Memilih Kamera Digital Yang Tepat Sesuai Kebutuhan

Saya suka fotografi. Memang saya tidak jago di dunia fotografi, pakai kamera juga enggak pinter-pinter amat. Cuma saya sempat main kamera DSLR beberapa waktu lamanya. Sekarang, kamera DSLR saya itu sepertinya sudah tewas. Jadi andalan saya untuk mengambil gambar saat ini beralih ke ponsel saya, atau lebih senang pakai ponsel Xiaomi Redmi Note istri saya saja. Hasil kameranya ternyata lebih memuaskan dibanding Xperia SP saya.

Belakangan ini saya jadi kepikiran untuk punya kamera lagi. Terkadang, saya sadar kalau saya butuh kamera yang bukan sekedar kamera handphone. Entah itu untuk mengambil landscape, main slowspeed, atau sekedar gegayaan buat ambil foto dengan background penuh bokeh atau blur. Sayangnya sampai sekarang keinginan saya itu belum kesampaian. Kendalanya sih lebih ke pendanaan. Harga kamera sekarang mahal-mahal. Kendala kedua, jenis kamera banyak banget. Saya kadang bingung mau menentukan inceran saya yang mana.

Untuk membantu saya dalam memilih kamera digital, dan mungkin untuk membantu teman semua, saya jadi kepikiran untuk membuat tulisan bagaimana memilih kamera digital yang tepat, sesuai dengan kebutuhan kita akan kamera tersebut. Tentunya kita membeli kamera karena ada kebutuhan, atau suatu keinginan didalamnya. Maka dari itu, saya mencoba melihat jenis kamera berdasarkan kebutuhannya.

memilih kamera digital bagus terbaik

Kamera Untuk Dokumentasi dan Jalan-Jalan
Untuk keperluan dokumentasi ringan, atau juga untuk jalan-jalan dan enggak kepingin ribet, maka saran saya ambil kamera digital pocket saja. Kamera yang juga disebut kamera saku ini bentuknya lebih compact, ringan dan kualitasnya juga cukup baik. Kalau cuma untuk merekam gambar kenang-kenangan, tentu sudah dapat mengakomodir itu semua. Selain itu, harganya juga relatif murah. Contohnya adalah kamera digital SONY Cybershot DSC-830 atau NIKON Coolpix S3500 ini.

Kamera Digital Untuk Kegiatan Outdoor
Kalau ternyata perjalanan atau aktifitas yang akan kamu rekam tergolong sedikit ekstrem, maka kamu butuh kamera yang tangguh. Setidaknya, kamera yang akan kamu beli harus memiliki fitur anti-shock dan tahan air atau dapat dibawa menyelam. Misalnya saja kamera Fujifilm Finepix XP70 yang memang memiliki fitur-fitur ketahanan terhadap guncangan, debu, air dan juga antibeku.

Kamera Digital Untuk Belajar Fotografi
Nah, kalau tujuannya untuk menekuni dan belajar dunia fotografi, maka saran saya tentu langsung membeli kamera digital SLR atau kamera DSLR saja. Hal ini untuk memudahkan kita mempelajari fitur-fitur dan dasar-dasar fotografi secara lengkap juga. Sekarang harga kamera DSLR entry-level dengan fitur cukup lengkap juga tidak terlalu mahal. Contohnya saja NIKON D3200 atau CANON EOS 1200D yang sama-sama dibanderol sudah dengan lensa kit.

Kamera Compact Berfitur Lengkap
Kalau kamu kepingin kamera yang compact seperti kamera digital biar mudah dibawa-bawa, tapi fiturnya mirip kamera DSLR biar bisa belajar fotografi, maka saran saya pilih saja kamera mirrorless. Meski enggak compact amat karena masih memiliki lensa pada ujungnya, tapi mirrorless ini fiturnya sama dengan kamera DSLR. Lensa juga dapat dilepas dan diganti-ganti. Saya sendiri sepertinya mengincar kamera jenis ini. Untuk incaran saya sendiri ada tiga, Fujifilm X-M1, Olympus E-PL5 dan SONY NEX-5.

Itulah beberapa kamera digital pilihan sesuai kebutuhan masing-masing. Enggak mutlak kok, ini cuma misalkan saja. Bisa disesuaikan dengan budget dan selera juga. Kalau kamu, kamera apa yang sedang diincar?

Tulisan Lainnya

Cara Gunakan Xiaomi Bluetooth Gamepad di Laptop Kemarin saya sudah posting tentang unboxing serta review Xiaomi Gamepad secara singkat. Iya, saya emang enggak terlalu jago bikin review-review mendet...
Review: Xiaomi Bluetooth Gamepad – Indonesia Beberapa waktu lalu, saya pernah menulis kalau saya lagi kepingin punya gamepad baru. Alasannya karena memang kebetulan gamepad Logitech F510 saya hil...
MITO Click M100, Action Cam Dengan Harga Bersaing Eksistensi action camera yang lagi nge-hype banget di pasar Indonesia rupanya menggoda salah satu pabrikan ponsel untuk ikut serta bermain di dalamnya...
Cara Mengetahui Ukuran Sepatu Dengan Mudah Ada banyak cara yang dilakukan orang untuk mengetahui nomor sepatu yang cocok bagi kaki mereka. Salah satunya tentu cara paling favorit, yang juga pal...

2 Comments

Leave a Reply

badge