Memilih Aksesoris Untuk Kamera Xiaomi Yi

Kamera Xiaomi Yi merupakan sebuah kamera yang didesain untuk beragam aktifitas dan olahraga outdoor. Namun dalam paket penjualannya, Xiaomi tidak menyertakan aksesoris pendukung apapun. Kecuali untuk yang bundle travel pack, kamera Yi dijual dengan selfie stick asli Xiaomi. Jadi untuk mendukung macam-macam aktifitas, kita masih harus membeli beberapa aksesoris tambahan.

Kalau melihat ke beberapa toko online atau marketplace, ada banyak jenis aksesoris untuk kamera Xiaomi Yi ini. Mulai dari macam-macam jenis, fungsi sampai merk dan versi. Jangan heran kalau kemudian muncul banyak pertanyaan yang membandingkan-bandingkan antar jenis barang.

Dengan alasan itu, maka saya mulai mengumpulkan beberapa informasi tentang aksesoris pendukung Yi Camera ini. Jadi nanti pas sudah mau beli, enggak bingung memilihnya lagi. Dan sebagai referensi, berikut ini beberapa pilihan aksesoris Yi yang mungkin bisa kamu pertimbangkan juga.

Aksesoris Waterproof Untuk Kamera Xiaomi Yi

#1 Waterproof Case Untuk Kamera Xiaomi Yi
Top of the list mungkin waterproof case supaya kamera Yi kamu bisa diajak nyemplung kolam, diving atau snorkling. Untuk merk dan jenisnya, sudah pasti ada banyak pilihan. Mulai dari 80 ribuan sampai 400 ribuan. Dan yang masuk radar pertimbangan saya ada dua jenis.

Pertama, waterproof case Xiaomi Yi original V2. Seperti kata banyak orang, yang namanya original jelas lebih baik. Keunggulannya adalah didesain khusus oleh merk yang sama, bahan lebih baik, kaca lebih bening sehingga hasil foto atau video tidak terganggu. Kelemahannya, jelas lebih mahal. Biasanya dijual antara 300 sampai 400 ribuan. Dan sedikit tips, kalau cari yang original disarankan beli yang V2. Ciri-cirinya V2 ini adalah tombol yang digunakan sudah menggunakan bahan logam / metal.

Kedua, Kingma Waterproof Case for Yi Camera V2. Untuk pilihan kedua saya mempertimbangkan untuk membeli produk dari Kingma ini. Meski belum mencoba langsung, banyak review yang menyebutkan kalau kualitasnya terbilang baik dan hasil foto atau video juga jernih. Maksud V2 juga berarti versi terbaru yang disebut lebih minim vignette.

Dari kedua produk tersebut, lebih baik pilih yang mana?
Nah kalau soal ini jelas kembali ke kebutuhan. Kalau kamu sering beraktifitas yang basah-basahan, snorkling, diving, surfing atau main ujan, maka mending pilih yang original saja. Tapi kalau kemungkinan bakal jarang dipakai, Kingma juga tak ada salahnya.

#2 Selfie Stick a.k.a Tongsis
Punya action camera juga enggak salah sih kalau dipakai buat fun bareng teman-teman. Apalagi di tempat yang riskan mau pakai hape buat foto-foto seperti pantai dan dekat air terjun. Dan untuk selfie atau wefie ini, maka kamu akan perlu yang namanya selfie stick.

Kalau kamu beli Xiaomi Yi paket travel, maka kamu sudah dapat selfie stick asli dari Xiaomi yang ada remote shutter (kalau ndak salah). Tapi kalau enggak ada, kamu bisa beli selfie stick atau monopod yang banyak dijual di pasaran. Recommended sih kabarnya pakai punya Attanta. Jadi, boleh deh dipertimbangkan!

#3 Pelindung Lensa dan Bodi Kamera Yi
Bentuk kamera Yi yang kecil memang sangat menggoda untuk dibawa kemana-mana. Mulai dari masuk tas kuliah, tas main atau bahkan kantong jaket. Tapi perlu diperhatikan, lensa kamera Yi yang berbentuk cembung ini agak-agak rata dengan batas bibir lensa. Dampaknya, lensa ini sangat mudah bersentuhan dengan benda asing yang ada di dalam tas kamu. Dan tentu saja, hal ini akan membuat lensa sangat rentan lecet!

Supaya lensa kamu enggak cepat kotor dan juga lecet, maka ada baiknya untuk mulai menggunakan pelindung lensa. Ada banyak kok yang jual aksesoris yang satu ini dengan beragam jenis. Mulai dari filter UV, pelindung silikon atau juga lens protektor mirip filter UV yang disertai lens cap atau tutup lensa. Pilih sesuai selera dan budget saja. Kalau saya lebih memilih yang silikon saja. Murah, ringan dan tidak mengurangi kualitas hasil pengambilan gambar.

Baca juga : Update Firmware Kamera Xiaomi Yi Manual

#4 Tripod atau Mini Tripod
Untuk yang suka bikin video, atau bikin framelapse/timelapse, maka sangat mungkin kamu butuh tripod. Tujuannya sih supaya video yang kamu hasilkan lebih stabil. Untuk tripod ini kamu bisa pakai merk dan jenis apa saja tergantung kebutuhan. Untuk yang kecil dan mudah dibawa-bawa plus efek video low-angle, maka kamu bisa beli mini-tripod. Tapi kalau mau yang agak tinggi, mungkin bisa beli tripod standar untuk kamera.

Anyway, kalau mau praktis, kamu bisa menggabungkan selfie stick dan tripod ini dengan satu produk. Namanya 3-way monopod. Harganya mulai dari 100 ribuan hingga 1 jutaan yang punya GoPro.

#5 Mounting Kamera Seusai Kebutuhan
Kamera action ini cocok untuk berbagai aktifitas, khususnya outdoor dan extreem sport. Tapi untuk bisa dipakai, kamu butuh mounting yang sesuai dulu. Contohnya mounting untuk sepedah atau motor, untuk di helm, untuk di kap atau atap mobil dan lainnya. Sesuaikan saja sama kebutuhan kamu, baru deh mencari mounting yang pas.

#6 Baterai Gendong dan LCD Viewfinder
Belakangan ini lagi ramai aksesoris Yi yang satu ini. Dalam satu paket penjualan, terdapat 1 buah LCD, 1 buah baterai kapasitas besar dan 1 buah waterproof housing. Sepertinya ini all-in-one solution untuk kamu yang suka mengeluh Yi enggak ada LCD dan baterainya kurang besar.

Dari review yang ada, LCD tambahan ini hanya berfungsi sebagai line-out untuk display saja. Jadi sejenis viewfinder digital, hanya agak lelet saja responnya. Sedangkan baterai gendongnya, benar-benar berkapasitas besar. Disebut-sebut saat digunakan untuk merekam video, mampu bekerja hingga 3x lebih lama dari baterai asli Yi.

#7 Floating Grip
Aksesoris penting untuk kamu yang suka bawa kamera Yi ke laut. Dengan aksesoris ini, kamu enggak perlu khawatir kalau tiba-tiba kamera Yi kamu terlepas dari pegangan. Floating grip akan membuat kamera kamu mengambang ke permukaan. Setidaknya, didesainnya seperti itu.

Itulah beberapa aksesoris kamera Xiaomi Yi yang mungkin bakal kamu butuhkan untuk mendukung aktifitas kamu. Diluar itu, mungkin ada banyak aksesoris lain yang belum saya tahu karena memang dirasa belum butuh. Atau, ada tambahan aksesoris lainnya?


Tulisan Lainnya

Dunia Blogger dan Plagiarisme Pertama saya akan mengakui, saya bukan seorang penulis atau blogger handal. Kebanyakan tulisan yang saya buat hanya sekedar self-reminder, sekaligus b...
5 Strategi Dasar Wajib Dikuasai dalam Bisnis Onlin... Siapa yang tidak mengakses internet hari ini ? Hampir tidak ada. Hampir semua orang mengakses internet di Indonesia. Bagaimana strategi melakukan pema...
Ujian Nasional Penentu Masa Depan? Pemerintah sepertinya benar - benar serius memperhatikan masalah Ujian Nasional di Indonesia. Ujian Nasional memang jadi ujian akhir yang harus dilewa...
Pilihan Kado Yang Cocok Untuk Dikasih Ke Cowok Siapa sih yang enggak seneng kalau dikasih kado. Selama kado itu barang yang baik, bermanfaat dan terlebih sedang dipengenin banget, pasti yang dikasi...

5 Comments

Leave a Reply