Memilih Suplemen Fitness, Weight Gainer Atau Whey Protein?

Beberapa waktu yang lalu saya pernah bilang, bahwa tubuh saya rasanya kurang proporsional. Sekedar mereferensikan aja, tinggi saya 172cm dengan berat 63kg. Mungkin keliatan enggak terlalu timpang, tapi kalau lihat postur yang sangat kecil dan gendut di perut maka keliatan yang tadi saya bilang, enggak proporsional.

Nah atas dasar itu saya mencoba cari tips – tips untuk meningkatkan berat badan, tapi dengan cara yang sehat. Saya bukan expert, tapi dari yang saya baca dan pengalaman kemaren – kemaren, badan saya termasuk yang susah berkembang. Makan banyak memang berpengaruh, tapi lebih ke gedein perut. Sementara dada dan tangan tetep kurus – kurus aja.

Salah satu cara yang dianjurkan untuk ningkatin berat dengan baik itu ternyata nge-gym, atau fitness. Ya gimana enaknya aja nyebut, ada beberapa yang bilang workout atau WO. Intinya, saya harus melatih otot. Tujuannya sederhana, badan enggak bisa nyimpen lemak, maka cara gedein badan adalah dengan menambah massa otot. Caranya? Ya fitness itu tadi.

Untuk membantu perkembangan massa otot tadi, maka harus disuplai dengan makanan yang bagus pula. Yang jelas sih, kalau karbohidrat dah cukup, protein jangan ampe ketinggalan. Kalau karbo belum cukup, maka tambah porsi karbo. Intinya, gizi seimbang itu yang kudu dipenuhin. Jadi, karena saya merasa perlu suplemen untuk menuhin kebutuhan itu, saya memutuskan untuk beli suplemen fitness. Pertanyaannya adalah, mana yang harus saya beli, Gainer atau Whey?

Tips Memilih Suplemen Fitnes

Apa Itu Gainer?
Ini saya kutip dari forum kaskus.co.id, “Ketika seseorang yang kurus membutuhkan protein, dia juga membutuhkan karbohidrat untuk tameng agar proteinnya bisa tetap difokuskan pada pembentukan otot. Sedangkan karbohidratnya akan digunakan untuk energi. Mass gainer ini adalah jenis yang mengandung keduanya, karbohidrat dan protein sehingga cocok diminum sebelum latihan. Gainer adalah suplemen yang mengandung kalori dan protein tinggi untuk membantu Anda mendapatkan massa otot tambahan dan membuat Anda senantiasa dalam keadaan anabolik (membentuk otot).”

contoh-suplemen-facts-weight-gainer

Contoh nutrisi dalam Gainer

Mungkin kalau dibuat point – point, manfaat gainer kurang lebih seperti ini :

  • Formulanya untuk memenuhi kebutuhan kompleks pada tubuh. (kalori, karbo, protein)
  • Diformulasikan khusus untuk menambah berat badan agar bertubuh ideal dan atletis.
  • Sumber energi dari karbohidrat kompleks.

Jadi kira – kira, kalau kita merasa supply karbohidrat dan protein kita masih kurang, atau kalori yang masuk masih lebih kecil dari kalori yang terpakai, maka pilih gainer sebagai suplemen tambahan. Jadi kita bisa surplus kalori dalam tubuh. Mungkin untuk gainer yang memang dijual bebas untuk keperluan body building agak sulit ditemukan di pasaran, kecuali jika anda mencari di tempat khusus untuk fitness. Namun ada beberapa jenis susu yang bisa dibilang termasuk kategori gainer, contohnya adalah susu Appeton Weight Gain.

Lalu apa itu Whey Protein?
Kurang lebih, whey protein adalah protein tinggi yang terkandung dalam susu sapi. Jenis protein ini sangat mudah diserap oleh tubuh. Saya tidak akan menjelaskan secara detail kandungan yang ada didalam whey protein, tapi kurang lebih whey ini sangat berguna sebagai suplemen untuk memacu pertumbuhan otot dan mempercepat proses penyembuhan.

Ini ada beberapa manfaat whey yang saya dapat dari berbagai sumber. Belum tentu benar, jadi sebagai referensi saja, bukan sebagai patokan :

  1. Meningkatkan massa otot rendah lemak
  2. Mempercepat proses pemulihan otot
  3. Meningkatkan proses pemulihan otot lebih baik
  4. Meningkatkan metabolisme tubuh
Kandungan protein whey

Contoh kandungan nutrisi Whey Protein

Nah, dari kedua tipe suplemen diatas, maka sebelum memilih kita harus terlebih dahulu melihat apa yang kita butuhkan. Kalau saya secara pribadi, memang ingin menaikkan massa tubuh. Namun kalau melihat ke diri sendiri, kalau kalori saya tambah, badan tidak tambah besar, tapi perut makin lebar. Karena itu saya memutuskan untuk tidak memilih gainer.

Saya akhirnya memutuskan untuk memilih whey protein saja. Alasannya, kalori saya dapat dari porsi makan sehari – hari. Namun protein saya rasa kurang dengan pola makan saya sekarang ini. Jadi whey protein ini bisa jadi suplemen tambahan untuk memenuhi kebutuhan protein.

Nah sedikit petuah dari senior – senior yang lebih dulu terjun ke dunia fitness dan gym, gainer atau whey protein, atau suplemen apapun yang kita pilih itu cuma SUPLEMEN. Jangan sampai menggantikan makanan atau raw food yang harus kita penuhi. Kalau raw food sudah mencukupi kebutuhan kita, maka suplemen itu mungkin tidak perlu kita beli.

Dan terakhir, suplemen itu cuma suplemen. Enggak akan menjadikan badan kita berotot secara instant. Tetep perlu latihan, dan kerja keras kalau mau berhasil mencapai goal kita.

Yaps kayaknya segitu aja dulu, semoga ada manfaatnya. Kalau ada masukan atau ada tambahan, tulis di kotak komentar ya. Jangan lupa baca juga : Apa itu Bulking dan Cutting

Tulisan Lainnya

Manfaat Creatine Untuk Suplemen Fitness dan Tubuh Manfaat Creatine Untuk Tubuh - Untuk yang hobi pergi latihan di gym, atau fitness, pasti sudah cukup mengenal beberapa nama jenis suplemen. Salah satu...
Latihan Kardio Untuk Kecilkan Perut, Hmmm…. Entah paradigma dan turunan darimana, tapi PNS itu identik dengan perut yang gendut. Hmm, saya tidak akan membicarakan soal hal negatif yang sering me...
Cara Minum Whey Protein Yang Baik Untuk Membentuk ... Beberapa waktu lalu, saya pernah membuat postingan tentang apa itu whey protein. Secara sederhana, whey protein adalah suplemen yang memiliki kandunga...
Memulai Fitness : Mengenal Bulking dan Cutting Untuk orang yang baru memulai fitness atau body building seperti saya, gagal dan berhenti di tengah jalan itu bukan sesuatu yang mengejutkan lagi. Keb...

33 Comments

  1. Muhammad Guntur
  2. Muhammad Guntur
  3. den ipung
  4. osa
    • anak bali
  5. Jimi
  6. hottasee
  7. Ferry firmansyah
  8. Ferry Distrix
  9. rasyid
    • Ampera Jaya
  10. Sandro
  11. zulkifli hafid
  12. Rama
    • iKurniawan
    • iKurniawan
  13. Wima
    • iKurniawan
    • iKurniawan
  14. andi

Leave a Reply

badge