisa nyimpen lemak, maka cara gedein badan adalah dengan menambah massa otot. Caranya? Ya fitness itu tadi.

Untuk membantu perkembangan massa otot tadi, maka harus disuplai dengan makanan yang bagus pula. Yang jelas sih, kalau karbohidrat dah cukup, protein jangan ampe ketinggalan. Kalau karbo belum cukup, maka tambah porsi karbo. Intinya, gizi seimbang itu yang kudu dipenuhin. Jadi, karena saya merasa perlu suplemen untuk menuhin kebutuhan itu, saya memutuskan untuk beli suplemen fitness. Pertanyaannya adalah, mana yang harus saya beli, Gainer atau Whey?

Tips Memilih Suplemen Fitnes

Apa Itu Gainer?
Ini saya kutip dari forum kaskus.co.id, “Ketika seseorang yang kurus membutuhkan protein, dia juga membutuhkan karbohidrat untuk tameng agar proteinnya bisa tetap difokuskan pada pembentukan otot. Sedangkan karbohidratnya akan digunakan untuk energi. Mass gainer ini adalah jenis yang mengandung keduanya, karbohidrat dan protein sehingga cocok diminum sebelum latihan. Gainer adalah suplemen yang mengandung kalori dan protein tinggi untuk membantu Anda mendapatkan massa otot tambahan dan membuat Anda senantiasa dalam keadaan anabolik (membentuk otot).”

contoh-suplemen-facts-weight-gainer
Contoh nutrisi dalam Gainer

Mungkin kalau dibuat point – point, manfaat gainer kurang lebih seperti ini :

  • Formulanya untuk memenuhi kebutuhan kompleks pada tubuh. (kalori, karbo, protein)
  • Diformulasikan khusus untuk menambah berat badan agar bertubuh ideal dan atletis.
  • Sumber energi dari karbohidrat kompleks.

Jadi kira – kira, kalau kita merasa supply karbohidrat dan protein kita masih kurang, atau kalori yang masuk masih lebih kecil dari kalori yang terpakai, maka pilih gainer sebagai suplemen tambahan. Jadi kita bisa surplus kalori dalam tubuh. Mungkin untuk gainer yang memang dijual bebas untuk keperluan body building agak sulit ditemukan di pasaran, kecuali jika anda mencari di tempat khusus untuk fitness. Namun ada beberapa jenis susu yang bisa dibilang termasuk kategori gainer, contohnya adalah susu Appeton Weight Gain.

Lalu apa itu Whey Protein?
Kurang lebih, whey protein adalah protein tinggi yang terkandung dalam susu sapi. Jenis protein ini sangat mudah diserap oleh tubuh. Saya tidak akan menjelaskan secara detail kandungan yang ada didalam whey protein, tapi kurang lebih whey ini sangat berguna sebagai suplemen untuk memacu pertumbuhan otot dan mempercepat proses penyembuhan.

Ini ada beberapa manfaat whey yang saya dapat dari berbagai sumber. Belum tentu benar, jadi sebagai referensi saja, bukan sebagai patokan :

  1. Meningkatkan massa otot rendah lemak
  2. Mempercepat proses pemulihan otot
  3. Meningkatkan proses pemulihan otot lebih baik
  4. Meningkatkan metabolisme tubuh
Kandungan protein whey
Contoh kandungan nutrisi Whey Protein

Nah, dari kedua tipe suplemen diatas, maka sebelum memilih kita harus terlebih dahulu melihat apa yang kita butuhkan. Kalau saya secara pribadi, memang ingin menaikkan massa tubuh. Namun kalau melihat ke diri sendiri, kalau kalori saya tambah, badan tidak tambah besar, tapi perut makin lebar. Karena itu saya memutuskan untuk tidak memilih gainer.

Saya akhirnya memutuskan untuk memilih whey protein saja. Alasannya, kalori saya dapat dari porsi makan sehari – hari. Namun protein saya rasa kurang dengan pola makan saya sekarang ini. Jadi whey protein ini bisa jadi suplemen tambahan untuk memenuhi kebutuhan protein.

Nah sedikit petuah dari senior – senior yang lebih dulu terjun ke dunia fitness dan gym, gainer atau whey protein, atau suplemen apapun yang kita pilih itu cuma SUPLEMEN. Jangan sampai menggantikan makanan atau raw food yang harus kita penuhi. Kalau raw food sudah mencukupi kebutuhan kita, maka suplemen itu mungkin tidak perlu kita beli.

Dan terakhir, suplemen itu cuma suplemen. Enggak akan menjadikan badan kita berotot secara instant. Tetep perlu latihan, dan kerja keras kalau mau berhasil mencapai goal kita.

Yaps kayaknya segitu aja dulu, semoga ada manfaatnya. Kalau ada masukan atau ada tambahan, tulis di kotak komentar ya. Jangan lupa baca juga : Apa itu Bulking dan Cutting

Related Articles

41 thoughts on “Memilih Suplemen Fitness, Weight Gainer Atau Whey Protein?”

  1. minta saran agar minum gainer bisa lebih enak.
    dan apakah oats instan yang mentah boleh langsung dimix dengan gainer?

  2. saya dalam program bulking, sudah 3bulan.
    selama ini tidak pakai gainer atau suplement.
    niat mau beli gainer, tp karena keuangan pas2an..
    minta dibantu rekomendasi Gainer yg bisa diirit2 pemakaiannya heheehe…
    wish list saya sih ON serious mass (12lbs. 2scoop /serving) & dymatize 12lbs ..
    mgkn ada yg lbh hemat pemakaiannya minta rekomendasi agar bisa cukup perbulan & keuangan saya.
    terima kaasih mohon infonya

  3. Mas, saya konsumsi serious mass sebulan ini tapi kenapa perut saya malah melebar ya berlemak gitu. Dan susu carnivor beef protein termasuk golongan whey atau gainer?

      1. Saya termasuk orang yg gk slalu ada di rumah mas, jadi mau ke tmpt fitnes aja gk bisa. Jadi Ngandelin body weight aja setiap hariny, susu yg rekom untuk orng kaya saya apa ya mas? Thx

  4. Saya mau tanya admin, tinggi 170 berat badan 75 kg, dan perut saya buncit, bagus nya minun suplemen apa, gainer atau whey..???

  5. Maaf bro, mau tanya tinggi sy 170 berat badan 75 kg, terus peru saya buncit, cocok minum susu apa..??? Gainer atau Whey Protein…???

  6. bang kurniawan tinggi saya 170 tpi berat bdan saya cuma 48kg sya nge gym tpi tngan aja yg agk klhtan brisi gmna ya cara biyar bisa berisi normal mhon sranya bang trmakasih ..

    1. sebaiknya ditunda dulu pak. karena protein dari gainer termasuk yang lambat dicerna tubuh, maka ditakutkan akan menutup atau memperkecil saluran pembuluh darah. sebaiknya kontrol dulu kolesterol jahat dengan latihan cardio atau olahraga ringan. setelah itu cek kolesterol bapak. jika sudah mendekati normal baru diperbolehkan mengonsumsi gainer. itu pun masih harus dilakukan berbarengan dengan fitness atau olahraga lainnya.

  7. Bro, bingung nie milih susu suplemen whey protein yang bagus. Soalnya kebanyakan pada mengandung kolesterol, sedangkan saya sendiri ada darah tinggi/kolesterol tinggi. Gm ya….Klo udah kena kolesterol kepala puyengnya minta ampun, kleyengan, muter2, keringetan, pokoknya gtu deh. Thx bro klo ada sarannya.

  8. salam gymania ms kurniawan,,,,,
    kalo menurut saya sih 22ny perlu,yg penting pola makan harus benar2 dijaga.kalo bisa jangan makan2an tumisan gorengan.kalo perlu minyak dengan lemak sehat dan garam diet.gainer macam2 ya,mending milih gainer yg mengandung bcaa biar otot g kendur.kalo untuk perut asal rajin olah otot perut dirmh at digym,3minggu udah keliatan.

  9. saya jg pemula di GYM, di tmpt saya ngeGYM beli susu Gainer nya sdh di ketengin sm pemilik GYM ny ( Rp.15000 ) per Sachet. jd cocok untuk keadaan kantong kita hehehee…

  10. Salam kenal mas kurniawan, saya mau tanya ni mas, tinggi saya 171 cm, berat 62 cm, perut saya gak buncit, saya mau buat sixpack perut saya mas, biar keliatan kering gt, bagusnya whey atau gainer mas? mohon jawabannya ya mas. thx

  11. Sam berat badan sy 49kg, tinggi 160cm, umur 19 thn.
    Saya ingin membentuk otot tubuh saya dg minum suplemen protein, tetapi saya jg ingin menambah tinggi badan saya dg minum suplemen kalsium.
    Lalu bagaimana mengatur jangka waktu minum suplemen protein dan kalsium, mengingat protein dan kalsium tidak boleh diminum secara bersamaan.
    Kesalahan saya sejak bayi saya vegetarian, baru umur 19 thn sy mulai suka makanan hewani.

  12. mungkin tipe badan mas sama dengan tipe badan saya ya,, badan kurus tapi perut sedikit berlemak.. saya dulu juga sudah pergi ke gym dan mengkonsumsi whey tapi bukannya tambah berisi badan tapi perut saya yang semakin buncit..

    1. Iya mas mungkin sama. Pas rajin-rajinnya ke gym, perut memang tidak signifikan jadi rata, tapi agak mulai kempes dan dada mulai berisi sih.
      sayang ndak ada temennya lagi mw ke gym
      🙁

    2. Pola makan hrs sangat diperhatikan Bro, makanlah 6x sehari sedikit2, carilah makan sehat yg mendukung fitness anda,.jgn makan sembarangan saja. Mdh2an sukses.

    1. Saya bukan expert dan enggak pengalaman loh mas. Tapi menurut saya, ya boleh saja. Itu seperti menambahkan porsi kandungan protein ke gainernya mas. Cuma kalau saya pribadi, mendingan dibagi porsi minumnya. Misal bangun tidur minum Gainer. Habis latihan minumannya Whey.

      Semoga bermanfaat ya.
      🙂

  13. trima kasih mas ikhwan…ni mau tnya..aq uda gym 3blan lalu ambil gainer..alhamdulillah ada prubahan..brat tambah 4kg jd 54..otot pun ada klihata…bahu.tricep.bicep.chest smua brubah..aq mau tanya apakah saya skarang sudah boleh ambil WHEY PROTEIN ISOLATE…karena aq bimbang perut akan buncit krena slera mkan tnggi..trima ksih..plese..

  14. Bang..kalo untuk tinggi badan sendiri gimana? Apa umur 19thn seperti saya masa bisa tinggi? Dan apa latihan beban yg berat bisa menghambat pertumbuhan tinggi badan . Makasih

    1. Menurut saya sih latihan beban enggak menghalangi pertumbuhan tinggi badan. Dan usia 19 tahun masih bisa bertambah, walau mungkin enggak signifikan.

      Saran saya sih, coba renang saja yang rutin. Usahakan pakai gaya dada / gaya bebas. Cuma dari pengalaman, tapi cara ini efektif untuk saya dan beberapa teman saya.

  15. Gara2 baca di forum diskusi sebelah ngomongin gainer dan whey, jadi penasaran pengen tau maksudnya apa, ee jadinya kemari ke blognya mas Ihsan Kurniawan, salam kenal ya Mas, thanks lho atas infonya artikelnya bermanfaat, saya jadi paham sekarang perbedaannya … 🙂

  16. bang Kurniawan, berat saya 63kg, tinggi 170cm.. kurang lebih lah sama badan bang Kurniawan.. makan saya ya biasa aja pagi makan bubur gandum atau roti.. kadang kadang aja nasi.. siang baru makan nasi dan lauk pauk, malam nasi juga plus lauk pauk… jadi susu nya pakai gainer atau whey ya? untuk mengembangkan massa otot. saya juga perut gede hahahaha..

    1. Saya ndak expert sih mas, tapi kalau konsumsi karbo nya cukup, ambil whey aja. tapi kalau merasa asupan karb kurang, ambil gainer.

      Kalau ecto, yang penting latihan beban rutin untuk naikkan berat badan dari nambah masa otot
      🙂

  17. iya ni sya jg masih bingung milih gainer ato whey, apalagi tdi contohya pas bgt sma keadaan saya..

    makasi bnyak infonya.. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *