Memilih Mainan Untuk Si Kecil

Punya anak kecil itu berarti kita harus belajar banyak memahami keinginan dan kesukaan mereka. Karena apa yang kita tunjukkan dan kita berikan, secara langsung akan mereka pelajari dan mendidik mereka kedepannya. Pastinya hal itu membuat kita sebagai orang tua lebih hati – hati.

Memilih dan memberikan mainan untuk si kecil juga termasuk menjadi hal yang sangat saya perhatikan. Selain memilih mainan yang aman, kita juga pasti ingin memberikan mainan yang bermanfaat sekaligus mendidik. Dan meski saya belum memiliki sumber yang jelas, tapi menurut saya mainan akan membentuk kepribadian dan perkembangan anak kedepannya.

Beberapa bulan yang lalu, ketika saya akan pulang ke rumah di Lampung, saya memutuskan untuk membeli mainan sebagai oleh – oleh untuk si kecil. Agak rumit memang, sebagai seorang laki – laki katanya sih insting memilih saya lebih jelek dibanding insting seorang ibu. Well, meski demikian tidak menghentikan niat saya. Saya akan membelikan mainan yang mendidik untuk putri kesayangan saya
πŸ™‚

Untungnya di Surabaya ada toko mainan anak yang mengutamakan keamanan dan pendidikan. Meski menurut saya harga mainan di toko tersebut cukup mahal, tapi saya memutuskan untuk berkunjung kesana. Di toko ini juga pelayannya memberikan banyak masukan dan pertimbangan. Sampai akhirnya saya memutuskan untuk membelikan si kecil boneka keluaran Leapfrog yang dapat bersuara.

Boneka Mainan Mendidik Anak

Sampai dirumah, memang ukuran boneka Violet yang cukup besar untuk ukuran bayi kurang dari 1 tahun ini pada awalnya membuat anak saya takut. Namun karena boneka ini bisa mengeluarkan musik, suara hingga bernyanyi, serta memiliki lampu di dada, anak saya akhirnya senang memainkannya. Belakangan, dia jadi sering tertidur sambil memeluk boneka yang bunda si kecil beri nama Vie ini.

Beberapa hal yang saya tangkap dari perkembangan si kecil setelah memiliki boneka Vie ini adalah dia mengetahui bahwa ketika kami bilang “Vie adek mana?”, dia dapat merespon dan menunjukkan bonekanya. Kemudian saya menyukai beberapa dialog berbahasa Inggris di boneka ini. Yups, saya merasa pendidikan bahasa Inggris sejak dini itu penting.

Beberapa minggu lagi, anak saya akan berulang tahun. Saya, lagi – lagi, ingin memberikan mainan sebagai hadiah. Kali ini saya ingin memberikan mainan yang dapat membantu perkembangan kemampuan berfikir si kecil. Mungkin sejenis puzzle, tapi yang masih dapat dimainkan oleh balita.

Sebagai orang tua, apa yang kita berikan memang berpengaruh untuk perkembangan si anak. Saya tidak ingin, pada usia yang sangat dini si kecil sudah berkutat dengan gadget, smartphone atau mainan modern lainnya. Bukan tidak ingin mengikuti perkembangan, tapi saya merasa ada masanya nanti untuk hal seperti itu. Mungkin ketika mereka sudah dapat menerima ‘nasehat’ orang tuanya dengan baik tentang mana hal yang boleh dilakukan dan tidak boleh.

Semoga cerita saya dapat membantu menginspirasi anda ketika memilih mainan untuk anak – anak.

Related Articles

2 thoughts on “Memilih Mainan Untuk Si Kecil”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *