Memilih Kamar Kos? Perhatikan Beberapa Hal Berikut!

Buat orang yang sedang akan merantau, mencari kamar kost adalah sesuatu yang harus dilakukan. Saya sendiri paling malas kalau untuk urusan yang satu ini. Alasannya sederhana, mencari kamar kost itu lebih ribet dari cari pacar. Kalau cari pacar, tentukan kriteria, pedekate, tembak, jadian. Kalau ada yang punya, ya rayu – rayu dikit bisalah doi ninggalin pacarnya buat kita. Nah kalau cari kamar kost, dah dapet yang cocok tapi ada yang punya? Gak mungkin kita usir kan?

Tapi memang untuk mendukung kehidupan dan kegiatan kita di perantauan, kamar kost itu haruslah jadi tempat yang nyaman dan bikin kita betah. Kalau bisa sih, jangan sampai tiap semester pindah – pindah kost. Soalnya packing berkali – kali untuk pindahan itu sangat membosankan. Kecuali barang kamu sedikit, jadi gak terlalu ribet untuk pindahannya.

Nah biar kamu bisa memilih kamar kost yang nyaman dan bikin betah, ada baiknya kamu bikin list kriteria kamar kost yang kamu mau. Tapi jangan lupa, pastikan dulu budget kamu diatas semua kriteria – kriteria yang kamu buat. Buat saya sendiri, ini adalah beberapa kriteria penting saat mencari kamar kost.

Tips Cara Mencari Kamar Kost

Lokasi Kost Dengan Aktivitas
Lokasi adalah kriteria utama ketika saya mencari kost. Untuk mempermudah aktivitas, maka saya memilih kost yang tidak terlalu jauh dengan kampus atau kantor. Tujuannya adalah agar dapat menghemat waktu saya di perjalanan, jadi tidak perlu berangkat lebih awal. Selain itu, lokasi kost yang dekat dapat memudahkan saya untuk pulang ke kamar kost dan istirahat sejenak sambil menunggu jam kuliah berikutnya.

Fasilitas Kos Yang Memadai
Setiap kost – kostan pasti menawarkan fasilitas – fasilitas untuk memenuhi kebutuhan penghuninya. Beberapa fasilitas yang biasanya menjadi kriteria penting buat saya adalah kamar mandi yang bersih dan air yang selalu mengalir, listrik yang cukup dan jelas pembayarannya, kasur, lemari, meja belajar serta parkiran yang luas dan aman. Setiap orang punya kriteria fasilitas yang diinginkan untuk kost mereka, jadi jangan sampai melupakan hal ini.

Perhatikan Kondisi Lingkungan Sekitar Kost
Kost – kostan adalah tempat kita akan menghabiskan sebagian besar waktu kita. Tempat dimana kita akan beristirahat dari aktivitas, mengerjakan tugas – tugas kuliah, atau juga tempat untuk menulis mencari inspirasi seperti bikin postingan ini. Maka dari itu, carilah kost yang kondusif untuk mendukung semua aktivitas kita tersebut. Kalau saya pribadi, saya memilih kost yang di area perumahan karena cenderung lebih bersih dan lingkungannya tidak terlalu berisik.

Pastikan Kamar Kost Cukup Sehat
Bersih pangkal sehat, jadi kamar kost yang bersih dan sehat tergantung dari penghuninya. Memang itu adalah pendapat yang sangat benar. Tapi ada beberapa unsur kamar yang sehat, yang bukan tergantung dari penghuninya. Unsur tersebut adalah pasokan sinar matahari dan pertukaran oksigen atau udara. Pastikan kamar kost mu dapat menerima cahaya matahari yang cukup serta memiliki ventilasi udara yang memadai. Saya pernah tinggal di kamar kost yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Akibatnya kamar saya lembab, mudah berjamur dan terasa cukup pengap.

Dekat Dengan Warung Makan
Saat kita tinggal di kost, biasanya jarang ada yang memutuskan untuk memasak makanan sendiri. Apalagi untuk cowok – cowok yang masak mie instant saja malas. Maka dari itu, coba perhatikan sekeliling kost dan pastikan ada beberapa warung makan. Meski kita lebih sering mencari tempat makan dengan menggunakan kendaraan, kadang ada masanya kita malas untuk makan terlalu jauh, atau saat kita kelaparan tengah malam. Jadi, tidak ada salahnya masukkan opsi yang satu ini.

Selain kriteria – kriteria diatas, tentu masih banyak kriteria lain sebagai cara mencari kamar kost yang baik. Setiap orang punya kriterianya masing – masing. Namun yang pasti, kamar kost yang nyaman akan membuat kita betah dan memudahkan kita dalam beraktivitas serta beristirahat. Semoga bermanfaat!

Tulisan Lainnya

Memilih dan Membeli Parfum Original Sebenarnya saya agak lupa, entah kapan terakhir kali saya membeli parfum untuk saya sendiri. Terakhir saya ingat, saya membeli parfum Aigner Black sek...
Cara Mengetahui Ukuran Sepatu Dengan Mudah Ada banyak cara yang dilakukan orang untuk mengetahui nomor sepatu yang cocok bagi kaki mereka. Salah satunya tentu cara paling favorit, yang juga pal...
Bersihkan Jamur Kaca Mobil Dengan Pasta Gigi Jamur pada kaca mobil mungkin menjadi salah satu hal yang paling mengganggu pemilik mobil. Selain keberadaan jamur yang membuat penampilan mobil jadi ...
Belajar Belanja Online Dengan Pintar Yuk! Makin lama, kita semakin dimudahkan dengan yang namanya teknologi. Sekarang ini hampir semua-semua bisa kita kerjain dari depan laptop. Mulai dari kir...

6 Comments

    • iKurniawan
    • iKurniawan

Leave a Reply

badge